bahan scuba

Macam-Macam Bahan Scuba Beserta Harganya

Ada berbagai macam jenis bahan yang ada di pasaran. Mulai dari bahan wolfis hingga bahan scuba. Tahukah anda tentang jenis-jenis kain yang ada? Salah satu jenis kain populer yakni kain scuba.

Kain yang memiliki nama lain neoprene ini seringkali dipilih oleh para desainer untuk membuat berbagai macam item fashion karena kelebihan dan karakteristik yang dimilikinya.

Apakah anda tahu bagaimana ciri, kelebihan, kekurangan, dan juga harganya di pasaran? Jika belum, maka anda akan segera mengetahuinya.

Mengenal Bahan Scuba

mengenal bahan scuba
spiritgarment

Bahan scuba adalah kain yang terkenal dengan nama neoprene. Jenis kain ini memiliki serat yang halus dan juga lembut. Tiap jenis kain umumnya memiliki mayoritas penggunaannya.

Jika bahan polyester banyak digunakan sebagai selimut, maka bahan scuba biasanya dibuat untuk pakaian olahraga.

Kain scuba terkenal juga dengan sifatnya yang resistan terhadap air. Hal ini dikarenakan tingkat elastisitas yang dimiliki oleh jenis kain satu ini cukup fleksibel.

Karakteristik dan Ciri-ciri Bahan Scuba

bahan scuba
mizutex

Mungkin anda bertanya-tanya, bahan scuba seperti apa yang banyak dibicarakan oleh orang-orang sebagai kain dengan kualitas bagus? bagaimanakah ciri-cirinya? Jawabannya adalah sebagai berikut:

  • Bahan scuba lumayan tebal

Ciri pertama yang dimiliki oleh bahan scuba adalah kainnya yang lumayan tebal. Kain scuba umumnya mempunyai tingkat ketebalan dari 1 hingga 3 mm. Meskipun begitu, tingkat ketebalan yang dimiliki tergantung oleh pabrik yang memproduksinya.

  • Daya tahan terhadap air yang tinggi

Karakteristik selanjutnya yang dimiliki oleh bahan scuba adalah ketahanannya terhadap air yang cukup tinggi, hal ini dikarenakan ia memiliki tingkat elastisitas yang sangat fleksibel.

  • Tekstur kain yang dimiliki halus

Ciri selanjutnya yang dimiliki oleh bahan scuba adalah teksturnya yang halus. Dengan tekstur yang halus ini anda akan sangat nyaman mengenakannya untuk aktivitas sehari-hari.

Kelebihan Kain Scuba

keunggulan bahan scuba
youtube

Setiap jenis kain selalu memiliki kelebihan dan kekurangan yang menyertainya. Mau itu jenis bahan twistcone ataupun scuba, masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri.

Lalu apa sajakah kelebihan yang dimiliki oleh kain scuba? Antara lain adalah sebagai berikut:

  • Tidak mudah sobek

Kain scuba umumya memiliki sifat yang kuat, sehingga dapat dikatakan tidak akan mudah untuk sobek. Sifat ini tentunya sangat menguntungkan jika dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, misalnya ia digunakan sebagai bahan pembuatan peralatan medis seperti kawart gigi neoprene.

  • Tahan pada cuaca ekstrem

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh kain scuba adalah ketahanannya terhadap cuaca ekstrem. Hal ini dikarenakan kain ini memiliki elastisitas yang cukup tinggi, fleksibel, serta tebal.

  • Tekstur kain yang halus dan lembut

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh scuba adalah teksturnya yang lembut serta halus. Tekstur kain yang seperti itu sangat nyaman digunakan sehingga tidak mengherankan banyak baju bahan scuba yang dipilih oleh banyak orang.

  • Tidak mudah kusut

Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki oleh bahan scuba adalah sifatnya yang tidak mudah kusut. Dengan begini, anda tidak perlu takut terlihat lusuh atau kurang rapi jika menggunakan jenis bahan ini untuk kegiatan yang cukup lama.

  • Elegan

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh kain scuba adalah ketika anda menggunakannya, akan tampak elegan dan cantik. Inilah alasan mengapa jenis kain yang satu ini sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai dress, gamis, blouse, dan item fashion favorite wanita lainnya.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh bahan scuba. Meskipun begitu, selalu ada kelemahan yang menyertainya.

