bahan taslan

Jenis, Kegunaan, dan Harga Bahan Katun yang Harus Anda Ketahui

Siapa yang tidak megetahui jenis bahan katun? Rasa-rasanya jenis kain yang satu ini sangat populer dan sangat sering digunakan oleh banyak orang.

Orang Indonesia yang berada di daerah tropis amat menyukai jenis kain yang satu ini karena sifatnya yang dingin dan juga membuat tidak mudah gerah.

Tahukah anda tentang kain ini berikut jenis, kegunaan, dan harganya? Jika belum, anda akan segera menemukan jawabannya pada artikel berikut ini!

Mengenal Bahan Katun

jenis-kain-katun
kompasiana

Bahan katun adalah salah satu jenis kain yang mana tercipta dari serat alami, yakni cotton atau kapas. Nama dari katun ini sendiri didapatkan dari serat halus yang terdapat pada biji kapas (cotton).

Ia memiliki kemampuan penyerapan air yang lebih baik dari bahan babyterry yang juga terkenal akan kemampuannya menyerap keringat.

Tahap pembuatan kain katun adalah serat kapas yang telah didapatkan kemudian dipintal mejadi helaan benang katun. Setelah itu, benang katun mengalami proses penenunan dan kemudian menjadi lembaran kain katun.

Jenis kain satu ini memiliki kelebihan yakni mudah dalam segi perawatan, apalagi jika dibandingkan dengan bahan wolfis yang cukup rumit perawatannya.

Jenis-jenis Bahan Katun yang Harus Anda Ketahui

kain-katun-jepang-polos
infobatik

Bahan katun memiliki jenis-jenis turunannya, yang mana setiap jenis katun memiliki karakteristik yang sedikit berbeda dengan jenis satu dan lainnya. Berikut adalah daftar jenis katun yang terkenal dan banyak dicari dipasaran. Apasajakah itu? Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bahan katun biasa

Jenis pertama ini adalah jenis katun universal yang banyak digunakan oleh banyak orang. Ia memiliki kualitas bahan yang standar serta mematok harga yang cenderung lebih murah daripada jenis katun yang lain.

Ia memiliki ciri yakni beragam motif, tidak terdapat kode warna pada pinggir kainnya, serta mempunyai kemampuan menyerap keringat yang lumayan.

2. Katun rayon

Bahan katun yang kedua adalah katun rayon. Katun yang satu ini terkenal dikalangan penjual kain sebagai bahan dasar untuk membuat baju muslim. Jenis katun satu ini mempunyai kekurangan yakni mudah kusut, dingin, dan memiliki tekstur yang cukup licin.

3. Katun Cina

Katun Cina juga kerap disebut juga dengan katun twill. Jenis katun ini memilki kualitas yang sepadan dengan jenis katun Jepang. Katun ini memiliki ciri yakni bahannya yang tipis dan juga warna kain yang dimilikinya tidak mencolok. Juga, terkadang kualitas yang dimiliki jenis ini tidka terlalu bagus.

4. Katun silk sutera

Jenis katun ini adalah perpaduan antara katun dengan sutera. Cirinya yakni licin, tidak panas, dan juga terasa lembut serta halus. Selain itu, katun silk sutera juga terkenal dengan keawetannya.

5. Katun paris

Katun ini merupakan saudara kembar dari katun biasa, karena kedua jenis kain tersebut memilki banyak kemiripan. Tetapi, yang harus anda ketahui adalah kualitas katun paris berada diatas katun biasa. Ia sering dibuat untuk bahan gamis, hijab, blouse, dan item fashion lainnya.

6. Katun satin Jepang

Katun ini diproduksi di Jepang, seperti namanya. Ia memiliki ciri berterkstur lembut, memiliki warna yang cenderung kuat, serta terasa dingin ketika digunakan.

7. Katun minyak

Disebut dengan katun minyak karena kain ini memiliki ciri mengkilap layaknya terkena minyak. Di negara ini sendiri, keberadaan katun minyak masih jarang diketahui.

8. Katun combed

Bahan katun yang satu ini memiliki sifat yang halus, lembut, dan memiliki daya serap keringat yang baik.

