bahan-Fleece

Mengenal Lebih Jauh tentang Bahan Fleece beserta Perawatannya

Selain bahan wolfis, ada lagi bahan yang sering diproduksi oleh industri tekstil, yakni bahan fleece. Bahan yang satu ini adalah bentuk sintetis dari kain wol yang mana sering kali dimanfaatkan untuk pembuatan pakaian outdoor.

Bahan ini memiliki berbagai karakteristik, kelemahan, kelebihan, dan tentunya perawatan tersendiri. Bagi anda yang memiliki pakaian jenis bahan ini atau mungkin berniat untuk memiliki salah satunya, maka mengerti lebih jauh tentang bahan tersebut wajib anda kuasai.

Apa itu Bahan Fleece

bahan-cotton-fleece
mefahlan

Sebelum mengenal kelemahan dan kelebihannya, anda sebaiknya mengerti bagaimana karakteristik dari bahan fleece ini. Bahan ini memiliki tekstur yang lembut dan juga sedikit berbulu, berbeda dengan bahan crepe yang memiliki tekstur kasar.

[su_quote]Jika anda menyentuh bagian luar dari kain ini, maka anda akan merasakan hangat pada kulit anda. [/su_quote]

Jika ditinjau dari bahan penyusun kainnya, maka kain fleece dapat dikategorikan menjadi fleece cotton, fleece micro, fleece bamboo, dan lain sebagainya.

Bahan fleece terkenal akan bahannya yang ramah lingkungan karena dalam proses pembuatannya terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang seperti halnya plastik.

Bahan fleece ini sering digunakan sebagai pakaian outdoor seperti jaket dan sweater karena sifatnya yang mampu menyerap air serta keringat dengan baik. Bukan hanya itu, bahan ini juga memiliki sirkulasi udara yang baik pula sehingga anda tidak akan kegerahan saat memakainya.

Kelebihan Kain Fleece yang Harus Anda Ketahui

 bahan fleece
konveksikaosmurahbandung

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh bahan fleece sehingga banyak orang memilihnya sebagai dasar pembuatan pakaian atau sebagai bahan membuat selimut dan bedsheet. Beberapa kelebihan atau keunggulannya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Harga yang terjangkau

Keunggulan pertama yang dimiliki kain fleece adalah segi harga yang ekonomis. Setiap meternya dipatok harga yang relatif terjangkau. Inilah yang menyebabkan kain ini mampu dimanfaatkan oleh berbagai kalangan, bukan hanya kalangan atas saja.

  • Cepat kering

Selanjutnya adalah, bahan fleece memiliki sifat yang cepat mengering dibandingkan dengan kain lain, misalnya bahan lotto. Ini sangat menguntungkan bagi anda yang baru saja mencucinya dan ingin segera cepat cepat untuk mengenakannya kembali.

Sifatnya yang mudah kering juga menguntungkan bagi anda yang tinggal didaerah pegunungan yang cenderung lembab dan memiliki curah hujan tinggi.

Hal ini berlaku juga jika anda mengenakannya dalam kondisi basah, kain fleece ini masih mampu memberikan rasa hangat karena ia merupakan bahan insulator untuk tubuh.

  • Sirkulasi udara yang baik

Bahan fleece memang memberikan anda kehangatan, tetapi tanpa merasakan kegerahan. Inilah fungsi dari adanya sirkulasi udara pada kain yang baik. Serat yang telah dipola sedemikian rupa di kain ini memungkinkan ia memiliki sirkulasi udara yang bagus, sehingga anda tidak akan mudah berkeringat.

  • Memiliki tekstur lembut

Kelebihan lainnya yang dimiliki adalah teksturnya yang lembut. Tekstur halus ini mampu memberikan rasa nyaman pada setiap yang menggunakannya. Anda tidak perlu takut mengalami gatal atau iritasi saat menggunakan jenis kain yang satu ini.

  • Elastis

Kain fleece juga elastis. Keelastisan yang dimiliknya membuat kain tersebut mudah untuk diatur dan dilipat. Sifat elastis ini juga menguntungkan bagi anda yang mengalami kenaikan berat badan, karena ukuran baju dapat menyesuaikan dengan ukuran tubuh anda.

