kain hyget

Spesifikasi Bahan Pakaian yang Terbuat dari Hyget

Bahan hyget adalah salah satu bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan pakaian di samping berbagai jenis bahan lainnya. Hyget adalah salah satu kain yang merupakan kombinasi dari katun dan polyester.

Jika dibandingkan dengan jenis bahan lain, hyget ini memberikan permukaan yang tipis.

Mengenal Bahan Hyget

mengenal bahan hyget
vendorpedia

Hyget yang hadir dengan ketebalan tidak begitu signifikan berpengaruh juga terhadap harga yang beredar di pasaran.

Karena bahannya yang cenderung tipis sehingga harga yang ditawarkan pun terbilang lebih rendah dari kain lain. Hyget menawarkan beragam variasi yang bisa dipilih Anda.

Jika Anda kerap menggunakan kaos, tentu sudah akrab dengan jenis bahan yang setiap hari melekat pada kulit.

Hyget merupakan salah satu jenis kain yang digunakan untuk bahan pembuatan kaos, baik yang berlengan panjang atau juga yang berlengan pendek. Berbagai model tak ketinggalan diberikan.

Bahan hyget untuk pembuatan kaos merupakan kombinasi sempurna antara polyester dengan katun, namun permukaannya lebih tipis.

Hyget menawarkan dua jenis bahan, pertama bahan biasa yang permukaannya juga lebih tipis dan harga standar, kedua bahan lebih tebal dengan harga seimbang.

Karakteristik Bahan Hyget

karakteristik bahan hyget
donyazad

Hyget memiliki beragam karakteristik atau ciri-ciri yang harus diketahui oleh semua pihak. Diantaranya karakteristik hyget adalah memiliki daya serap yang baik.

Ini akan terasa nyaman bagi para penggunanya karena di saat udara panas pun keringat akan mudah diserap baik oleh kandungan kain dari hyget ini.

Hadir dengan permukaan yang mengilap serta bahan yang memiliki kecenderungan tidak mudah kusut.

Dengan ketidakmudahan kusut ini Anda bisa dengan mudah menyetrika kain hyget ketika dikenakan dalam kegiatan sehari-hari. Hyget juga dibedakan berdasarkan berbagai jenis bahan kain.

Jenis Kain Hyget

1. Hyget Super

kain hyget kiloan
vendorpedia

Kain pertama yang termasuk ke dalam jenis kain hyget adalah hyget super atau hyget premium yang memberikan tekstur permukaan lebih rapat serta tebal. Biasanya bahan jenis ini menjadi favorit jilbab instan.

2. Hyget Balon

harga kain jersey
grosirkainkiloan

Kedua, ada hyget balon yang mirip dengan spandek sutra yang memiliki permukaan elastis.

Hyget balon ini tidak memiliki karakteristik yang seelastis spandek sehingga tidak terlalu disarankan juga kalau tujuannya untuk pembuatan hijab.

Yang disayangkan dari bahan satu ini adalah permukaannya tidak lebih sejuk dibandingkan dua jenis hyget lainnya.

3. Hyget Serena

hyget serena
vendorpedia

Ketiga adalah jenis bahan hyget serena atau hyget dengan karakteristik bahan yang padat dan juga lentur. Biasanya hyget digunakan untuk seragam olahraga yang digunakan oleh tim-tim bidang olahraga tertentu.

Dari semua jenis hyget, hyget serena ini memiliki daya serap yang terbilang sangat baik.

Kelebihan Bahan Hyget

keunggulan bahan scuba
youtube

Hyget sebagai salah satu bahan pakaian yang umumnya digunakan untuk pembuatan kaos memiliki serangkaian kelebihan. Beragam kelebihan itu terangkum dalam beberapa poin pembahasan di bawah ini:

1. Murah

Ada pertimbangan sendiri kenapa pakaian dari bahan hyget dipasang dengan harga yang cenderung miring. Hal ini tidak dapat dimungkiri menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki hyget.

Sehingga amat cocok jika dipesan untuk kebutuhan kaos partai atau kepentingan lainnya dalam jumlah banyak.

2. Tebal dan Nyaman

Sebenarnya tidak semua jenis kain hyget memberikan ketebalan yang sama, sebab kain hyget sendiri terdiri atas beberapa jenis berbeda. Ada yang nyaman dan tebal dikenakan ketika dijadikan jilbab, ada juga yang tipis sekali dan bahkan tidak menyerap keringat dengan sempurna, bergantung kualitasnya.

