bahan crepe

Jenis Bahan Creepe Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Ada banyak sekali jenis bahan kain yang dimanfaatkan oleh para desainer untuk membuat berbagai item fashion. Salah satu bahan yang terkenal di bidang tekstil selain bahan polyester adalah bahan crepe, yakni kain yang sering digunakan untuk berbagai macam kebutuhan konveksi.

Seperti halnya jenis bahan lain, kain crepe tentu juga memilki karakteristik yang berbeda sehingga ia dapat mudah dikenali. Selain itu ia juga memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri yang harus anda ketahui. Anda akan mengetahui jawabannya pada artikel berikut ini!

Mengenal Bahan Crepe

Kelebihan-Bahan-Kain-Crepe
qudsfata

Bahan yang diminati oleh banyak kaum perempuan ini muncul mulai dari tahun 1911. Pada saat kemunculannya, keberadaannya sangat sedikit karena proses produksi dari bahan crepe yang sulit.

Para pembuat kain jenis ini sangat menjaga ketat tentang proses pembuatannya sehingga kualitas dari kain ini dapat terjamin.

Tidak seperti kini, sudah banyak sekali orang yang memproduksi kain crepe. Meskipun harganya relatif mahal jika dibandingkan dengan jenis kain lain, tetapi peminat dari bahan crepe tidak pernah surut.

Jenis kain ini memiliki tekstur yang unik, karena menyerupai tekstur yang dimiliki oleh kulit jeruk.

Ciri-ciri dan Karakteristik Bahan Crepe

bahan crepe premium
mizutex

Bahan wolfis memiliki ciri dan karakter sendiri, seperti teksturnya yang halus, tidak terawang, ringan, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan bahan crepe yang memiliki ciri dan karakter tersendiri sehingga ia berbeda dengan bahan kain lainnya.

Apa sajakah ciri dan juga karakterstik dari kain crepe? Antara lain adalah sebagai berikut!

1. Bertekstur kerut

Jenis kain satu ini memiliki tekstur yang cukup kasar sehingga jika diperhatikan tampak berkerut. Tekstur inilah yang sering dikatakan oleh orang-orang menyerupai yang terdapat pada kulit jeruk.

Apabila anda mengenakan jenis kain ini, maka anda akan merasakan terdapat bintik kecil pada kain tersebut. Meskipun begitu, anda tidak perlu takut karena kain ini tetap nyaman saat digunakan.

2. Bentuk serat menyerupai gelombang

Ciri kedua dari kain ini adalah bentuk seratnya yang mirip dengan gelombang awan atau kabut. Anda dapat melihatnya dengan menyentuhnya langsung atau dengan menerawangnya. Banyak orang yang menganggap aspek satu ini sebagai hal yang unik dari jenis kain tersebut.

3. Mempunyai sifat bahan yang lembut dan juga elastis

Karakteristik selanjutnya yang dimiliki oleh bahan crepe adalah sifat bahannya yang lembut dan juga elastis. Aspek ini adalah aspek penting yang banyak dipertimbangkan orang untuk membeli kain.

Karena jika kain terasa lembut, maka akan nyaman digunakan.

Elastisitas yang dimiliki kain juga membuatnya mampu menyesuaikan dengan ukuran tubuh jikalau anda bertambah berat seiring berjalannya waktu.

Inilah alasan mengapa banyak sekali desainer yang memilih bahan crepe sebagai dasar pembuatan pakaian muslimah, gamis, hijab, dan item fashion lainnya.

Kelebihan Kain Crepe

kain bahan crepe
youtube

Bahan fleece mempunyai kelebihan yakni harganya yang murah, cepat kering, elastis, dan lain sebagainya. Tetapi ia memilki kelemahan seperti tidak tahan terhadap angin, mudah kotor, dan lain sebagainya.

Begitu pula dengan bahan crepe, ia memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Apa saja kelebihannya? Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kain crepe merupakan kain yang lembut

Kelebihan pertama yang dimiliki bahan crepe adalah kainnya yang lembut. Jika anda menggunakan kain ini, maka anda akan merasakan nyaman pada kulit anda serta tidak perlu takut mengalami iritasi.