  • Awet

Keunggulan terakhir yang dimiliki fleece adalah keawetannya, utamanya kain jenis fleece cotton. Bahkan, pada jenis kain satu ini, seiring berjalannya waktu tekstur kain malah akan semakin lembut. Anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Kekurangan Kain Fleece

kekurangan bahan fleece
shanehijab

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, tetapi kain fleece juga memiliki kelemahan yang menyertainya. Dengan mengerti kekurangan yang dimiliki, maka anda dapat berhati-hati atau menyesuaikan dengan kebutuhan yang anda miliki. Kekurangannya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Tidak resistan terhadap angin

Kelemahan yang pertama dimiliki oleh kain fleece adalah ketidak-tahananya terhadap angin. Hal ini dikarenakan bahan tersebut memiliki tingkat kerenggangan serat yang tinggi sehingga angin dapat masuk dan keluar dengan gampang.

  • Gampang terkena debu dan mudah menarik rambut

Ini merupakan kelemahan yang mendampingi kelebihan yang dimilikinya. Dikarenakan fleece sedikit berbulu dan bertekstur lembut, ia jadi mudah untuk memperangkap debu serta kotoran yang terdapat disekitar anda. Selain itu, rambut anda akan mudah untuk tertarik atau patah di kain ini. Oleh karena itu, anda perlu hati-hati dan secara berkala membersihkannya jika ada debu yang menempel.

  • Proses pencucian yang sedikit rumit

Kain fleece memiliki beberapa aturan dan pantangan ketika dalam proses pencucian. Misalnya, anda perlu menghindari penggunaan pemutih dan juga pewangi, karena ditakutkan akan merusak kemampuannya dalam menyerap air.

Selain itu, jika anda mencuci menggunakan mesin cuci, pastikan anda memasangnya pada suhu yang rendah dan putaran mesin yang paling kecil untuk menghindari kerusakan.

  • Kurang tepat untuk suhu ekstrem

Telah dibahas diawal bahwa memang fleece mampu memberikan rasa hangat, tetapi skala kehangatan yang diberikan tidak tepat jika anda menggunakannya di suhu yang sangat dingin. Anda sebaiknya menggunakan kain wool jika membutuhkan kehangatan di cuaca dingin hingga minus derajat celcius.

  • Bagian luar mudah mengalami pengelupasan

Kain fleece juga mudah mengalami pengelupasan, meskipun anda tidak terlalu sering mencucinya sekalipun.

  • Warna dan elastisitas

Warna fleece mudah pudar, terlebih jika anda sering mencucinya. Meskipun warna dari kain fleece beragam dan bagus, tetapi pemudaran warna tidak dapat dihindari. Juga, karena sifatnya yang elastis, pakaian anda akan mudah melar seiring berjalannya waktu.

  • Sedikit berat

Kelemahan lain yang dimiliki kain fleece adalah materialnya yang sedikit berat sehingga dibutuhkan tenaga yang lumayan besar ketika mencucinya.

Harga Bahan Fleece

bahan flleece
mefahlan

Untuk segi harga, tergantung dari jenis fleece apa yang anda pilih. Harga juga tergantung dimana anda membelinya karena setiap toko memiliki kebijakan tersendiri untuk menentukan harga. Tetapi yang jelas, harga kain fleece masih terhitung murah dan terjangkau.

Tips Merawat Bahan Fleece yang Harus Anda Ketahui

tips merawat kain fleece
mefahlan

Anda sebaiknya berhati-hati saat mencucinya. Hindari penggunaan pewangi dan juga pelembut. Selain itu, jika anda mencucinya dengan mesin cuci, usahakan untuk mensetting mesin cuci dengan gerak yang paling lembut. Jika anda menyikat pakaian dari kain fleece anda, sebaiknya menyikatnya dengan sikat yang lembut supaya kain tidak mudah untuk mengelupas.

Selain itu, dikarenakan warna kain fleece yang cepat mengalami pemudaran, sebaiknya and atidak menjemur pakaian anda dibawah sinar matahari langsung. Sebagai gantinya, anda dapat mengangin-anginkan pakaian anda ditempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Kain fleece ini memang memiliki kelebihan yang patut dipertimbangkan dibandingkan dengan kekurangan yang dimilikinya. Tak mengherankan jika jenis bahan yang satu ini tidak pernah sepi peminat dan masih sering digunakan oleh orang untuk bahan pembuatan berbagai pakaian.

Dengan mengerti cara perawatan pakaian berbahan fleece, maka pakaian anda akan lebih awet serta tahan lama.

Leave a Reply