bahan kanvas

Kerap Digunakan sebagai Tas, Ini Spesifikasi Bahan Kanvas

Bahan kanvas adalah salah satu jenis kain yang bertekstur tebal dan memiliki sifat sangat kuat ketika diaplikasikan ke dalam bentuk pakaian.

Awalnya kanvas hanya kain yang digunakan untuk kegiatan lukis. Seiring berjalannya waktu, banyak produk kanvas yang bisa ditemui dan dikenakan khalayak ramai.

Mengenal Bahan Kanvas

bahan kanvas biasa
mefahlan

Kain kanvas memiliki ketebalan yang berkualitas bagus sehingga mulai dimodifikasi menjadi produk-produk menarik lainnya. Katakanlah tas, sepatu, jaket, dan ragam aksesoris lainnya banyak yang menggunakan kanvas. Melihat ke awal pembuatan, kanvas terbuat dari jerami yang sangat kuat.

Bahan dasar kanvas makin ke sini sudah makin banyak modifikasinya, salah satunya kanvas yang terbuat dari kapas dan juga linen.

Kemudian juga kanvas ada yang terbuat dari bahan-bahan sintetis, seperti halnya bahan polyester. Kualitas dan daya tahan olahan kanvas ini tetap terjamin ketika di pasaran.

Kanvas memiliki beragam jenis kain, jika dirunutkan satu per satu maka didapati sebagai berikut:

  1. Kanvas Blacu
  2. Ripstop
  3. Marsoto
  4. Baby Canvas
  5. Kanvas PE
  6. Kanvas Sueding.

Blacu merupakan salah satu kanvas yang paling sering diolah menjadi tas serut, tas souvenir dan juga untuk bahan dasar untuk totebag.

Marsoto merupakan kain kanvas yang memiliki permukaan lebih halus dan kerap menjadi kegemaran banyak orang ketika diterapkan menjadi baju. Kain kanvas satu ini memberikan penawaran harga yang sedikit lebih mahal, namun hal tersebut tentunya setara dengan kualitas yang diberikan untuk pemakai.

Ada lagi kanvas PE, bahan yang paling pas ketika diterapkan menjadi sebuah produk tas, namun sangat kasar jika Anda menjadikannya pakaian.

Kanvas PE yang bagus dijadikan sebagai bahan dasar tas ini ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah apalagi jika Anda memproduksi dalam jumlah banyak.

Karakteristik Bahan Kanvas

bahan kanvas
youtube

Sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk pakaian, tas, dan lainnya, kanvas hadir dengan berbagai karakteristik khasnya.

Beragam karakteristik tersebut dapat dilihat dari beberapa hal, yakni:

  1. Daya tahannya kuat serta awet. Tidak heran kalau kanvas kerap digunakan sebagai salah satu home décor.
  2. Karakteristik berikutnya yang melekat pada kain kanvas adalah tahan terhadap serangan jamur serta kuman. Karakteristik yang satu ini membuat kanvas tidak mudah rusak karena serangan bakteri dan juga paparan bahan kimia.
  3. Kanvas juga tidak mudah berkerut, ini kenapa kanvas sering sekali divariasikan.
  4. Kanvas merupakan bahan yang lebih mudah menyerap warna sehingga penawaran warna yang diberikan bisa banyak ragamnya.
  5. Kanvas juga memiliki karakteristik lebih tahan terhadap air sehingga tidak mudah basah, jadi ketika warnanya sudah melekat, akan semakin bagus karena kanvas tahan air.
  6. Karakteristik selanjutnya yang harus diketahui dari kanvas adalah mudah sekali dalam hal merawat kainnya. Jika kain lainnya biasanya harus menggunakan tangan untuk proses pembersihan, tidak demikian halnya dengan kanvas. Cukup menggunakan mesin cuci saja sudah bisa bersih keseluruhan.

Kegunaan Bahan Kanvas

tirai bahan kanvas
provolp

Kanvas dalam kehidupan sehari-hari kerap dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, seperti salah satunya adalah sebagai bahan dasar pembuatan tirai.

[su_quote]Jika tidak terlalu suka dengan tampilan yang mencolok, pewarnaan pada kain kanvas bisa dibuat lebih tidak menonjol atau lebih soft di rumah.[/su_quote]

Anda bisa memilih mendesain tirai dari kanvas dengan ide kreatif sendiri atau menggunakan jasa profesional yang sudah jelas kompetensinya.

Anda bisa menyesuaikan panjang dan pendeknya tirai dari kain kanvas sesuai dengan kebutuhan dengan lebih dulu mengukur seberapa tepat ukuran jendela.

Selain dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan tirai, kanvas juga bisa difungsikan sebagai bahan dasar pembuatan penutup furnitur.

Kanvas yang sangat mudah dari segi perawatan akan menarik jika diterapkan pada berbagai benda rumah tangga, seperti halnya sofa dan juga kursi tua di rumah.

Jika Anda adalah orang yang mahir memanfaatkan mesin jahit, adalah hal menarik jika menerapkan ragam hiasan unik di permukaan kain kanvas yang digunakan sebagai penutup furnitur di rumah.

Kanvas yang bisa Anda variasikan sendiri bisa dibentuk dengan sempurna menjadi sarung untuk furnitur.

