celana kolor bahan lotto

Mengenal Lebih Jauh tentang Bahan Lotto

Pernahkah anda mendengar nama bahan lotto? Mungkin bagi sebagian orang masih merasa awam dengan bahan yang satu ini. Padahal, ia sering sekali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai item fashion.

Sesekali, anda perlu menengok tag di belakang baju anda dan mungkin akan menemukan jenis bahan yang satu ini. Sebenarnya, apa sih kelebihan, kekurangan, harga, serta ciri dari kain lotto?

Jika anda belum mengetahuinya, maka anda akan segera menemukan jawabannya pada artikel berikut ini!

Mengenal Bahan Lotto

ustrasi mengenal kain lotto
pixabay

Apa itu kain lotto? Bahan lotto adalah bahan yang seringkali digunakan untuk berbagai pakaian olahraga seperti jaket, sweater, jersey, celana training, dan lain sebagainya.

Kain lotto memiliki karakter yang serupa dengan bahan wolfis, yakni terkenal dengan tekstur kain yang lembut, halus, dan juga lentur. Selain itu, lotto mempunyai kemampuan menyerap keringat dengan baik.

Lotto dibedakan menjadi dua, yakni bahan lotto spesial dan juga bahan lotto super. Dari kedua jenis tersebut terdapat sedikit perbedaan seperti dari segi ketebalan kain, yang mana lotto super dapat dikatakan lebih tebal.

Harga Bahan Lotto

ilustrasi harga kain lotto
pixabay

Bagaimana dengan harga bahan lotto sendiri? Yang harus anda ketahui pertama adalah, harga dari setiap kain yang ada dipasaran tidak dapat dipastikan secara tepat, tetapi dapat berupa kisaran harga.

Harga yang dipatokpun tergantung dengan kebijakan toko, harga asal pabrik sesuai merk, permintaan pasar, kualitas lotto, dan lain sebagainya.

Harga bahan lotto dapat dikatakan cukup terjangkau, meskipun harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga kain kaos biasa. Meskipun begitu, harga yang dipatok sesuai dengan kualitas yang anda dapatkan pada jenis kain yang satu ini.

Kelebihan Bahan Lotto

ilustrasi kelebihan bahan lotto
pixabay

Setiap bahan kain selalu memiliki kelebihannya tersendiri. Misalnya, bahan baloteli memiliki kelebihan yakni teksturnya yang berserat, tidak melekat ke tubuh serta tidak menerawang, kain agak tebal dan halus, dan lain sebagainya.

Lalu apa kelebihan yang dimiliki bahan lotto? Antara lain adalah sebagai berikut!

1. Bahan lotto bertekstur halus

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh kain lotto adalah tekstur kainnya yang halus. Kehalusan tekstur yang dimiliki oleh kain yang kita kenakan akan membuatnya nyaman saat digunakan.

Selain itu, ketika anda menggunakannya anda tidak perlu takut merasa kegerahan karena rasanya yang adem. Inilah alasan mengapa bahan satu ini sering digunakan sebagai dasar pembuatan baju olahraga.

2. Kainnya yang lembut

Selain itu, anda akan merasakan ketika mengenakan bahan lotto bahwa bahan ini sangat lembut. Anda tidak akan khawatir mengalami iritasi ketika menggunakan jenis pakaian ini. Kelembutan yang dimiliki oleh jenis kain satu ini disebabkan oleh serat kainnya yang sangat rapat

3. Awet

Kain lotto memiliki kelebihan juga dapat bertahan lama. Meskipun anda sering menggunakannya, anda tidak perlu khawatir jenis kain ini mudah rusak ataupun melar. Ini dikarenakan bahan pembuatan kain lotto adalah bahan yang berkualitas.

4. Mudah untuk dikeringkan

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh kain lotto adalah kemampuannya untuk cepat kering. Selain itu, anda tidak perlu kesusahan juga saat proses pencucian. Dengan sifatnya yang mudah kering, anda hanya perlu mengangin-anginkannya saja tanpa perlu memaparkannya pada sinar matahari langsung.

Kekurangan Bahan Lotto

ilustrasi kekurangan kain lotto
pixabay

Setelah mengetahui kelebihan, maka anda harus mengetahui pula kekurangan yang dimiliki. Suatu bahan memiliki kekurangan adalah wajar, karena itulah sebagai akibat dari memiliki berbagai kelebihan.

