Jenis Bahan Taslan dan Kegunaannya

Bahan taslan adalah bahan utama untuk pembuatan jaket yang memiliki keunggulan tahan terhadap air atau memiliki keunggulan waterproof.

Bahan-bahan pembuatan jaket di luar ruangan, seperti taslan, polyester, dan juga nylon bersifat hidropobik atau menolak air karena bahannya dari kimia sintetis.

Material taslan merupakan bahan dasar pembuatan jaket modern yang dikembangkan atas dasar adanya perkembangan teknologi.

Material taslan ini terbuat dari bahan yang khusus serta melalui proses pembuatan yang khusus. Untuk informasi detail terkait material taslan, berikut penjelasan rincinya.

Mengenal Bahan Taslan

 bahan taslan
kaos kerah

Material taslan merupakan bahan dasar pembuatan pakaian yang diproduksi dengan teknologi khusus.

Kain ini pada dasarnya terbuat dari jalinan serat kain polyester yang memiliki karakteristik kuat dan awet untuk digunakan dalam jangka waktu panjang. Kain ini juga didapuk bagus dalam penyerapan keringat.

Bukan hanya dilapisi dengan bahan polyester, material taslan juga dilapisi substansi khusus bernama nuva yang mirip bahan teflon dan pastinya anti air.

Jadi, ketika dikenakan di kala musim hujan pun, material taslan ini memberikan perlindungan terhadap kulit karena tidak meresap air ke dalam tubuh.

Sederhananya kain anti air taslan tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai pakaian di musim kemarau karena bisa menyerap keringat dengan baik, namun juga bisa digunakan untuk musim penghujan.

Ketika musim hujan datang, tubuh akan senantiasa terlindungi dari air asalkan Anda melapisi diri dengan jaket.

Kelebihan Bahan Taslan

kain taslan anti air
urifahblogspot

Material taslan memiliki ragam kelebihan yang tidak hanya anti air dan dan anti api serta anti angin, namun juga detail kelebihan lainnya.

Kelebihan material taslan untuk pembuatan pakaian diantaranya sebagai berikut:

  1. Bisa memasukkan bahan pakaian apa pun sebagai komposisi pembuatan jaket modern masa kini.
  2. Keunggulan kedua dari pemanfaatan material taslan untuk pakaian adalah pengguna tidak akan merasa basah kulitnya ketika memakai pakaian taslan. Hal ini karena pakaian bermaterial taslan terbuat dari bahan anti air. Jangan salah, material taslan juga otomatis anti jamur karena tak terancam lembab.
  3. Kemudian kelebihan lainnya dari material parasut taslan yang biasanya digunakan untuk pembuatan jaket adalah mudah kering ketika dijemur.
  4. Dibandingkan dengan kain katun, bahan pakaian dari material taslan ini lebih membantu ibu-ibu yang bersegera menyiapkan pakaian untuk anak atau suaminya.

Kekurangan Bahan Taslan

bahan polyester
dekoruma

Di samping berbagai kelebihan di atas, tentu juga ada kekurangan yang melekat pada jenis kain satu ini.

  1. Kekurangan yang pertama adalah tidak semua bahan pakaian taslan memberikan kualitas yang sama. Ini kenapa ketika membeli pakaian tersebut, Anda wajib tahu dan paham bagaimana cara memeriksanya.
  2. Kedua, ada perbedaan tipis sekali antara bahan pakaian taslan dengan bahan lainnya yang sejenis kain parasut lainnya. Ini fungsinya Anda harus mempelajari betul seperti apa karakteristik material taslan untuk bahan dasar pembuatan pakaian. Sebab material taslan yang baik tidak akan terasa tidak nyaman.
  3. Terakhir, kekurangan yang juga mesti diperhatikan adalah rentan terhadap benda tajam bila Anda tidak hati-hati menyimpannya. Amat sayang jika pakaian yang terbuat dari bahan atau material taslan ini tidak awet, padahal bisa saja bertahan lama asalkan Anda merawatnya dengan cara-cara yang tepat akurat.

Jenis Kain Taslan

jenis kain taslan
pesanjaketonline

Seperti bahan lainnya, kain yang satu ini juga memiliki beragam jenis yang bisa menjadi referensi untuk anda. Berikut macam-macam kain taslan:

  1. Kain Taslan Milky
  2. Kain Taslan Salur
  3. Kain Taslan Coating Bening
  4. Kain Taslan Latex
  5. Kain Taslan Parasut
  6. Kain Taslan Balon.

Olahan dari Kain Taslan

 jaket bahan taslan
jaketmotormurah

Sebagai salah satu jenis kain premium dan pencapaian dari nanoteknologi, kain taslan sangat berguna bagi kehidupan manusia. Karakternya yang anti air dan angin, banyak sekali item produk yang diproduksi menggunakan kain ini diantaranya:

  1. Jaket
  2. Celana
  3. Cover Mobil dan Motor
  4. Jas Hujan
  5. Tenda
  6. Beanbag
  7. Tas.

Selain itu masih banyak lagi produk yang berbahan dasar kain taslan tanpa anda sadari.

