bahan spandek

Mendukung Fashion, Ini Informasi Tentang Bahan Spandek

Bahan spandek merupakan salah satu jenis bahan yang digunakan untuk berbagai macam pakaian. Spandek memiliki penamaan lain yang disebut juga sebagai elastane dengan kelebihan umum berupa jenis kain yang mudah sekali merenggang atau dengan kata lain bahan kain ini termasuk elastis.

Mengenal Bahan Spandek

bahan spandek
salingamanah

Kain spandek ini merupakan kain yang permukaannya halus dan juga lembut, ini juga yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang menyukai menggunakan bahan dasar spandek untuk pakaiannya.

Seimbang dengan banyaknya orang mencari bahan pakaian spandek, banyak juga toko penyedianya.

Sudah dikatakan bahwa spandek ini kerap juga disebut sebagai elastane atau bahan yang elastis. Spandek terbuat dari bahan sintetis atau bukan bahan alam seperti beberapa jenis kain lainnya.

Jika mau membandingkannya dengan bahan rubber, elastane atau spandek elastisitasnya lebih baik.

Karena bahannya terbuat dari bahan sintetis, maka ada komposisi bahan yang membentuk spandek, yakni polimer dengan kandungan polyurethane atau kain yang memiliki kelenturan maksimal. Anda akan terkejut ketika mengetahui tingkat kelenturan kain spandek ini bisa mencapai 5 kali lipatnya.

Macam-Macam Kain Spandek

jenis bahan spandek
grosirkainkiloan

Spandek terdiri atas beberapa jenis bahan atau kain yang diantaranya:

  • Kain nylon spandek
  • Katun spandek
  • Rayon spandek
  • Polyester spandek
  • Stretch denim.

Masing-masing bahan memiliki kriterianya tersendiri. Diantaranya perbedaan ukuran ketebalan dan juga variasi harga yang ditawarkan.

Contoh pertama adalah nylon spandek yang lebih sering digunakan untuk bahan pembuatan pakaian olahraga, seperti pakaian renang.

Kedua ada katun spandek yang menghasilkan produk berupa tank top, legging, sampai pakaian untuk kepentingan yoga dan tentunya untuk membuat kaos santai.

Berikutnya yang digunakan untuk dress dari kain spandek adalah kebanyakan jenis polyester spandek.

Ada lagi yang terakhir itu stretch denim yang kainnya menyerupai jeans, namun elastisitasnya jauh lebih baik dari jeans. Bahan denim ini biasanya diaplikasikan untuk pembuatan bawahan, seperti legging.

Kelebihan Bahan Spandek

kegunaan bahan twiscone
upplier1sthandpgmta.wordpress.com

Dari berbagai informasi umum di atas terkait pakaian dari kain spandek, ada berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Untuk lebih jelasnya, berbagai kelebihan tersebut terangkum dalam beberapa poin pembahasan di bawah ini:

1. Variasinya Banyak

Kain spandek adalah salah satu jenis kain yang menawarkan ragam variasi untuk pembuatan pakaian.

Sekurang-kurangnya ada 9 jenis bahan kain spandek yang bisa didapatkan di pasaran, diantaranya rayon spandek, spandek jersey, spandek denim, spandek korea, polyester spandek, dan lain sebagainya.

2. Ringan

Kain spandek memiliki permukaan yang ringan sehingga akan nyaman ketika dikenakan di tubuh. Bahan yang ringan tidak akan membatasi ruang gerak sehingga cocok untuk dikenakan oleh pribadi yang aktif dan sering bergerak.

Sifatnya yang regang juga semakin menegaskan keleluasaan dalam bergerak.

3. Tahan Panas dan Minyak

Bahan dari kain spandek ini terbilang tahan lama karena meskipun terkena paparan minyak serta sinar matahari, bahan akan tetap awet.

Tidak rentan rusak sehingga kain spandek memberikan umur yang lebih panjang untuk dikenakan, apalagi kalau Anda merawatnya dengan telaten dan dengan tepat.

4. Elastis

Sebagai salah satu bahan pembuatan pakaian, kain spandek ini memiliki kelebihan berupa permukaan kain yang elastis, bisa disesuaikan dengan bentuk tubuh.

Berapa pun bobot tubuh Anda selama kainnya bisa melar itu artinya baju tidak akan mudah rusak. Konon, spandek bisa melar sampai 5 kali lipatnya.

