bahan scuba

Memahami Bahan Baloteli dan Penjelasannya Secara Lengkap

Bagi anda yang mendalami dunia tekstil, maka bahan baloteli tentu tidak asing bagi anda. Bahan yang umum digunakan ini ternyata masih jarang diketahui penjelasannya oleh orang awam.

Maka dari itu, artikel ini hadir untuk menjelaskan tentang apa itu bahan jenis baloteli, karakteristiknya, serta kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya.

Dengan mengerti lebih jauh tentang kain baloteli, tentu akan menambah wawasan anda dan memudahkan anda untuk menemukan jenis kain yang tepat bagi anda.

Mengenal Bahan Baloteli

mengenal bahan baloteli
qudsfata.com

Jenis bahan baloteli adalah kain yang memiliki bahan material yang cukup tebal dan memiliki ciri khas tersendiri pada teskturnya. Kain ini memiliki motif tersendiri yakni berbentuk kotak kecil yang membentuk garis.

Inilah yang menyebabkan bahan kain ini sangat mudah untuk dikenali. Meskipun ia terbuat dari serat katun, ia tidak dapat dikatakan sebagai jenis katun karena ada percampuran bahan lainnya.

Bahanbaloteli memiliki efek sedikit mengkilat seperti bahan lotto, inilah perbedaan yang paling kentara antara kain baloteli dengan kain jenis katun.

Karakteristik Bahan Baloteli yang Harus Anda Ketahui

bahan baloteli
mizutex.com

Sebenarnya, apa itu bahan baloteli? Ada beberapa karakteristik dari bahan baloteli yang harus anda ketahui. Karakteristiknya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Teksturnya yang berserat

Sifat pertama yang dimiliki oleh bahanbaloteli adalah sifat yang sama dimiliki oleh bahan wolfis, yakni tidak terawang. Hal ini disebabkan oleh tekstur kain baloteli yang berserat. Anda bisa merasakan tekstur baloteli yang sedikit kasar dan bergaris.

2. Tidak melekat ke tubuh

Kain baloteli juga memiliki karakteristik yakni tidak mudah menempel pada tubuh sehingga ketika dipakai tidak akan menimbulkan lekuk tubuh. Bahanbaloteli ini sangat cocok untuk bahan pembuatan gamis yang biasanya digunakan oleh muslimah.

3. Terdapat banyak variasi warna dan motif

Ada banyak sekali pilihan warna dan juga motif yang tersedia pada bahanbaloteli. Mulai dari warna terang hingga gelap hingga pilihan motif yang sangat variatif. Inilah alasan mengapa banyak para pembuat pakaian memilih kain baloteli untuk bahan pembuatan item fashionnya.

4. Agak tebal serta halus

Karakteristik lainnya yang dimiliki oleh kain baloteli adalah ia berbahan halus dan juga memiliki ketebalan yang cukup tinggi. Bahan kain yang halus sangat direkomendasikan untuk pembuatan pakaian karena mampu memberikan rasa nyaman saat dikenakan. Selain itu, ketebalan yang dimilikinya juga cocok untuk dibuat gamis bahan baloteli.

5. Bergaris dan motif kotak-kotak

Jika anda memperhatikan motif yang dimiliki kain ini dengan seksama, maka anda akan menemukan bahwa ia berbentuk kotak-kotak dan membentuk sebuah garis. Anda akan mudah mengenali bahanbaloteli melalui motif kotak-kotak yang dimilikinya dengan melihat dan meraba teksturnya.

6. Jenis kain yang ringan

Meskipun telah disinggung diatas bahwa kain ini memiliki ketebalan yang cukup tinggi, tetapi dari segi berat ia termasuk jenis bahan yang ringan. Karena sifatnya yang ringan inilah banyak orang memilih menggunakan pakaian dari bahan ini.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Baloteli

gamis kain baloteli
antar.antarctida.space

Setelah mengerti karaktersitik dari bahanbaloteli, anda perlu juga mengetahui kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya.

Hal ini akan bermanfaat untuk anda menyesuaikan jenis kain yang tepat dan sesuai dengan yang anda butuhkan. Kelebihan dari kain baloteli antara lain adalah sebagai berikut:

Kelebihan Bahan Baloteli

  • Tidak mudah kusut

Tidak seperti bahan katun, kain baloteli umumnya tidak mudah untuk kusut. Meskipun anda menggunakannya secara aktif dan seharian penuh, kain baloteli akan cenderung selalu rapi. Inilah yang menyebabkan baju bahan baloteli banyak digunakan oleh orang-orang untuk kegiatan sehari-hari.

