mukena bahan rayon

Kerap Digunakan untuk Pakaian, Ini Penjelasan Bahan Rayon

Bahan rayon merupakan salah satu bahan pakaian yang sama sekali tidak asing di telinga setiap orang. Bahan atau kain rayon merupakan salah satu bahan pakaian yang terbuat dari serat yang dihasilkan atas regenerasi selulosa.

Bagi Anda yang asing dengan selulosa, selulosa berasal dari dinding sel tumbuhan.

Apa Itu Bahan Rayon?

Apa itu Bahan-Rayon
gamisjilbabsyari

Rayon bukan hanya terbuat dari dinding tumbuhan, namun juga terbuat dari katun serta pulp kayu yang dilarutkan. Ada dua jenis kain rayon, yakni kain yang seutuhnya merupakan kain rayon alami dan kain rayon yang sepenuhnya sintetis atau buatan.

Rayon merupakan bahan sintetis yang pertama kali dibuat.

Bahan pakaian umumnya merupakan yang terbuat dari dua hal, pertama bahan serat alami dan bahan sintetis atau buatan.

Untuk serat alami murni bahan dasarnya dari tumbuhan dan juga dari hewan, sementara untuk yang sintetis terbuat dari bahan dasar berupa bahan-bahan kimia secara sepenuhnya.

Contoh bahan-bahan kain rayon sebenarnya terbuat dari serat selulosa pulp kayu dengan proses kimiawi yang panjang.

Serat yang digunakan untuk pembuatan rayon asalnya dari polimer organik dan ada sentuhan regenerasi proses kimianya. Rayon merupakan kombinasi serat alami dan juga serat kimiawi.

Ciri-ciri Bahan Rayon

kain Rayon Monochrome
hargajoss

Karakteristik bahan atau bahan rayon sebagai bahan dasar pakaian memiliki tekstur yang berdaya serap tinggi, lembut di kulit, serta lebih menonjolkan warna cerah sebagai daya tarik untuk para pengguna.

Sebagai salah satu bahan yang kerap digunakan untuk pembuatan pakaian, berikut karakteristik rayon:

1. Tidak Mudah Kusut

Rayon merupakan bahan dasar pakaian yang tidak mudah kusut sehingga bukan hanya nyaman dikenakan, namun juga aman secara visual. Keuntungan menggunakan kain rayon sebagai pakaian adalah lebih cepat waktu penyetrikaan karena tidak mudah kusut tadi. Jadi, bisa disetrika cepat saja.

2. Berkilau

Permukaan kain rayon tidak lusuh atau dengan kata lain menyajikan visualisasi yang berkilau. Kilau kain rayon ini terbilang memiliki intensitas yang tinggi sehingga cocok kalau digunakan untuk ragam acara.

3. Tekstur Lembut

Tidak berhenti sampai di sana, karakteristik yang melekat pada kain rayon adalah tekstur yang lembut dan halus saat mengenai kulit. Rayon ini cenderung memiliki permukaan yang licin, mirip sutra, tapi bukan sutra. Ada perbedaan mendetail terkait dua kain tersebut sebagai pembuatan bahan pakaian.

4. Mengandung Kimia

Ciri khas berikutnya dari bahan rayon adalah adanya unsur atau kandungan kimia yang menjadi komposisi kain ini. Ada tiga unsur kimia dalam pembuatan kain rayon ini, yakni oksigen, hidrogen, dan karbon.

5. Daya Serap Tinggi

Sama halnya seperti kain katun, kain yang berbahan dasar rayon juga memiliki daya serap yang tinggi. Daya serap tinggi ini akan membuat pengguna rayon lebih nyaman meskipun udara sedang panas.

6. Mudah Terbakar

Sayangnya, kain rayon tidak rentan terhadap api karena material yang membentuk rayon nyatanya mudah sekali terbakar. Tapi, ini tentu saja bergantung kehati-hatian Anda dalam mengenakan rayon.

7. Retensi Rendah

Terakhir, sebagai bahan pakaian, rayon memiliki retensi yang rendah sehingga ketika cacat, akan sulit dikembalikan ke bentuk semula. Ini kenapa rayon dikatakan mudah sekali atau rentan terbakar api.

Keunggulan dan Kekurangan Bahan Rayon

keunggulan bahan scuba
youtube

Kain rayon yang digunakan sebagai bahan pakaian memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan. Sebelum membahas kekurangan, kita bahas dulu seperti apa kelebihan dari kain rayon untuk pakaian:

1. Murah

Salah satu kelebihan yang melekat pada kain rayon adalah harganya yang terjangkau sehingga ketika diterapkan menjadi pakaian, masyarakat kalangan mana pun bisa memilikinya. Harga yang murah serta kemudahan orang-orang untuk mendapatkan kain rayon di pasaran adalah kombinasi menguntungkan.

