bahan babyterry

Mengenal Bahan Babyterry

Dari sekian banyak jenis kain yang berada di pasaran, jenis bahan babyterry adalah salah satu bahan yang digunakan untuk membuat pakaian. Seperti halnya jenis kain yang lain, jenis kain babyterry memiliki ciri dan karakterstik tersendiri.

Kain ini juga memiliki kelebihan dan kelemahan yang meliputinya. Untuk pembahasan yang lebih lanjut, anda akan menemukannya pada artikel berikut!

Ciri dan Karakteristik Bahan Babyterry yang Harus Anda Pahami

bahan babyterry
kaos-kerah.com

Setiap kain memiliki karakteristik dan juga cirinya tersendiri yang membedakan antara jenis kain satu dan lainnya. Berikut adalah ciri dan karakteristik yang dimiliki oleh bahan babyterry:

  • Terbuat dari serat kapas

Bahan babyterry adalah bahan yang terbuat dari kapas seperti halnya bahan katun. Jenis kain yang satu ini sering dibuat untuk pakaian anak, utamanya untuk balita dan bayi. Karena terbuat dari kapas menyebabkan kain ini cenderung hangat, bahan kain ini digunakan untuk membuat pakaian hangat.

  • Tekstur yang halus serta lembut

Telah disinggung diawal bahwa bahan babyterry sering digunakan untuk pembuatan pakaian bayi dan anak-anak. Hal ini disebabkan tekstur kainnya yang halus dan juga lembut. Ini sangat penting khususnya pakaian bayi dan anak karena umumnya kulit mereka mudah mengalami iritasi.

  • Daya serap pakaian tinggi

Ciri lainnya yang dimiliki oleh bahan babyterry adalah daya serapnya yang baik. Daya serap yang baik pada pakaian akan memudahkan penyerapan keringat dan sirkulasi udara yang bagus. Dengan begitu, anda akan tidak kegerahan saat menggunakan pakaian berbahan babyterry.

  • Bentuknya lumayan tebal

Jenis kain babyterry adalah bahan yang cukup tebal, sekalipun jenis babyterry yang ketebalannya mirip kaos. Anda akan tetap merasakan hangat ketika menggunakan baju dengan jenis kain babyterry ini.

  • Bagian luar yang cukup lentur

kain jenis babyterry juga memiliki sisi luar yang mirip dengan yang ada pada bahan jersey double knitted, atau dapat disebut juga mirip rajutan ganda. Yang membuat babyterry ini berbeda adalah bagian luarnya yang cukup lentur.

  • Bagian dalam yang lembut

Bagian dalam dari jenis kain satu ini adalah sangat lembut mirip selimut. Bagian dalam yang lembut tersebut mampu memberikan kesan nyaman saat digunakan oleh kulit anda dan juga memberikan sensasi hangat.

  • Bentuk rajutan yang bulat

Jika anda memperhatikan dengan seksama, bahan babyterry memiliki bentuk rajutan berbentuk bulatan bulatan. Ini merupakan ciri khas yang dimiliki oleh kain babyterry ini dibandingkan dengan jenis kain yang lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Babyterry yang Harus Anda Ketahui

bahan babyterry
shanehijab.com

Setelah memahami berbagai ciri dan juga karakteristik yang dimiliki oleh bahan babyterry, yang selanjutnya harus anda ketahui adalah kelebihan berikut kelemahannya.

Dengan mengerti kedua hal tersebut, anda dapat memanfaatkan kelebihannya dan mensiasati kekurangan yang ada dari jenis kain tersebut. Kelebihannya antara lain adalah sebagai berikut:

Kelebihan

  • Bertekstur lembut dan juga halus

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh jenis kain babyterry serupa dengan kelebihan yang dimiliki bahan wolfis, yakni bertekstur lembut. Karena teksturnya yang lembut inilah banyak orang yang menggunakannya sebagai bahan pilihan untuk membuat berbagai item fashion.

Bahkan, awalnya jenis kain ini digunakan untuk pembuatan pakaian balita dan anak-anak.

  • Daya serap keringat yang baik

Apa itu bahan babyterry yang disukai oleh kebanyakan orang? Ialah bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik. Tentunya ini merupakan kelebihan karena jika kain tidak mempunyai daya serap yang baik, maka anda akan mudah mengalami bau badan tidak sedap.