3. Mudah Menyerap Keringat

Terakhir, jika Anda tepat memilih higet yang berjenis super otomatis bahan ini akan memberikan ketebalan dan daya serap akan keringat yang lebih baik. Akan sangat nyaman jika digunakan sebagai hijab asalkan benar-benar kualitas kain hyget super yang dijadikan bahan dasar pembuatan jilbab.

4. Tidak Mudah Kusut

Untuk muslimah yang memiliki hijab dengan bahan hyget pasti merasakan betul bahwa pasca dicuci, hyget tidak akan memberikan kesan kusut berlebihan. Keuntungan yang bisa diambil adalah ketika membutuhkan dalam waktu cepat, jilbab hyget akan tetap aman meskipun tidak disetrika langsung.

Kekurangan Bahan Hyget

kekurangan bahan jersey
karuniajayaprinting

Di balik berbagai kelebihan yang sudah disebutkan di atas, bahan hyget juga dilengkapi dengan serangkaian kekurangan yang tidak bisa ditolak. Ragam kekurangan tersebut terangkum dalam per poin dan pembahasan di bawah ini:

1. Tipis

Salah satu kekurangan yang disayangkan dari kain yang satu ini adalah salah satu jenis bahannya tipis, seperti halnya jenis bahan kain hyget biasa. Kain yang tipis tentu membuat tubuh mudah sekali kepanasan kala cuaca terik dan tubuh juga akan mudah sekali kedinginan kala cuaca hujan atau saat cuaca sedang dingin.

2. Ada Bahan yang Tidak Menyerap Keringat

Bahan kain hyget itu ada 3, dua diantaranya, hyget biasa dan hyget serena memang didapuk tidak memiliki penyerapan yang baik terhadap keringat. Dampaknya, Anda akan mudah kegerahan bahkan yang tidak nyaman adalah bau badan bisa tercium oleh siapa saja kalau keringat tidak terserap baik.

3. Panas

Terakhir, kain higet sebenarnya kurang direkomendasikan sebagai bahan pembuatan kaos karena permukaan kain memiliki karakteristik panas. Hal ini seimbang dengan ketidakmampuan kain untuk menyerap keringat dengan baik. Jadi, tidak heran kalau kain hyget akan terasa panas saat dikenakan.

Tips Merawat Bahan Hyget

bahan hyget
harapanrakyat

Sebenarnya apa pun jenis kainnya bisa saja awet asalkan pemilik paham betul bagaimana cara merawat kain tersebut. Sayangnya, kain yang sudah memang dasarnya tidak bagus untuk pembuatan pakaian akan lebih rentan rusak dibandingkan kain yang memang pada dasarnya bagus untuk bahan pakaian.

Ada tips jitu untuk merawat bahan hyget supaya tetap awet dan bertahan lama di lemari Anda.

  1. Pertama, cara merawat kain hyget yang tepat adalah tidak menggunakan detergent berlebihan ketika proses pencucian.
  2. Kemudian juga tidak perlu menyikat lama karena cukup dikucek santai saja dengan tangan.
  3. Hyget juga akan lebih tahan lama jika Anda mengeringkannya di dalam ruangan saja, jangan dibiarkan langsung terkena sinar matahari.
  4. Kain ini merupakan bahan yang terbuat dari semi plastik sehingga kalau langsung terkena matahari dan dijemur lama, bahannya akan menimbulkan bau tidak sedap di hidung.
  5. Untuk penyimpanannya di lemari, pakaian atau jilbab yang terbuat dari kain hyget juga seharusnya disimpan dengan cara digantung atau dilipat.
  6. Tapi, sebaiknya kalau dilipat pada bagian busa tidak ikut dilipat karena bisa merusak tekstur dari jilbab berbahan dasar hyget tersebut. Tentu hal ini merusak.
  7. Bahan jilbab hyget pada umumnya tidak mudah kusut asalkan Anda mencucinya dengan benar, untuk itu ketika menyetrika pun suhu panas harus diperhatikan betul agar tidak meninggalkan bekas atau jejak setrika yang mengganggu. Akan lebih baik jika Anda menyemprotkan cairan pewangi saat menyetrika.

Bukan hanya kain ini yang dijadikan salah satu bahan untuk pembuatan pakaian atau fashion lainnya. Anda juga bisa memanfaatkan bahan taslan, bahan suede, dan bahan jersey untuk pembuatan pakaian dan fashion lainnya. Berbagai bahan tersebut hadir dengan serangkaian kelebihan dan kekurangannya.

Leave a Reply