Jika bahan fleece memiliki kekurangan yakni mudah terkena debu, tidak tahan angin, dan lain sebagainya, bagaimana dengan bahan lotto? Kekurangan bahan lotto adalah sebagai berikut:

  • Kain tidak tahan terhadap bahan kimia keras

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh lotto adalah ia tidak mampu menahan kualitas kain jika dicuci menggunakan bahan kimia yang keras. Oleh karena itu, saat mencuci pakaian, usahakan memilih jenis deterjen yang memiliki kadar kimia yang cukup rendah dan anda perlu mencucinya dengan ekstra hati-hati.

  • Tidak cocok untuk suhu yang ekstrem

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh lotto adalah ketidakmampuannya dalam menahan suhu ekstrem. Anda tidak disarankan untuk menggunakan pakaian berbahan lotto di cuaca yang sangat dingin, karena bahan yang dimiliki kurang tebal meskipun ia sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat jaket ataupun sweater.

Ciri-ciri dan Karakteristik Bahan Lotto

lustrasi karakteristik bahan lotto
pixabay

Setiap kain memiliki ciri dan karakternya tersendiri. Ciri yang dimilikinya menjadikannya mudah untuk dikenali. Inilah yang menjadi pembeda antara satu bahan dengan yang lainnya.

Begitu juga dengan bahan lotto, ia memiliki karakter dan juga cirinya tersendiri. Apasajakah itu? Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Memiliki berat yang ringan

Karakteristik dan ciri pertama yang dimiliki oleh lotto adalah sifatnya yang ringan. Ringan yang dimiliki oleh kain ini dikarenakan material penyusunnya yaitu serat katun dan juga serat sintetik, yang mana ketebalannya dapat disesuaikan sesuai dengan pemanfaatan kainnya.

Inilah alasan mengapa kain lotto banyak digunakan sebagai dasar pembuatan kaos dan juga berbagai busana kasual.

Meskipun tenunan bahan ini dapat menghasilkan berbagai tingkat ketebalan yang berbeda, tetapi dapat dikatakan bahwa berat yang dimiliki oleh kain ini tetap tergolong ringan.

Tentu ini sesuai dengan tujuan pembuatan kain lotto yang banyak digunakan sebagai pakaian olahraga. Pakaian olahraga haruslah ringan supaya penggunanya dapat bergerak leluasa.

2. Tekstur kain yang rapat

Karakteristik selanjutnya yang dimiliki oleh lotto adalah teksturnya yang rapat. Saking rapatnya, hampir tidak ada cahaya yang bisa menembus celah tersebut. Meskipun dari luar anda akan melihat bahwa kain ini tampak berongga, sejatinya bagian dalam pakaian ini sangat rapat sehingga dapat menutup tubuh anda dengan baik.

3. Halus dan juga lembut

Kain lotto juga memiliki ciri kainnya yang halus dan juga lembut. Hal ini disebabkan karena umumnya bahan lotto memiliki prosentase katun yang banyak, yang mana menentukan seberapa lembut kain tersebut. Dikarenakan cirinya yang satu ini, kain lotto dapat dikatakan sangat nyaman digunakan utamanya untuk kegiatan olahraga.

4. Elastis

Telah disinggung diawal bahwa lotto merupakan perpaduan antara serat alami dan sintetis. Adanya serat sintetis inilah yang menyebabkan kain lotto memiliki tingkat elastisitas yang bagus. Umumnya, pakaian berbahan lotto memiliki variasi ukuran yang tidak banyak. Hal ini dikarenakan memang baju lotto mampu menyesuaikan dengan ukuran tubuh (elastis).

5. Terdapat banyak varian warna

Ciri selanjutnya yang dimiliki lotto adalah variasi warna yang sangat beragam. Bahkan pada satu warna dasar pun terdapat tiga warna turunanya.

Misalnya, hijau terdiri dari hijau lumut, hijau fuji, dan hijau tosca. Keberagaman warna ini menjadi ciri sekaligus kelebihan yang dimiliki oleh jenis kain satu ini.

Dari berbagai pakaian olahraga yang anda miliki, punyakah anda pakaian dari kain lotto? Kain lotto memang menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang menyukai outfit olahraga.

Setiap kain memang memiliki kelebihan dan kekurangannya, dan kedua hal tersebut menjadikan kain lotto cocok untuk digunakan sebagai pakaian olahraga anda.

Leave a Reply