bahan suede

Perbedaan Bahan Suede dengan Taslan

Bahan suede merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatan sepatu, baik untuk wanita, pria, dan juga anak-anak. Suede adalah bahan kulit yang melalui proses olahan hingga menjadi sepatu dan menghasilkan permukaan sangat lembut.

[su_quote]Suede tidak hanya diterapkan sebagai pembuatan sepatu.[/su_quote]

Ada beberapa benda yang menggunakan bahan ini, seperti pakaian, kemeja, sepatu, dompet, dan juga beragam furnitur lainnya.

Jika merunut sejarahnya, suede berasal dari bahasa Perancis, yakni Gants de Suede yang memiliki makna sarung tangan dari Swedia. Suede biasanya berasal dari sebuah kulit hewan.

Karakteristik Bahan Suede

sepatu bahan suede
pikdo.net

Banyak orang dengan sekilas mata menganggap bahwa sepatu bahan suede sama dengan atribut yang berbahan dasar beludru. Jika dilihat secara selintas memang akan menghasilkan kesan visual yang seragam, namun tidak demikian ketika kita menelisiknya lebih jauh tentang kedua jenis bahan ini.

Keduanya, baik kain suede ataupun kain beludru memang terbuat dari bahan yang sama-sama menghasilkan visual dan tekstur lembut.

Suede terbuat dari bahan dasar kulit hewan sapi yang diproses melalui metode khusus, tidak biasa, sehingga akan berpengaruh kepada kisaran harganya kemudian.

Sebenarnya bukan hanya terbuat dari kain berbahan kulit sapi, namun bisa juga terbuat dari bahan-bahan kulit domba, rusa, dan juga kambing.

Kalau mau membandingkan dengan kain beludru, jelas berbeda karena kain beludru sama sekali tidak terbuat dari hewan, namun terbuat dari kain sintetis.

Tidak heran kalau kain suede ini kerap disamakan dengan kain beludru karena tekstur permukaannya tipis sekali perbedaannya.

Hanya saja kalau ada proses pembakaran, sepatu yang terbuat dari suede konon lebih awet dibandingkan sepatu atau fashion lainnya yang terbuat dari bahan dasar beludru.

Ada alasan tersendiri kenapa bahan ini cocok digunakan sebagai bahan dasar sepatu, hal ini karena kain yang digunakan dari hewan ini merupakan kulit terdekat dengan daging.

Ini kenapa ketika menggunakan sepatu suede, pengguna akan merasa lebih nyaman karena memang cocok dilekatkan pada kulit kaki.

Suede terbuat dari kain yang sangat lembut dan lentur serta juga mampu menyerap panas dengan baik.

Penyerapan panas yang baik ini diperlukan sebagai bahan dasar sepatu demi menghindari berbagai macam bau. Ketika kaki berkeringat, tentu rasanya tidak nyaman. Nahas keringat itu bisa buat sepatu bau.

Perbedaan Bahan Suede dengan Taslan

perbedaan bahan suede dan taslan
multiadhyaflock

Jika dibandingkan dengan bahan taslan, kain suede tentu memiliki perbedaan tersendiri.

Kalau kain suede dipergunakan untuk bahan dasar pembuatan sepatu, biasanya kain taslan justru banyak dipergunakan sebagai bahan pembuatan jaket yang anti air dan anti angin.

Perbedaan kedua yang nampak jelas dari kedua jenis bahan tersebut adalah apabila kain suede terbuat dari serat hewan, kain taslan justru terbuat dari bahan dasar sintetis atau buatan.

Kain suede biasanya dipergunakan untuk fashion wanita, sementara taslan lebih cocok digunakan sebagai fashion pria.

Suede terbilang cocok digunakan untuk fashion wanita karena beberapa produk yang bisa dihasilkan oleh bahan ini adalah celana panjang atau trousers.

Kemudian juga suede biasa dimanfaatkan untuk bahan pembuatan kaos, bisa juga digunakan untuk pembuatan jaket, dan untuk pembuatan long outer.

Lain dengan taslan yang lebih cocok digunakan sebagai bahan dasar jaket di luar ruangan karena mampu menahan air, api, serta angin.

Taslan merupakan bahan yang cocok diterapkan pada beberapa seragam para pengemudi kendaraan bermotor di jalan raya. Taslan adalah bahan yang bagus untuk menjaga suhu tubuh.