2. Variasinya Banyak

Bahan rayon terdiri atas banyak variasi, baik dari segi model dan juga dari segi warnanya. Rayon terdiri atas polyester, rayon jersey, dan juga rayon spandek. Sementara untuk variasi warnanya dominan dengan warna cerah, namun tidak menghalangi warna-warna kalem juga karena kain mudah menyerap.

3. Lembut dan Berdaya Serap Tinggi

Terakhir, kelebihan dari menggunakan rayon sebagai bahan dasar pakaian adalah memiliki daya serap tinggi dan juga lembut.

Permukaan yang lembut akan sangat nyaman ketika dikenakan dan menempel ke kulit, sementara daya serap yang tinggi akan memberikan kesan tidak terlalu gerah saat digunakan.

Dari berbagai kelebihan di atas, rayon juga dibentuk dengan kekurangan yang sudah melekat. Ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan ketika membeli rayon, diantaranya:

4. Mudah Kusut dan Luntur

Hal pertama yang disayangkan dari penggunaan bahan rayon untuk membuat pakaian adalah bahannya mudah kusut dan mudah sekali luntur. Ini kenapa ketika membeli rayon, sebaiknya dicucinya dipisah.

5. Kain Rayon Sangat Tipis

Kain rayon juga termasuk salah satu bahan yang tipis sehingga tidak cocok digunakan saat cuaca dingin atau dikenakan oleh muslimah yang rapat menutup auratnya. Kecuali, menggunakan dalaman lagi.

6. Sulit Diproduksi

Yang menjadi kekurangan selanjutnya dari kain rayon adalah sulitnya bahan ini untuk diproduksi. Sulit, bukan berarti tidak bisa sebab untuk membuat kain satu ini dibutuhkan prosedur keselamatan detail.

Dari berbagai kekurangan serta kelebihan di atas, sampai sekarang rayon tidak lekang waktu menjadi salah satu bahan pakaian yang menarik untuk digunakan.

Kegunaan Bahan Rayon

mukena bahan rayon
instagetter

Ada beberapa jenis produk yang dihasilkan dari bahan rayon, diantaranya kain rayon dimanfaatkan sebagai pembuatan pakaian seperti blus, jaket, daster, gaun. Serta rayon juga bisa digunakan untuk pakaian dalam, syal, pakaian olahraga, kaus kaki, pelapis sepatu, dasi, dan masih banyak lagi lainnya.

Berikutnya, rayon juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai pelapis perabotan rumah tangga, seperti seprei, selimut, pelapis jok, dan dekorasi jendela. Rayon juga bisa dimanfaatkan sebagai produk kesehatan bagi wanita, seperti halnya pembalut, handuk untuk kepentingan semua, dan popok.

Selebihnya, rayon bisa juga dimanfaatkan sebagai pembuatan berbagai produk yang ada di dunia medis.

Tips Merawat Bahan Rayon

kegunaan bahan twiscone
upplier1sthandpgmta.wordpress.com

Sementara itu, sebagai bahan pembuatan pakaian, rayon harus dirawat dengan sebaik-baiknya agar berbagai kekurangan yang sudah disebutkan tidak terjadi.

  1. Perawatan yang pertama harus diperhatikan adalah menggunakan tangan dengan kucekan lembut dan direndam dengan air hangat supaya awet.
  2. Kedua, trik merawat bahan rayon yang tepat untuk selalu awet digunakan adalah penggunaan suhu yang sedang-sedang saja ketika disetrika. Jangan terlalu menggunakan suhu yang panas karena akan merusak tekstur kain bahkan bisa-bisa sampai sobek. Kain rayon juga sebaiknya disimpan di lemari dengan benar.
  3. Penyimpanan kain rayon yang notabene mudah kusut, sebaiknya digantung, jangan dilipat. Karena kalau dilipat nanti lipatan kain akan semakin banyak dan otomatis kain akan terlihat lebih rentan kusut lagi.

Masih banyak sekali informasi terkait kain rayon yang digunakan sebagai bahan dasar pakaian. Anda bisa mencari tahunya sendiri seiring dengan mencari tahu seperti apa bahan taslan, bahan kanvas, dan bahan viscose yang juga digunakan untuk pembuatan pakaian.

Leave a Reply