Karakteristik dan Ciri-ciri Kain Taslan

bahan taslan
spiritgarment

Material taslan yang digunakan sebagai bahan dasar pakaian memiliki ragam karakteristik bahan. Dan jika diuraikan dalam bentuk poin serta pembahasan, maka akan didapati karakteristik seperti di bawah ini:

1. Material Taslan Anti Air

Material yang terbuat dari taslan akan memberikan kelebihan berupa sifat anti air, tapi material taslan sendiri ada berbagai jenis.

Artinya, tidak semua jenis taslan yang digunakan untuk pembuatan pakaian memberikan ketahanan terhadap air yang sama. Ada yang kuat menahan air ada juga yang sementara.

Bahan dari taslan yang kuat menahan air biasanya akan menimbulkan bulir air di bagian permukaan pakaian.

Untuk memeriksa seberapa bagus kualitas kain dari taslan yang akan Anda beli sebagai bahan utama pembuatan pakaian, bisa lebih dulu memeriksa dengan sesederhana memercikkan air ke bahan.

Bukan hanya anti air, namun bahan parasut taslan yang biasanya digunakan untuk pakaian juga dilengkapi dengan material anti air.

Salah satu material yang membuat bahan pakaian taslan ini anti api adalah penerapan phosphorylated chitosan atau PCS untuk melapisi bagian luar dari bahan pakaian itu.

2. Material Taslan Anti Angin

Kedua, karakteristik bahan pakaian taslan juga anti angin atau tahan terhadap serangan angin berlebih ke dalam tubuh. Dengan material yang mendukung, jaket yang terbuat dari material taslan akan sangat cocok digunakan oleh para pengendara motor. Terlebih lagi jika digunakan oleh para pengendara ojek.

Jaket kain taslan dirancang dengan ketahanan terhadap angin sebagai tujuan untuk mempertahankan suhu tubuh pengguna.

Taslan yang digunakan untuk menahan air dan menahan angin adalah dua produk yang berbeda. Di mana kalau dicari di pasaran, konon taslan anti angin ini lebih tinggi harganya.

Dari dua karakteristik di atas, Anda bisa menilai seberapa bagus kualitas kain atau material taslan untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jaket. Terutama untuk kepentingan para pengendara ojek.

Tips Merawat Kain Taslan

bahan taslan
dekoruma

Bicara tentang cara merawat pakaian dari material taslan, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan, yakni:

1. Tempat yang Pas untuk Merendam Pakaian

Kalau bisa, jangan menggunakan mesin cuci ketika merawat jaket ini. Sebaiknya Anda menggunakan cara mencuci manual dengan memerhatikan tempat yang tepat dan pas untuk menampung keseluruhan permukaan jaket. Tambahkan liquid yang lembut supaya tidak merusak material taslan jaket tersebut.

2. Waktu Perendaman yang Tepat

Pemilihan waktu perendaman yang tepat juga menjadi hal yang harus diperhatikan oleh Anda. Sebagai referensi, kalau mau merendam pakaian bermaterial taslan gunakan waktu kurang lebih 30-60 menit.

3. Gunakan Tangan Saat Mencuci

Tidak perlu mengucek dengan ekstrem apalagi sampai menggunakan sikat jika memang tidak perlu. Jika pun ada noda yang tertinggal, aplikasikan sikat secara lembut untuk menghilangkan noda tersebut.

4. Bilas Bersih

Untuk teknik pembilasan ini tidak jauh berbeda ketika Anda membilas pakaian saat mencuci manual.

5. Peras dengan Benar

Teknik peras pakaian yang benar dari kain taslan adalah dengan meremas atau menekannya saja. Jangan sekali-kali dipelintir supaya air segera menghilang karena bisa merusak material taslannya.

6. Keringkan dengan Benar

Cara yang benar untuk mengeringkan material taslan sebagai bahan dasar pakaian adalah dengan tidak menjemurnya di luar ruangan, cukup angin-anginkan saja sampai dengan pakaian benar-benar kering.

7. Setrika dengan Benar

Terakhir, sebaiknya menyetrika pakaian bermaterial taslan dengan pelapis atau dengan kata lain tidak langsung mengenai permukaan setrika ke permukaan pakaian.

Bahan pakaian taslan baru salah satu dari sekian jenis bahan, seperti bahan linen, bahan suede, bahan rayon, dan bahan jersey yang juga digunakan untuk pembuatan pakaian dengan berbagai keunggulannya masing-masing.

Anda juga dapat membaca artikel seputar pramuka di web scoutles.com.

Leave a Reply