9. Katun sateen

Bahan katun sateen sekilas mirip dengan katun biasa. Yang menjadi pembeda adalah proses penenunan katun jenis ini adalah dengan menggunakan teknik satin. Jenis kain ini memiliki permukaan kain yang terlihat berkilau atau mengkilap.

10. Katun denim

Katun ini dimanfaatkan oleh para desainer untuk membuat pakaian denim mulai dari jaket, hingga celana. Denim inilah yang digunakan bahan dasar pembuatan merk Jeans dan Levi’s yang sering anda temukan dipasaran.

11. Katun ima royal platinum

Jenis bahan yang satu ini bertekstur kotak kecil yang mana dapat mudah untuk anda lihat pada permukaan kainnya. Sifanya ringan, tidak terlalu jatuh, serta tidak menerawang.

12. Katun madinah

Jenis katun ini mempunyai cirinya yang sangat lembut, dingin, sifatnya jatuh, dan juga tidak terawang. Harganya cukup mahal dibandingkan dengan katun lain. Biasanya, jenis kain ini digunakan untuk membuat baju syar’i, jilbab, dan pakaian muslim.

13. Katun linen euro

Katun linen eur memiliki serat benang yang dapat dikatakan paling longgar dan besar dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Selain itu, ia juga mempunyai sifat kain yang agak kaku. Seringkali jenis katun ini digunakan sebagai bahan pembuatan bahan casual.

Dan masih banyak sekali jenis katun yang ada, yang mana merupakan kombinasi dari bahan lain atau berbeda teknik pembuatannya.

Kegunaan Bahan Katun yang Harus Anda Ketahui

Mukena-Katun-Jepang
deltagrosir

Setiap bahan memiliki fungsi dan pemanfaatannya tersendiri. Misalnya, bahan baloteli yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan baju dan dress. Lalu apasajakah kegunaan dari bahan katun? antara lain adalah sebagai berikut!

1. Bahan pembuatan baju

Ini adalah fungsi yang paling dapat anda perhatikan. Katun adalah bahan yang banyak digunakan untuk pembuatan baju, misalnya dress, kaos, kemeja, gamis, kerudung, dan lain sebagainya.

2. Sarung bantal

Katun yang memiliki sifat lembut dan mampu menyerap keringat dengan baik ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sarung bantal.

3. Pelapis sofa

Bukan hanya sebagai bahan pembuatan baju, ternyata bahan katun juga dimanfaatkan sebagai pelapis pada sofa yang umumnya anda miliki dirumah. Dengan menggunakan pelapis dari bahan katun, maka anda tidak perlu khawatir merasakan kegerahan dalam berlama-lama duduk di sofa anda.

4. Selimut

Anda juga dapat menggunakan selimut dari bahan katun sebagai penutup tubuh anda saat tidur. Selimut ini cocok bagi anda yang selalu membutuhkan penggunaan selimut meskipun cuaca panas. Anda tidak perlu khawatir akan kegerahan karena ia menawarkan rasa dingin serta nyaman.

5. Tirai

Tirai yang berfungsi sebagai penutup jendela dan memiliki fungsi estetik pada rumah ini dapat terbuat dari bahan katun. Dengan sifat katun yang jatuh dan lembut, maka menjadikan tirai dari katun terlihat bagus dan indah.

Harga Bahan Katun

harga kain katun
mefahlan.com

Jika berbicara mengenai harga katun, maka anda harus memastikan terlebih dahulu jenis katun mana yang ingin anda beli, karena tiap jenis katun memiliki harga yang berbeda antara satu dan lainnya.

Tetapi yang jelas, harga katun umumnya masih sangat murah dan terjangkau. Kisaran harganya sendiri bahkan dimulai dari 15.000 saja.

Jenis kain katun memanglah populer dan sering digunakan oleh banyak orang sebagai bahan dasar pembuatan berbagai jenis baju.

Harganya yang terjangkau dan banyaknya ragam kain katun serta kelebihan yang dimilikinya inilah yang menyebabkan peminat kain katun tidak pernah surut. Kain katun apa sajakah yang telah anda miliki dirumah? Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply