mengenal bahan jersey

Kerap Digunakan untuk Seragam Tim, Ini Spesifikasi Jersey

Bahan jersey identik kaitannya dengan bahan pembuatan kaos seragam tim sepak bola atau berbagai jenis olahraga lainnya.

Namun, ternyata jersey ini bukan mengarah ke salah satu jenis kaos, namun merupakan bahan pembuatan dari berbagai jenis pakaian. Jersey cocok dikenakan saat cuaca panas.

Mengenal Bahan Jersey

karakteristik bahan jersey
konbos

Kain jersey merupakan bahan pakaian yang terbuat dari salah satu jenis kain rajutan dengan kelebihan berupa serat kain yang gampang menyerap keringat.

Tidak heran kalau akhirnya jersey difungsikan sebagai kaos tim para pesepak bola ataupun tim olahraga lainnya ketika berkeringat di lapangan.

Tapi, jangan salah sebab penggunaan jersey juga tidak hanya difungsikan sebagai seragam olahraga, namun juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan gamis atau kerudung para muslimah.

Jersey merupakan perpaduan antara kain katun yang dikombinasikan dengan kain bahan sintetis atau buatan.

Asal kata jersey diambil dari sebuah pulau yang ada di Negara Inggris dan juga di Negara Perancis. Jersey memiliki penamaan lain dalam dunia konveksi, yakni cotton stretch karena karakteristik bahannya yang bisa merenggang dengan sempurna.

Jersey memiliki permukaan yang lembut berbulu, tebal, dan halus.

Jika mau membandingkannya dengan bahan rayon, otomatis jersey akan memberikan nuansa yang lebih baik.

Kain jersey yang jatuh bisa menjadi salah satu alasan kenapa akhirnya pembuatan gamis dan juga kerudung untuk muslimah turut menggunakan kain jersey karena memang jatuhnya bagus ke tubuh.

Bahan jersey ada banyak kriterianya, ada yang ketebalannya kurang ada juga yang ketebalannya lebih dari cukup. Jika tujuannya untuk menjadi gamis atau kerudung maka sebaiknya memilih kain jersey yang tebal.

Tujuannya supaya kain jersey yang melekat pada tubuh tidak semerta-merta membentuk lekukan.

Harga Kain Jersey di Pasaran

harga kain jersey
grosirkainkiloan

Harga pakaian yang terbuat dari kain jersey disediakan dalam rentang harga yang beragam di pasaran. Sebagai referensi, kain jersey yang dijual di pasaran biasanya disediakan dalam bentuk per meter atau per roll (per gulungan).

Kisaran harga jersey berbeda-beda, bergantung dari kualitas kainnya di pasaran.

Sebagai gambaran saja, untuk harga yang ditawarkan pada jersey polos. Anda setidaknya harus mempersiapkan dana 27.000 sampai 35.000 rupiah per meter.

Sementara untuk bahan pakaian jersey grade a bisa mencapai 63.000 sampai dengan 79.000 rupiah per meter bergantung kualitas bahannya.

Di samping berbagai referensi harga jersey di atas, ada juga jenis jersey stella yang dibanderol dengan angka sepadan, yakni sekitar 23.000 rupiah per setengah meternya.

Berbagai harga yang diterapkan pada masing-masing kualitas kain jersey beragam, hal ini disesuaikan dengan kualitas kainnya saja.

Karakteristik Bahan Jersey

kelebihan bahan jersey
grosir borongan

Terkenal sebagai bahan pembuatan kaos tim olahraga, jersey yang juga digunakan untuk pembuatan pakaian muslimah memiliki beberapa karakteristik yang khas.

  • Berbagai ciri-ciri atau karakteristik yang melekat pada jersey dapat dilihat dari beberapa hal, seperti jenis kainnya lembut dan juga sangat adem.
  • Kedua, karakteristik kain jersey yang bisa Anda telusuri secara kasat mata adalah bahannya elastis atau dapat merenggang dengan sempurna. Ini kenapa ketika digunakan sebagai kaos tim olahraga, jersey tidak akan mudah sobek dan tidak pengap. Memang cocok sebagai bahan dasar kaos tim olahraga.
  • Berikutnya ini merupakan alasan kenapa jersey digunakan sebagai salah satu fashion wanita, terutama fashion muslimah. Karena ia sifatnya jatuh, mudah membentuk lekukan tubuh. Makanya kalau muslimah disarankan sekali membeli jersey yang kualitas kainnya tebal supaya tidak membentuk lekuk.
  • Karakteristik berikutnya dari kain jersey adalah banyak sekali variasi warna yang ditawarkan, mulai dari warna-warna cerah sampai dengan warna-warna yang kalem.
  • Bukan hanya dari variasi warnanya yang beragam, ia juga memberikan penawaran berupa ragam ketebalan kain jersey untuk pakaian.
  • Terakhir, karakteristik yang melekat pada jersey adalah kainnya tidak mudah kusut sehingga kalau Anda terburu-buru dan tidak sempat menyetrika juga tidak masalah.