Karena bahan dasar sepatu suede terbilang mudah kotor, tapi elegan, sehingga untuk penggunaannya tidak cocok kalau digunakan di ruangan terbuka.

Lain hal dengan kain taslan yang didapuk lebih cocok digunakan di luar ruangan karena saat panas tidak kepanasan dan saat hujan tidak akan kebasahan.

Keunggulan Kain Suede

keunggulan bahan suede
dekoruma

Seperti yang sudah disebutkan dari ciri-cirinya di atas, ia memiliki beragam kelebihan. Jika dilihat satu per satu berdasarkan poin pembahasannya maka akan ditemui beberapa hal di bawah ini:

  • Adem

Suede dirancang sebagai bahan yang tahan terhadap cuaca panas dan dapat melindungi kulit kaki supaya tidak merasa kegerahan. Suede terbuat dari serat kulit hewan yang dibuat dengan proses berteknologi khusus. Suede bisa menyerap cairan dengan bagus, itu sebabnya kaki tidak akan panas.

Tidak terbayang kalau kaki mudah panas sehingga otomatis keringat pun akan tersalur dengan riuh ke sepatu. Kalau sudah sepatunya basah karena keringat, tentu saja berbagai bau tidak sedap akan mengganggu. Sampai sini, Anda juga tidak akan nyaman menggunakan sepatu sebagai fashion.

  • Murah

Kedua, keuntungan atau kelebihan menggunakan suede sebagai bahan dasar sepatu adalah harganya yang terbilang murah jika dibandingkan dengan bahan sepatu lain. Telah melalui proses yang berteknologi khusus serta memberikan kualitas yang bagus, tidak heran kalau suede banyak diminati.

  • Awet

Suede sebagai bahan dasar pembuatan sepatu memiliki daya tahan yang awet atau tahan lama ketika Anda merawatnya dengan baik. Penggunaan sepatu yang berbahan dasar suede ini didapuk bisa tahan sampai 5 tahun lamanya. Ada perawatan khusus, mulai dari lap sampai semir sepatu untuk suede.

Kekurangan Kain Suede

kekurangan bahan suede
youtube

Bukan hanya memiliki kelebihan, suede juga tidak dapat dimungkiri memiliki beberapa jenis kelemahan. Sebagai perbandingan, di bawah ini merupakan beberapa poin sekaligus pembahasan terkait apa saja kelemahan dari bahan dasar suede untuk pembuatan sepatu:

  • Mudah Kotor

Dari berbagai kelebihan di atas, sayangnya sepatu dari suede memiliki kekurangan mudah kotor ketika terkena berbagai noda. Tidak heran kalau Anda memiliki sepatu dari suede, segala noda memang mudah menempel kalau tidak segera dibersihkan dengan benar. Suede tidak awet kalau perawatannya salah.

Suede sebenarnya akan awet kalau perawatannya benar, seperti menggunakan semir sepatu khusus suede dan tidak menyikat sepatu dengan sikat yang baisanya digunakan untuk menyemir sepatu biasa. Seberapa awet sebuah barang, termasuk sepatu kembali lagi ke bagaimana perawatan pemiliknya.

  • Tipis

Jika dibandingkan dengan bahan dasar sepatu lainnya, suede merupakan salah satu jenis bahan yang tipis. Sedari proses pembuatan, saking tipisnya bahan dasar sepatu ini dibutuhkan keterampilan khusus untuk mendapatkan sepatu yang berkualitas. Ditambah lagi peranan penting Anda ketika merawatnya.

  • Sulit Dicari

Terakhir yang juga disayangkan dari penggunaan suede yang asli sebagai bahan dasar pembuatan sepatu adalah lebih sulit dicari dibandingkan bahan suede buatan atau sintetis.

Tidak akan bermasalah jika Anda tidak begitu ngotot untuk mendapatkan sepatu yang disematkan oleh bahan dasar suede asli.

Dari beragam informasi menarik terkait sepatu suede di atas, tentu Anda sudah bisa mengetahui apa saja karakteristik sampai dengan kekurangan dan kelebihan sepatu satu ini.

Suede hanyalah satu dari sekian sepatu yang disemati oleh berbagai bahan dasar, seperti kain denim dan juga bahan hyget.

Leave a Reply