Mengenal Lebih Jauh Tentang Bahan Polyester

Bahan polyester adalah jenis bahan yang tidak lagi asing di telinga para fashionista. Selain bahan tersebut, bahan wolfis, bahan crepe, dan juga bahan scuba juga banyak dikenali oleh berbagai kalangan.

Yang unik adalah, bahkan bahan ini tidak hanya sering digunakan untuk berbagai item fashion. Bahan ini juga dapat anda temukan di seprei, bantal, sofa, dan perabotan anda lainnya.

Apa sajakah karateristik, jenis, tips perawatan, dan juga harga dari kain polyester ini? Anda akan segera menemukan jawabannya di artikel berikut!

Mengenal Bahan Polyester

bahan-polyester
kaosmurahjakarta.com

Apa itu bahan polyester? jenis kain ini merupakan bahan sintetis atau buatan manusia melalui proses kimia yang ada. Nama polyester sendiri memiliki arti. Polymer memiliki makna yang berarti plastik dan ester yang artinya adalah percampuran asam karboksilat, alkohol, dan juga minyak bumi.

Jenis kain ini adalah jenis kain yang umum digunakan oleh banyak orang. Biasanya, bahan polyester banyak digunakan untuk berbagai macam pakaian dari mulai gamis, kemeja, dan lain sebagainya.

Selain itu, bahan ini juga digunakan sebagai bahan pembuatan tas, sofa, seprei, selimut, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Bahan Polyster yang Harus Anda Ketahui

bahan polyester
dekoruma

Ada setidaknya tiga jenis dan contoh bahan polyester yang harus anda ketahui. Dari ketiga jenis tersebut, masing-masing memiliki kegunaan dan ciri tersendiri, khususnya di dunia industri. Apa sajakah itu? Penjelasannya antara lain adalah sebagai berikut:

  • PET (Polyethylene Terephthalate)

Jenis bahan polyester satu ini sangat terkenal akan keramahannya dan prosesnya yang cenderung lebih mudah dibandingkan dengan jenis polyester lain. Jenis polyester satu ini terbuat dari perpaduan antara ethylene glycol dan juga tereftalat acid.

Yang menarik dari PET ini adalah, ia tidak hanya digunakan sebagai bahan item fashion saja. PET juga digunakan sebagai bahan untuk membuat botol plastik, botol minuman berkarbonasi, dan lain sebagainya. Jenis bahan polyester satu inilah yang paling banyak diproduksi oleh pabrik.

  • PCDT (Poly-1 4-Cyclohexylene Dimethylene Tereftalat)

Jenis kain polyester selanjutnya adalah PCDT. Ia terbuat dari senyawa kimia yang kompleks jika dibandingkan dengan jenis polyester yang lainnya. Salah satu karakteristik yang dimiliki dari PCDT adalah tingkat keelastisan yang lebih baik.

PCDT umumnya digunakan untuk pembuatan tirai, tutup sofa, dan juga kain pembungkus berbagai furniture lainnya. Hal ini dikarenakan jenis kain PCDT ini memiliki ketebalan serta keelastisan yang bagus. Selain itu, bahan PCDT juga tidak mudah mengalami kesobekan.

  • Benang sintetis

Jenis bahan polyester yang terakhir adalah benang sintetis. Apabila benang tersebut dipintal dengan dipadukan oleh berbagai benang yang lain, maka nantinya akan menghasilkan kain polyester dengan tampilan yang lebih alami dibandingkan dengan jenis PET dan PCDT.

Ciri-ciri dan Karakteristik Bahan Polyester

merawat bahan polyester
ahyanahijab

Setiap bahan kain memiliki ciri dan karakteristik tersendiri yang membedakan antara satu dengan yang lainnya. Berikut adalah ciri dan karakteristik yang dimiliki oleh bahan kain polyester:

  • Serat yang dimiliki cenderung lentur

Kain polyester memiliki serat yang lentur, tetapi tidak mudah mengalami melar. Hal inilah yang menjadikan bahan ini dipilih sebagai bahan untuk pembuatan pakaian karena dapat awet dan tahan lama.

  • Tidak mudah berkerut

Bahan polyester tidak mudah berkerut dan kusut, sehingga sangat mudah untuk dirapikan.