  • Mampu membuat hangat tanpa menimbulkan iritasi

Bahan kain babyterry juga mampu memberikan anda rasa hangat, terutama di cuaca yang kurang bersahabat atau diruangan berAC. Meskipun begitu, kain babyterry tidak akan menimbulkan iritasi atau bercak merah pada kulit anda.

  • Harga yang cukup ekonomis

Salah satu aspek ini adalah kelebihan yang akhirnya menjadi pertimbangan bagi kebanyakan orang sehingga memutuskan untuk membeli kain babyterry. Harga yang ditawarkan dari jenis kain ini sangatlah ekonomis, dengan kata lain sangat terjangkau. Anda tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam untuk membeli jenis kain yang satu ini.

  • Kain mudah ditemukan

Selain itu, anda juga akan mudah untuk menemukan kain ini dipasaran. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya karena rata-rata toko menyediakan kain ini untuk dibeli pelanggannya.


Kekurangan

Setelah mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh jenis kain ini, ada beberapa kelemahan yang menyertainya. Apa sajakah kelemahan dari kain babyterry? Antara lain adalah sebagai berikut:

  • Bahan kurang tahan lama atau awet

Kelemahan pertama yang dimiliki oleh babyterry adalah kecenderungan untuk tidak tahan lama. Hal ini dikarenakan kain ini punya sifat kurang rapat dan juga tidak terlalu tebal. Jika anda tidak pandai merawatnya dan sering mencucinya dengan mesin pencuci, maka baju anda akan cepat rusak.

  • Bahan mudah melar

Selanjutnya yang menjadi kelemahan dari kain ini adalah kemudahannya untuk melar. Baju yang mudah melar tentu akan membuatnya tidak pas dipakai dan terlihat jelek ketika digunakan. Ini disebabkan karena jenis kain ini kurang rapat dan punya banyak rongga di kainnya.

  • Harga yang cukup mahal

Memang secara harga masih ekonomis, tetapi jika anda membandingkannya dengan jenis kain lainnya maka anda akan menemukan bahwa harganya masih lebih tinggi. Tetapi meskipun begitu, harga yang disediakan sebanding dengan kualitas yang diberikan.

  • Cukup tipis jika dibandingkan dengan cotton fleece

Bahan kompetitor babyterry adalah jenis cotton fleece, keduanya sangat sering digunakan sebagai bahan jaket maupun sweater. Sayangnya, babyterry memiliki ketebalan yang rendah jika dibandingkan dengan kompetitornya ini. Jika anda membutuhkan kehangatan yang ekstra, maka mungkin jenis kain babyterry bukanlah jawabannya.

Kegunaan Bahan Babyterry

bahan babyterry
shanehijab

Bahan babyterry bagus tidaknya memang tergantung bagaimana pemanfaatan kainnya. Misalnya, bahan twistcone memang bagus untuk pembuatan blouse wanita tetapi tidak cocok untuk membuat jaket sebagaimana halnya kain babyterry.

Ada beberapa pemanfaatan kain babyterry yang harus anda ketahui, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Jaket dan jumper

Tekstur yang lembut serta mampu memberikan rasa hangat menjadi alasan mengapa babyterry sering digunakan untuk membuat jaket dan jumper.

  • Keset

Babyterry mampu menyerap air dengan baik, inilah sifat yang dibutuhkan untuk sebuah keset. Banyak keset yang terbuat dari babyterry.

  • Pakaian bayi

Nama babyterry sendiri berasal dari kata baby yang berarti bayi. Memang awalnya jenis kain ini digunakan untuk pakaian bayi karena kelembutan yang dimilikinya.

  • Handuk

Handuk juga sering dibuat dari bahan ini. Hal ini dikarenakan handuk haruslah bersifat mudah menyerap air dan juga lembut sehingga kulit tidak mudah iritasi.

Banyak lagi kegunaan jenis kain babyterry yang bisa anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan anda. Meskipun babyterry memiliki sejumlah kekurangan, tetapi rasanya masih seimbang dengan kelebihan yang dimiliki. Inilah mengapa peminat kain babyterry tidak pernah surut dari masa ke masa.

Leave a Reply