  • Serat kain yang rapat

Jenis kain yang satu ini memiliki serat yang padat dan juga rapat. Kerapatan dan kepadatan yang dimilikinya pun tidak menyebabkan kain ini kaku sehingga kesan jatuh dan anggun masih ada pada jenis kain ini.

  • Tidak terawang

Tentunya pakaian berfungsi untuk menutupi bagian tubuh yang seharusnya tidak terlihat. Untungnya, kain baloteli mampu melakukan fungsinya dengan baik karena kain ini cenderung tidak terawang.

  • Bahan cukup tebal tetapi tetap ringan untuk dibawa kemanapun

Ini merupakan kelebihan lain dari kain baloteli. Meskipun bahan pembuatannya cukup tebal, untuk masalah berat yang dibawa masih tergolong ringan sehingga tidak akan memberatkan tubuh anda saat dikenakan maupun ketika dibawa untuk berpergian.

  • Kain baloteli memiliki efek dingin

Jangan khawatir mengalami kegerahan saat menggunakan kain jenis baloteli, karena anda akan merasakan sensasi adem atau dingin, utamanya jika kain yang anda gunakan adalah grade yang paling tinggi.

  • Mudah untuk diatur

Anda tidak akan kesulitan dalam mengatur pakaian anda jenis baloteli ini. Dengan sedikit disetrikapun, pakaian anda akan siap digunakan. Itulah juga alasan mengapa baloteli sering pula digunakan untuk bahan hijab yang disukai oleh wanita.

  • Mudah untuk ditemukan

Anda tidak akan kesusahan untuk menemukan toko yang menjual kain ini karena kain ini merupakan kain yang mudah untuk ditemukan dipasaran. Ini merupakan aspek penting juga yang harus dipertimbangkan karena percuma suatu kain berkualitas bagus tetapi keberadaannya sulit untuk ditemukan.

  • Harga yang masih terjangkau

Untuk urusan hargapun, masih dalam kategori terjangkau. Anda tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam untuk memiliki kain ini.

Kekurangan Bahan Baloteli

Selain itu, baloteli juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahannya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Tekstur yang dimiliki sedikit kasar ketika diraba

Dikarenakan ia memiliki motif kotak kotak, maka ketika anda meraba teksturnya akan menimbulkan kesan agak sedikit kasar. Mungkin dengan teksturnya yang demikian akan menyebabkan tidak terlalu nyaman saat digunakan bagi anda yang menyukai bahan kain yang bertekstur lembut.

  • Terdapat beberapa jenis yang panas saat dikenakan

Kain baloteli memiliki berbagai jenis dan grade, yang mana setiap jenisnya memiliki sedikit perbedaan. Untuk beberapa jenis kain, utamanya yang merupakan grade bawah, akan sedikit panas ketika digunakan.

Untuk menyiasati hal ini, anda dapat memilih jenis kain baloteli dengan grade yang tinggi supaya nyaman dan adem ketika digunakan.

  • Jatuh Kainnya yang tidak bisa mengalahkan kain wolfis

Meskipun kain baloteli sudah cukup jatuh ketika digunakan, pada faktanya tidak dapat mengalahkan yang dimiliki oleh wolfis. Inilah yang membuat baloteli sedikit mengecewakan untuk para penggunanya.

  • Terasa kaku saat dikenakan

Kelemahan lainnya yang dimiliki oleh jenis kain ini adalah tingkat kekakuan yang dirasakan penggunanya yang cukup tinggi. Terkadang, saat digunakan, maka akan terasa bahwa kain tersebut cukup kaku.

Meski begitu, masih banyak orang yang meminati jenis kain ini dikarenakan kelebihan lainnya yang patut dipertimbangkan.

Kegunaan Kain Baloteli

jenis kain baloteli
tokopedia.com

Umumnya kain balotelly lebih sering digunakan sebagai bahan pakaian saja, bukan produk lain. Berikut penggunaan kain balotelly:

  1. Baju koko
  2. Gamis syari
  3. Bawahan
  4. Blouse
  5. Hijab
  6. Kemeja
  7. Rok

Kain baloteli memang sering menjadi pilihan bagi para desainer untuk membuat baju rancangannya. Hal ini dapat dipahami karena memang ia memiliki banyak keunggulan yang patut dipertimbangkan.

Setiap jenis kain memang memiliki kelemahan dan hal tersebut adalah wajar adanya selama anda bisa menyiasati kekurangan tersebut.

Leave a Reply