jaket denim

Bahan Dasar Linen untuk Pakaian di Musim Panas

Bahan linen adalah salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatan bahan pakaian, terutama saat musim panas datang. Bahan dasar linen tidak hanya digunakan untuk kepentingan membuat pakaian, namun juga kerap difungsikan untuk berbagai kepentingan, semisal membuat taplak meja, dsb.

Ada banyak kerajinan tangan yang dibuat dari kain berbahan dasar linen yang dicampur dengan material katun. Di Eropa, konon pembuatan pakaian dari bahan dasar linen merupakan pakaian yang ditunggu-tunggu karena memberikan kesan mewah. Jika dirawat dengan baik, linen akan menjadi sangat awet.

Jenis Bahan Linen

Bahan linen adalah salah satu bahan dalam dunia kain yang difungsikan untuk beragam jenis pakaian. Kain berbahan dasar linen ini salah satunya diaplikasikan dalam bahan katun.

Dengan kombinasi tersebut, terlahirlah beberapa jenis kain dari linen berjenis katun.

1. Linen Euro

bahan kain linen
olympic

Bahan yang dikenal sebagai linen euro ini memiliki permukaan yang kaku serta serat yang amat longgar. Orang-orang biasanya menggunakan linen euro ini sebagai bahan dasar pembuatan gorden saking kasarnya permukaan linen.

Bahannya sangat tebal dan kaku dan meninggalkan bekas garis setrika lama.

2. Linen Look

bahan linen look
olympic

Di samping kain berbahan dasar linen yang euro, ada juga bahan dasar linen bernama kain linen look. Artinya bahan dasar untuk pembuatan linen ini jauh lebih lembut dan halus.

Untuk ketebalannya tidak mengalahkan linen euro, tapi linen satu ini amat nyaman apabila digunakan sebagai pakaian. Masih banyak lagi bahan pakaian dan lainnya yang terbuat dari kain linen.

3. Linen Slub

bahan linen slub
olympic

Bahan kain linen slub bila disentuh dan dirasakan cenderung lebih kasar dan agak panas dibanding dengan kain linen look. Namun, kain linen slub memiliki susunan serat yang lebih rapat dengan teksturnya yang saling menyilang.

Kain jenis ini juga tergolong tipis dibanding kain linen look. Tapi ia punya ciri khas yang tidak dimiliki kain linen jenis lain, yaitu susunan garis benangnya yang terputus dan saling silang.

4. Linen Kenzo

bahan linen kenzo
olympic

Kalau dilihat dari segi karakteristik, linen kenzo hampir mirip dengan kain linen slub. Ketebalannya juga hampir sama. Biasanya kain ini digunakan untuk membuat baju koko atau gamis ikhwan dan blazer.

Dilihat dari segi spesifik kainnya mirip dengan linen euro, namun kain kenzo cenderung tidak licin.

Sebenarnya kain linen kenzo adalah jenis kain katun linen yang belum lama populer di pasaran.

5. Linen 3G

bahan kain linen 3G
olympic

Kain linen 3G termasuk jenis kain yang masih baru di pasaran. Linen 3G memiliki karakteristik berupa bahannya jatuh dan ringan, tidak terlalu kasar dan tidak licin.

Ciri khas dari kain ini adalah garis panjang yang lurus, sejajar dan rapat pada permukaaan kainnya.

Kain ini diberi nama Linen 3G karena memiliki tampilan yang modern dan cutting edge dan teksturnya menyerupai kayu.

Perlu anda ketahui ketebalan dari linen 3G masih sangat jauh dibanding linen look. Karena itu, kain ini sering sekali dijadikan item fashion berupa gamis ikhwan dan baju koko.

Karakteristik Bahan Kain Linen

bahan linen
mizutex

Pakaian yang berbahan dasar linen memiliki beberapa karakteristik yang membedakan dengan bahan kain lainnya. Berbagai karakteristik tersebut terangkum dalam beberapa poin serta pembahasan di bawah ini:

1. Kualitas Tinggi

Sebagai salah satu bahan pakaian, linen memberikan kualitas yang cukup tinggi untuk bahan dasar. Hal ini karena kain linen memiliki permukaan yang halus dan juga rapi apabila digunakan sebagai pakaian.

2. Dari Serat Alami

Terbuat dari serat alami memang bukan karakteristik yang hanya khas dilekatkan pada linen. Sebab bahan lainnya juga banyak terbuat dari serat alami. Tapi, linen ini memiliki permukaan lebih kuat.

3. Warna Khas

Ketika memilih linen sebagai bahan dasar pakaian, Anda biasanya akan diberikan ragam pemilihan warna khusus. Biasanya linen identik dengan pemberian warna yang cenderung pucat dan natural.

4. Lembut

Linen adalah bahan dasar pembuatan pakaian yang teksturnya lembut dan akan semakin lembut apabila Anda lebih sering mencucinya. Namun, jika perawatannya tidak dilakukan dengan tepat, jangankan semakin lembut, yang ada linen malah gampang rusak dan otomatis merugikan siapa pun pemiliknya.

5. Permukaan Menarik

Karakteristik khas selanjutnya dari bahan dasar linen sebagai pembuatan pakaian adalah memiliki permukaan yang halus serta mengilap. Dengan demikian, permukaan linen tidak akan mudah kotor.