5. Lembut

Spandek juga memiliki permukaan kain yang lembut sehingga mendukung sifat lentur yang mudah disesuaikan dengan bentuk tubuh. Ketika dicuci dan disetrika, kain spandek ini cenderung mudah kembali ke bentuk asalnya atau tidak gampang berkerut sehingga memudahkan proses penyetrikaan.

Kekurangan Bahan Spandek

potongan bahan wolfis
shanehijab

Bukan hanya hadir dengan berbagai kelebihannya, kain spandek juga dilengkapi dengan kekurangan sebagai pembanding. Informasi lebih detail terkait berbagai kekurangan dari kain spandek ini bisa dilihat dari poin berikut pembahasan di bawah ini:

1. Tidak Cocok untuk Olahraga

Untuk Anda yang suka berolahraga, sayangnya kain spandek tidak diperuntukkan ketika olahraga dilakukan karena bahannya memiliki karakteristik yang agak buruk dalam penyerapan keringat.

Kalau mau menggunakan spandek untuk baju olahraga, harus ada kombinasi bahan pakaian lainnya dulu.

2. Daya Serap Buruk

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, daya serap keringat dari kain spandek ini kurang baik sehingga kurang cocok kalau digunakan untuk bahan dasar pakaian olahraga.

Salah-salah bukannya berolahraga dengan tenang, Anda malah akan merasa kegerahan karena baju berbahan dasar spandek.

3. Mudah Infeksi Ragi

Daya serap yang kurang baik akan membuat kain spandek sebagai pakaian ini mudah sekali diserang bau tidak sedap. Belum lagi ancaman infeksi ragi yang bisa terjadi kapan saja kalau Anda memaksakannya sebagai atribut olahraga. Hal ini membuat kepercayaan diri Anda tentunya menurun.

4. Licin

Permukaan yang licin menjadi salah satu alasan kenapa kain spandek tidak cocok digunakan sebagai bahan dasar pembuatan baju olahraga. Bukan hanya itu, serat kain yang licin juga dapat menimbulkan bahaya ketika seseorang dengan pakaian spandek berada di tempat-tempat tertentu.

5. Sensitif Suhu Tinggi

Berbagai suhu panas yang ditimbulkan dari perendaman dengan air panas, suhu panas berlebih ketika dijemur, sampai dengan penyetrikaan yang terlalu panas akan merusak permukaan kain spandek.

Suhu panas yang ditimbulkan dari proses penyetrikaan juga bisa mendatangkan kerutan jika panasnya terlalu.

Ciri-ciri Kain Spandek

bahan spandek denim
youtube

Kain spandek memiliki berbagai ciri-ciri atau karakteristik kain yang jika dijabarkan menjadi beberapa poin, sebagai berikut:

  1. Tipis
  2. Awet
  3. Kuat
  4. Elastis.

Spandek ini memiliki jenis kain yang cenderung tipis. Ini kenapa ketika berolahraga tidak disarankan menggunakan kain spandek karena bahan yang tipis tidak akan bagus di badan ketika Anda sedang berkeringat deras.

Tapi, jangan salah karena jika dibandingkan dengan bahan katun, spandek ini memiliki karakteristik yang lebih awet dan juga kuat.

Jadi, meskipun tidak begitu bagus untuk dijadikan kain pembuatan baju olahraga, namun bila digunakan untuk kaos santai saja jenis kain ini masih difavoritkan banyak orang.

Spandek merupakan salah satu jenis kain yang memiliki tingkat polyurethane tinggi sehingga mudah menimbulkan rasa panas kepada pengguna.

Bukan hanya itu, kandungan polyurethane tersebut juga membuat pemakaian kaos berbahan dasar spandek lebih ketat kalau ukurannya pas di badan Anda.

Permukaan kain spandek memiliki jenis yang berkilau, meskipun tidak semua jenis kainnya demikian.

Spandek memiliki sifat kain yang elastis sehingga berulang kali dikatakan kelenturannya bisa mencapai 500% dari ukuran utama. Spandek juga nyaman digunakan dalam kesempatan yang tepat sasaran.

Memang spandek ini memiliki kelenturan sampai 500% besarnya, namun spandek memiliki karakteristik kain yang mudah sekali kembali ke bentuk awal.

Jadi, bisa dikatakan bahannya awet meskipun Anda sudah menarik-narik kain ini. Cocok dimiliki untuk jangka waktu yang panjang dengan perawatan tepat.

Bukan hanya spandek yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar pakaian, lainnya ada juga bahan taslan, bahan kanvas, dan bahan linen yang memiliki karakteristik berbeda-beda.

Leave a Reply