2. Kualitas kain yang bagus

Proses pembuatan crepe umumnya cukup rumit serta terdapat penjagaan ketat sehingga kualitas dari kain ini tidak perlu diragukan lagi. Bahkan kain ini dapat dikategorikan sebagai kain menengah keatas.

3. Nyaman dan elastis

Bahan crepe bukanlah bahan yang kaku. Kain ini dapat dikatakan memiliki tingkat elastisitas yang cukup tinggi. Dengan sifatnya yang elastis ini maka kain akan nyaman untuk dipakai dan juga dapat menyesuaikan dengan tubuh anda sehingga terlihat sangat pas dikenakan.

4. Tebal dan tidak nerawang

Sifat berikutnya yang menjadi kelebihan dari kain crepe adalah sifatnya yang tebal dan tidak nerawang. Ini menjadi kelebihan yang disukai khususnya para desainer pakaian muslimah. Pakaian yang menggunakan jenis kain ini mampu memenuhi tuntutan dari sebuah baju muslimah yakni tidak terawang dan menutup aurat.

Kekurangan Bahan Crepe

bahan crepe
produsen.org

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kain crepe. Meskipun begitu, selalu ada kekurangan yang menyertainya. Apa saja kekurangannya? Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Serat kain yang mudah rusak

Yang harus anda ketahui ketika memiliki kain yang satu ini adalah, ia memiliki serat kain yang cukup mudah mengalami kerusakan. Serat kain crepe akan mudah rusak jika terlalu sering terpapar sinar matahari, utamanya jika ia memiliki campuran dari bahan sutera.

2. Proses pencucian yang cukup berat

Kain crepe memiliki ukuran yang cukup berat sehingga anda membutuhkan tenaga ekstra saat mencucinya.

3. Pengeringan yang cukup lama

Jika anda menjemur kain crepe, maka anda membutuhkan waktu yang relatif lama jika dibandingkan dengan jenis kain yang lainnya.

Jenis-jenis Bahan Crepe

jenis bahan crepe
mizutex

Ada berbagai jenis dari bahan kain crepe yang harus anda ketahui. Setiap jenis memiliki ciri dan karakteristik yang sedikit membedakan dengan jenis crepe lainnya. Jenis-jenisnya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bahan wolly crepe

bahan yang satu ini memiliki tekstur kain yang paling halus jika dibandingkan dengan jenis repe yang lain. Selain itu, ia juga ringan, tidak mudah kusut, dan juga kain memiliki efek lemas dan jatuh.

2. Bahan bubble crepe

Crepe yang satu ini memiliki sifat kain yang ringan, sehingga ia disebut juga sebagai lightweight fabric. Meskipun ia sama sifatnya seperti kebanyakan jenis crepe, yakni tidak menerawang, jika kain ini terkena paparan cahaya yang berintensitas besar maka dapat sedikit menerawang.

3. Bahan diamond crepe

jenis crepe berikutnya adalah diamond italiano yang mana teksturnya lumayan lebih kasar jika dibandingkan dengan jenis crepe yang lainnya. Sifat kainnya ringan, elastis, dan juga jatuh.

4. Bahan moss crepe

Jenis kain crepe selanjutnya adalah moss crepe. yang mana ia memiliki tekstur yang mirip seperti butiran pasir. Meskipun ia tidak sekasar bahan diamond crepe, tetapi ia dapat dikatakan memiliki tekstur yang cukup tidak halus. Ia juga memiliki sifat yang rapat, lumayan tebal, dan juga tidak menerawang.

5. Bahan arabian crepe

Jenis berikutnya yakni arabian crepe. Ia dapat dikatakan sebagai duplikat dari moss crepe dengan kelas kain diatasnya. Meskipun begitu, jenis arabian crepe lebih halus, dingin, dan memiliki bahan yang lebih tebal jika dibandingkan dengan kembarannya yakni moss crepe.

Bahan crepe dengan segala ciri, kelemahan, dan kelebihannya memang tetap memiliki banyak peminat dan tidak pernah surut. Wajar saja bahwa banyak sekali konveksi yang memproduksi kain tersebut dari waktu ke waktu.

Mengerti kelemahan dan kelebihan dari suatu kain akan memberikan anda manfaat sehingga dapat menggunakannya dengan bijak dan mensiasati apa yang menjadi kekurangannya.

Salah satu sumber tulisan dari mizutex.com

Leave a Reply