6. Butuh Perawatan Khusus

Sebagai bahan pakaian, linen ini mudah rusak jika tidak dirawat dengan telaten. Salah satu penyebab menurunkan kualitas linen adalah serangan jamur yang bisa sewaktu-waktu menyerang kain ini.

7. Sejuk dan Hangat

Terakhir, karakteristik linen sebagai bahan pembuatan pakaian adalah bermanfaat digunakan di udara dingin karena memberikan kehangatan.

Kemudian juga bermanfaat dikenakan pada cuaca panas karena memberikan hawa sejuk pada tubuh. Dua fungsi berbeda namun ada di dalam satu bahan pakaian.

Kelebihan Bahan Linen

bahan linen
alibaba

Kain linen seperti apa yang sudah disebutkan di atas memiliki beragam kelebihan, diantaranya kelebihan itu yakni:

1. Seratnya Tebal

Seratnya tebal sehingga secara tidak langsung memberikan kualitas yang juga bagus. Bahan yang tebal juga tidak menghalangi kesan adem ketika mengenakan kain satu ini.

2. Tekstur Kainnya Lembut

Kedua, kelebihan yang bisa didapatkan ketika menggunakan bahan pakaian linen adalah tekstur kainnya lembut sehingga secara tidak langsung akan nyaman saat dikenakan.

Permukaan yang lembut akan membuat siapa pun yang mengenakan pakaian berbahan dasar linen betah di segala macam cuaca.

3. Tidak Mudah Terburai

Terakhir, kelebihan yang akan dibahas kali ini adalah serabut dari material linen tidak mudah terburai. Ketika menggunakan pakaian dan ada benang sisa atau burai-burai serat kain, tentu sangat mengganggu. Ini kenapa linen menjadi salah satu jenis bahan pakaian yang diminati karena tidak gampang terurai.

Kekurangan Bahan Linen

bahan linen
alibaba

Ada kelebihan, tentu ada juga kekurangan yang melekat pada kain berbahan dasar linen. Kekurangan itu diantaranya bahan dari linen ini tergolong berat. Kalau Anda tidak masalah dengan penggunaan kain yang berat, sebenarnya bukan alasan. Tapi, masalahnya mulai muncul ketika pakaian linen dikeringkan.

Di atas dikatakan bahwa kain linen premium tidak mudah terburai dengan catatan kalau dirawat dengan baik dan benar. Sebab kalau tidak dilakukan perawatan yang baik dan benar, serat kain berbahan dasar linen yang notabene besar-besar akan mudah sekali terurai dan tidak nyaman dipakai.

Tips Merawat Kain Linen

bahan wolfis
jayaimperialpark

Untuk menghindari berbagai kemungkinan terurainya material linen dan berbagai kerusakan lainnya yang seharusnya tidak terjadi, Anda wajib mengetahui trik merawat kain satu ini. Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan supaya kepemilikan material linen tetap awet dalam jangka waktu yang panjang.

1. Cuci atau Tidak Dicuci Sama Sekali

Ketika memiliki berbagai barang yang terbuat dari bahan linen import ataupun kain linen lokal seharusnya Anda mengetahui apakah bahan itu bisa dicuci atau tidak.

Sebab setidaknya ada dua jenis kain berbahan dasar linen. Pertama, yang bisa dicuci dan kedua yang sama sekali tidak untuk dicuci.

Jenis bahan dasar linen yang bisa dicuci ditandai dengan permukaan lentur dan tidak rata. Lain dengan linen yang tidak bisa dicuci, karakteristiknya memiliki permukaan yang lebih kaku dan juga lebih rata.

2. Mencuci dengan Benar

Untuk menjaga serat kain tetap awet dan bisa digunakan dalam waktu panjang, Anda harus menerapkan teknik menyuci yang tepat. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tidak menggunakan pemutih sekalipun linen berwarna putih. Kedua, kucek menggunakan tangan pelan setelah direndam sebentar.

Supaya pakaian berbahan dasar linen ini tidak mudah rusak, Anda juga dianjurkan untuk menjemur pakaian di dalam ruangan atau diangin-anginkan saja. Tidak perlu di bawah sinar matahari langsung.

3. Setrika dengan Benar

Terakhir, perawatan yang benar untuk menjaga kualitas kain berbahan dasar linen ini adalah dengan penyetrikaan yang tepat.

Dianjurkan segera mencuci material linen ketika permukaannya masih lembab, bukan basah. Tujuannya supaya kusut-kusut di permukaan kain bisa mudah dihaluskan oleh setrika.

Apabila kain berbahan dasar linen yang Anda miliki dibubuhi dengan ornamen-ornamen atau hiasan tertentu, jangan mengenakan langsung permukaan setrika ke ornamen tersebut, gunakan perantara.

Di samping kain berbahan dasar linen, ada juga bahan-bahan pakaian lainnya yang memiliki keunggulan tersendiri. Katakan saja bahan taslan, kain denim, dan bahan spandek yang diproduksi untuk berbagai pakaian. Pakaian yang kita gunakan diantaranya menggunakan berbagai bahan dasar kain tersebut.

Leave a Reply