Keunggulan Bahan Jersey

kain jersey
pindahrumah

Jersey dengan berbagai variasi harga berikut karakteristiknya di atas memiliki ragam kelebihan sebagai bahan dasar pakaian. Ragam kelebihan itu terangkum dalam poin pembahasan di bawah ini:

1. Banyak Warna dan Ukurannya

Jersey hadir dengan beragam warna serta ukuran ketebalan yang berbeda-beda. Dari mulai pilihan warna yang cerah sampai yang kalem bisa masuk ke kain jersey.

Ukuran ketebalan juga beragam dan dengan begitu menunjukkan kualitas barang berikut semakin tebal bahan, semakin tinggi harganya.

2. Mudah Menyerap Cairan

Jersey tidak hanya mudah menyerap air ketika dicuci, namun bahan jersey juga merupakan bahan yang sangat mudah menyerap keringat. Ini alasan kenapa jersey masih digunakan sebagai kaos tim olahraga.

3. Tahan Lama dan Tidak Mudah Kusut

Jersey merupakan bahan yang awet atau tahan lama atau dengan kata lain kain ini anti pudar sehingga sangat bagus untuk mempertahankan warna aslinya. Jersey tidak mudah kusut, aman tidak disetrika.

4. Bahannya Nyaman

Jersey dibekali dengan kelebihan yang nyaman karena bahannya fleksibel, melar, dan jatuh ketika digunakan sebagai bahan dasar pembuatan gamis dan juga kerudung.

5. Harga Terjangkau

Terakhir, semahal-mahalnya bahan pakaian dari kain jersey di pasaran, namun tetap lebih terjangkau jika dibandingkan dengan bahan pakaian lainnya.

Kekurangan Bahan Jersey

kekurangan bahan jersey
karuniajayaprinting

Dengan berbagai kelebihan di atas, jangan terlena dulu karena ada berbagai kekurangan dari kain jersey yang harus Anda ketahui. Berbagai kekurangan itu terangkum dalam poin pembahasan di bawah ini:

1. Mudah Rusak

Ada sebuah perlakuan unik ketika merawat kain jersey, yakni sebaiknya tidak terlalu sering disetrika. Karena terlalu sering menyetrika malah membuat bahan jersey ini mudah sekali rusak.

2. Membentuk Lekukan Tubuh

Cocok digunakan sebagai bahan pembuatan gamis dan kerudung, sayangnya bahan ini sangat identik dengan membentuk lekuk tubuh. Ini kenapa memilih bahan tebal adalah keharusan untuk wanita.

3. Tipis

Umumnya kain jersey dibuat dengan serat kain yang tipis sehingga mudah sekali menerawang. Tapi, jangan khawatir karena para muslimah bisa membeli jersey premium, bukan bahan kain jersey standar.

3. Berat

Terakhir, jersey memang memiliki ragam kelebihan, namun kain yang terutama premium akan memberikan bobot lebih besar dari jenis kain lainnya. Apalagi kalau jersey terkena air.

Kegunaan Bahan Jersey

mengenal bahan jersey
youtube

Terakhir pada pembahasan kali ini kita akan melihat apa saja produk yang dihasilkan dari kain jersey. Sederhananya yang paling sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah jersey untuk pembuatan bahan dasar kaos tim olahraga. Makanya terkenal jersey bola, jersey basket, dan lainnya.

Kemudian juga jersey bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan baju komunitas kalau tujuannya untuk menghindari hawa panas. Yang tidak kalah pemanfaatannya untuk pakaian adalah jersey sebagai bahan dasar gamis, jilbab, dan juga hijab sebagai pelapis tubuh bagi para perempuan muslim Indonesia.

Terakhir, bisa juga digunakan sebagai bahan pembuatan kaos serta celana. Kain ini bukan satu-satunya jenis bahan pakaian, ada juga bahan hyget, bahan viscose, dan bahan taslan.

Nah Anda juga dapat membaca artikel terkait King Fighter untuk menambah wawasan seputar olahraga.

Leave a Reply