Kekurangan Bahan Scuba

kelebihan bahan scuba
mefahlan

Dengan mengetahui kelemahan yang dimilikinya, maka anda dapat menyiasatinya atau mengatasinya sehingga pakaian yang anda gunakan tetap nyaman digunakan dan sesuai dengan berbagai situasi dan kondisi yang anda mau. Kekurangan scuba antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sedikit panas saat digunakan

Jika anda menggunakan pakaian berbahan scuba, anda akan sedikit merasa kepanasan. Meskipun begitu, bahan scuba masih memiliki kemampuan menyerap keringat meskipun tidak sebaik kain katun.

  • Mudah melar

Kain scuba memang mempunyai tingkat elastisitas yang tinggi, inilah yang menjadikannya rentan mengalami melar. Jika anda terlalu sering menggunakannya atau ukuran tubuh anda berubah dari seiring waktu, maka pakaian berbahan scuba anda dapat mengalami kemelaran yang menyebabkan tampilannya tidak secantik saat membeli baru.

Daftar Harga Kain Scuba di Pasaran yang Wajib Anda Ketahui

harga kain polyester
bukalapak

Setelah mengerti karakteristik, keunggulan dan kelemahannya, mungkin anda berminat untuk membeli dan memilikinya. Ketika anda ingin membeli, wajar jika anda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu harganya.

Hal ini bisa menjadi patokan bagi anda untuk menyiapkan dana untuk membelinya. Berikut adalah kisaran harga contoh bahan scuba yang harus anda ketahui:

  1. Jenis bahan scuba motif bunga : Rp. 65.000,00
  2. Jenis bahan scuba motif yang digunakan untuk gaun : Rp. 60.000,00
  3. Kain scuba polos tanpa motif: Rp. 45.000,00
  4. Kain scuba untuk bahan pembuatan rok dll Rp. 65.000,00
  5. Scuba bubble skirt: Rp. 38.000,00
  6. Blouse scuba motif; Rp. 46.000,00
  7. Scuba motif untuk pembuatan kulot panjang ; Rp. 72.000,00
  8. Blouse scuba motif kotak: Rp 46.000,00
  9. gamis dari scuba: Rp. 185.000,00

Harga yang ada tersebut sifatnya bukanlah hal yang mutlak, dan dapat berganti sesuai dengan kebijakan toko, biaya operasional pabrik dari waktu kewaktu, daerah, dan faktor lainnya.

Tetapi, setidaknya dengan harga tersebut anda dapat memperkirakan seberapa besar uang yang harus anda keluarkan untuk membeli kain scuba yang anda inginkan.

Jenis-jenis Kain Scuba yang Harus Anda Ketahui

jenis bahan scuba
bukalapak

Ada beberapa jenis kain scuba yang ada dipasaran. Apasajakah itu? Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kain katun scuba

Jenis scuba satu ini dapat dikatakan sebagai jenis kain yang paling dingin jika dibandingkan dengan jenis kain yang lainnya. Memiliki daya serap yang tinggi dan juga tekstur yang halus adalah ciri dari katun scuba.

2. Scuba linen

Jenis scuba satu ini memang serupa dengan katun scuba. Yang membedakan adalah, scuba linen memiliki serat yang sangat kuat jika dibandingkan dengan jenis kain katun scuba. Scuba linen memiliki sifat yang dingin, halus, dan juga memiliki kemampuan untuk menyerap air.

3. Kain scuba wool

Jenis kain yang satu ini dapat dikatakan jenis kain yang terlihat mewah dan elegan. Sifatnya mudah menyerap air dan bahannya lumayan tebal. Jika anda memiliki kain scuba wool, sebaiknya berhati-hati dalam mencuci karena jika salah teknik maka kain anda akan mudah menyusut.

Dengan segala kelebihan dan karakteristik yang dimiliki oleh kain scuba, maka tidak mengherankan jika kain ini banyak dipilih oleh perancang busana sebagai dasar pembuatan item fashionnya.

Meskipun ia memiliki beberapa kelemahan, hal tersebut dapat diatasi dan tidak mengalahkan atas kelebihan yang dimilikinya. Semoga informasi yang tersedia di artikel ini dapat memberikan anda manfaat yang anda butuhkan!

Leave a Reply