Kelebihan Bahan Kanvas

sepatu bahan kanvas
youtube

Sebagai salah satu bahan yang bisa banyak divariasikan dan sangat mudah dirawat, kain kanvas hadir dengan berbagai kelebihan, diantaranya terangkum dalam beberapa poin pembahasan di bawah ini:

1. Tahan terhadap Berbagai Kondisi

Kanvas yang kini terbuat dari bahan dasar katun dan juga linen memiliki daya tahan yang sangat baik, bahkan nyaris menyerupai kualitas kain denim. Tidak heran kalau kanvas akhirnya dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, seperti layar kapal, tenda, dan penutup berbagai furnitur di rumah Anda.

2. Banyak Produk Fashion yang Dihasilkan

Kanvas tidak hanya menghasilkan satu jenis produk, seperti halnya hanya pakaian. Kanvas juga difungsikan sebagai bahan dasar pembuatan tas, bahkan digunakan untuk terpal asalkan ketebalannya seimbang. Semakin tebal kain kanvas semakin berbeda pula fungsinya dengan yang berbahan tipis.

3. Kualitas Bagus

Kanvas termasuk ke dalam salah satu bahan yang berkualitas bagus dan memberikan kesan vintage, dengan catatan Anda memilih kain kanvas yang tepat. Kenapa? Karena selayaknya bahan lain, kanvas juga hadir dengan beragam ketebalan yang turut menawarkan berbagai jenis harga di pasaran.

4. Mudah Kering

Kanvas memiliki tekstur yang mudah kering sehingga tidak akan menyulitkan Anda ketika mencuci dan membutuhkannya dalam waktu cepat. Kanvas merupakan kain yang menyerap panas dengan tinggi.

5. Mudah Dirawat

Terakhir, tidak perlu perawatan khusus untuk kanvas sebab Anda bisa mencucinya tanpa tangan, melainkan akan bersih dengan maksimal sekalipun dimasukkan ke dalam mesin cuci.

Kekurangan Bahan Kanvas

bahan kanvas
grid

Bukan hanya kelebihan yang dimiliki oleh kain kanvas, namun juga ada berbagai kekurangan yang menjadi PR bagi para pemilih kain kanvas. Poin-poin kekurangan tersebut hadir dalam beberapa pembahasan di bawah ini:

1. Mudah Terbakar

Sayangnya, kain kanvas ini masih merupakan bahan yang mudah sekali terbakar jika terlalu dekat dengan sumber api.

Terutama untuk kanvas yang terbuat dari bahan dasar polyester, penyerapan terhadap energi panas dari api sangat berpotensi untuk membuat produk dari kanvas mudah terbakar.

2. Daya Serapnya Rendah

Yang disayangkan berikutnya dari kanvas adalah daya serap rendah sehingga jika mau menggunakan kanvas untuk bahan pakaian, amatlah tidak disarankan. Salah-salah bukannya bagus menyerap keringat, Anda malah kepanasan karena minimnya daya serap justru bisa membuat Anda kegerahan maksimal.

3. Sirkulasi Udara Kurang Baik

Berhubungan dengan daya serap terhadap keringat yang buruk, kanvas juga memiliki sirkulasi udara yang buruk sehingga akan mudah untuk pemakainya berkeringat. Amat tidak cocok digunakan di dalam maupun di luar ruangan.

Berbagai kelebihan serta kekurangan yang sudah disebutkan di atas menjadi pertimbangan tersendiri kenapa kanvas dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai fashion sehari-hari.

Bukan hanya kanvas yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan sesuatu. Diantaranya ada juga bahan spandek, bahan rayon, dan juga bahan taslan yang masing-masingnya memiliki karakteristik khas tersendiri.

Tips Merawat Bahan Kanvas

Setiap barang yang kita gunakan termasuk kain kanvas, tentu memiliki masa layak pakainya. Maka dari itu, anda juga harus tahu bagaimana cara merawat kain ini agar tetap nyaman digunakan walau sudah lama dimiliki.

Berikut tips yang kami sajikan untuk anda:

1. Tips Mencuci Kain Kanvas

bahan wolfis
jayaimperialpark

Setelah anda menemukan kain yang cocok, maka lebih baik dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan. Agar terhindar dari kuman dan bakteri karena kita tidak tahu apakah kain tersebut bersih atau kotor.

Cara mencucinya sangat mudah, hanya perlu mesin cuci dan deterjen saja. Tidak perlu dikucek seperti halnya bahan wolfis yang membutuhan perawatan khusus.

Pada pembahasan karakteristik kain kanvas di atas, bahwa kain ini sangat mudah menyerap warna, tetapi anda tidak perlu repot untuk memisahkan kain ini sesuai warnanya karena semakin lama dicuci, warna kain kanvas semakin melekat.

2. Tips Menjemur Kain Kanvas

bahan wolfis
gatsuone.blogspot

Jadi, anda hanya cukup menggunakan mesin pengering lalu dijemur sebentar di bawah terik matahari. Tidak lama kemudian kain kanvas akan kering.

3. Tips Menyetrika Kain Kanvas

bahan wolfis
harapanrakyat

Salah satu kekurangan kain kanvas adalah sangat mudah terbakar, maka anda harus berhati-hati dalam menyetrikanya.

Cukup gunakan suhu panas yang paling rendah atau bisa menambahkan lapisan kain pada setrika, sehingga setrika tidak langsung menyentuh kain.

Leave a Reply