  • Mudah untuk dicuci

Untuk masalah pencucian, anda tidak perlu khawatir karena bahan polyester tidaklah rewel. Ia tahan dengan berbagai bahan kimia sehingga tidak perlu takut pakaian akan rusak terkena deterjen atau dicuci menggunakan mesin cuci.

  • Mudah kering

Bagi anda yang memiliki tas bahan polyester maupun gamis bahan polyester anda tidak perlu takut jika anda harus segera menggunakannya setelah anda mencucinya. Hal ini dikarenakan bahan ini mudah sekali untuk kering.

  • Penyerapan keringat yang buruk

Yang perlu anda ketahui ketika menggunakan kain polyester adalah, ia tidak mudah untuk menyerap keringat. Anda mungkin sebaiknya tidak menggunakannya di musim panas atau dicuaca yang menyebabkan anda mengeluarkan keringat yang berlebih.

  • Dapat menyebabkan iritasi

Selanjutnya, anda juga harus berhati-hati terhadap dampak kain ini kepada kulit anda. Jika anda tidak cocok, maka kulit anda bisa merasakan gatal-gatal dan kemerahan dikarenakan senyawa kimia yang terkandung didalamnya.

  • Gampang terbakar

Jenis bahan satu ini juga mudah untuk terbakar. Oleh karena itu, anda sebaiknya menjauhkannya dari sumber api.

  • Mampu menahan panas

Bahan polyester sangat tepat jika digunakan di musim dingin atau di ruangan yang ber AC. Hal ini dikarenakan sifatnya yang mampu menahan panas, sehingga tubuh anda akan tetap merasa hangat.

  • Anti kuman, jamur, serta bakteri

Kelebihan satu inilah yang menjadikan bahan polyester sering digunakan sebagai bahan untuk sarung bantal, seprei, dan cover sofa. Jenis kain ini bukan tempat yang baik untuk pertumbuhan jamur, bakteri, serta kuman.

Tips Merawat Kain Polyester

merawat bahan polyester
spiritgarment

Setelah mengetahui berbagai ciri dan karakteristik dari bahan tersebut, anda juga harus tahu bagaimana cara untuk merawat polyester sehingga kain yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tipsnya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Jenis polyester mudah terbakar, oleh karena itu berhati-hatilah saat menyetrika jangan sampai terkena lempeng setrika yang over heat.
  2. Hindari penggunaan pemutih, karena dapat merusak bahan tersebut.
  3. Pergunakanlah pelembut pakaian agar pakaian berbahan polyester anda tetap nyaman digunakan
  4. Jika pakaian anda mengandung 100% polyester, maka pencucian menggunakan dry cleaning dianjurkan.
  5. Jika anda mengeringkan pakaian menggunakan mesin pengering, maka sebaiknya anda mensetting pengering anda dengan level panas serendah mungkin untuk menghindari kerusakan pakaian.

Harga Kain Polyester

harga kain polyester
bukalapak

Setelah mengetahui berbagai ciri, jenis, dan juga cara merawat kain polyester, mungkin anda berminat untuk menggunakannya sebagai bahan fashion anda. Lalu bagaimanakah tentang kisaran harga dari bahan tersebut?

[su_quote]Setiap harga kain yang dipatok tentu memiliki indikator tersendiri yang mempengaruhi harganya. [/su_quote]

Mulai dari jenis kain, motif, warna, ketebalan, dan juga toko yang menjual kain tersebut. Di toko A dapat memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga pada toko lainnya.

Jika anda membeli polyester pada tangan pertama atau dropshipper, tentu harga yang anda dapatkan akan lebih murah.

Tetapi, sebagai perkiraan, rentang harga yang dimiliki antara lain mulai dari 38.000 hingga 70.000 per meternya. Harga ini masih terjangkau dan sebanding dengan kualitas yang anda dapatkan dari membeli kain polyester ini.

Dengan segudang kelebihan dan karakteristik yang dimiliki kain jenis polyester ini, wajar jika banyak orang memilih menggunakannya untuk berbagai kebutuhan fashionnya.

Dari segi harga pun sangat terjangkau dan dapat dijangkau oleh berbagai kalangan yang ada. Meskipun demikian, mempelajari cara perawatannya dapat menguntungkan anda agar kain yang anda miliki awet dan tahan lama.

Leave a Reply