mukena bahan rayon

Karakteristik Serta Keunggulan dan Kekurangan Bahan Viscose

Bahan viscose merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatan berbagai jenis pakaian. Viscose atau viskosa merupakan salah satu bahan pembuatan pakaian yang lebih dikenal sebagai bahan rayon.

Viscose ini termasuk ke dalam salah satu bahan semi sintetis yang diproduksi seperti katun.

Karakteristik Bahan Viscose

bahan viscose
kompasiana

Viscose atau bahan rayon merupakan serat generik yang terdiri atas dua hasil, yakni benang atau kain.

Ada beberapa karakteristik yang melekat pada kain viscose atau kain rayon ini, diantaranya ramah lingkungan. Viscose hadir dengan penawaran yang menarik karena ramah terhadap lingkungan sekitar.

Ada alasan kenapa kain viscose ini ramah lingkungan karena ketika kain sudah tidak lagi fungsional sebagai pakaian, dengan sendirinya akan lebih cepat terurai.

Jika kain lainnya membutuhkan waktu lebih lama supaya bisa terurai sempurna, viscose hanya membutuhkan waktu kurang dari dua tahun saja.

Viscose yang konon baru pertama kali diperkenalkan di Amerika tahun 1910 ini hadir dengan jenis kain yang lembut dan terasa sejuk di kulit.

Bahan yang lembut akan terasa nyaman di kulit dan juga niscaya kulit tidak akan merasa kepanasan karena kain viscose ini memiliki jenis permukaan kain yang lembut.

Bagi para penyuka warna-warna kalem, pemilihan kain viscose ini adalah keputusan tepat sebagai bahan pembuatan pakaian. Kain viscose yang bagus juga akan memberikan kesan elegan karena bahannya cenderung jatuh. Sebagai salah satu kain rayon, viscose juga memiliki daya serap yang sangat baik.

Tidak perlu berlebihan ketika merendam kain viscose karena bahan rentan rusak kalau Anda merendamnya selama lebih dari satu jam. Viscose merupakan jenis kain dry clean yang mudah kering ketika sudah selesai dicuci.

Kabar baik untuk Anda yang kerap membutuhkan kain rayon untuk dipakai.

Selain memiliki karakteristik bahan yang mudah kering, viscose juga merupakan kain yang mudah sekali dibersihkan dari serangan noda membandel.

Asal dicuci dengan detergen yang tepat, Anda tidak akan kesulitan membersihkan noda. Penambahan pelembut akan semakin menambah keeleganan kain ini.

Kain viscose juga hadir dengan penawaran harga yang murah jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Bahan yang relatif ringan menjadi salah satu pertimbangan kenapa bahan viscose ini banyak digemari oleh semua kalangan.

Kemudian juga bahan ini tentunya tidak menyebabkan panas ketika dikenakan.

Yang tidak kalah dari karakteristik viscose ini adalah bisa menyerap warna dengan sangat baik sehingga ada banyak variasi warna yang bisa diberikan dari kain viscose.

Ringan dan murah, viscose juga memiliki karakteristik sebagai bahan yang tahan lama atau kokoh sebagai salah satu bahan pembuatan pakaian.

Kelebihan Bahan Viscose

mengenal bahan hyget
vendorpedia

Terdapat beragam kelebihan yang bisa didapatkan ketika Anda menggunakan kain viscose sebagai bahan dasar pakaian. Serangkaian kelebihan itu terangkum dalam poin pembahasan di bawah ini:

1. Mudah Dicuci

Kain viscose merupakan salah satu kain yang digunakan sebagai bahan dasar pakaian dengan kelebihan mudah dicuci. Anda tidak perlu berlama-lama merendam kain ini karena waktu sebentar saja sudah cukup.

Kemudian juga disarankan tidak menggunakan mesin cuci, namun menggunakan tangan saja.

Dengan tangan pun Anda tidak perlu lelah karena cukup dikucek santai saja, jangan berlebihan kalau menggunakan sikat karena bisa merusak bahan.

Untuk proses penjemuran pun Anda tidak begitu membutuhkan sinar matahari karena dijemur di dalam ruangan saja sudah bisa kering sempurna.

2. Menyerap Keringat

Sebagai salah satu kain yang digunakan untuk bahan dasar pakaian, viscose juga memiliki kelebihan untuk menyerap keringat dengan baik.

Tidak heran kalau berbagai fashion yang terbuat dari viscose banyak digemari karena memiliki kelebihan sebagai bahan pembuatan pakaian yang nyaman dan sejuk.

Tidak terbayang kalau Anda menggunakan pakaian dengan bahan yang tidak mudah menyerap keringat, bukan hanya tidak nyaman, namun juga akan menimbulkan bau badan yang tidak sedap tercium.

3. Variasi Warnanya Banyak

Karena bahan viscose ini memiliki daya serap yang sangat bagus, otomatis penerapan berbagai warna juga akan lebih variatif dan sangat bagus.

Tidak semua jenis bahan memiliki penyerapan warna yang bagus sehingga kerap hadir dengan warna-warna yang minim saja, kalau tidak cerah ya hanya kalem.

Lain hal dengan viscose, segala macam warna nyaris masuk sehingga pasar yang dirangkul pun semakin banyak. Semua orang dengan selera berbeda bisa menggunakan bahan pakaian dari viscose satu ini.

4. Murah

Terakhir, dari sekian kelebihan di atas, yang tidak kalah menarik dari penawaran kain viscose adalah harga kain yang murah.

Harga yang murah ini bukan hanya menguntungkan produsen, namun juga berpengaruh besar terhadap daya beli konsumen. Dengan begitu, semakin banyak kalangan yang beli.

Bukan hanya yang berasal dari kalangan kelas atas dan bawah dnegan pertimbangan harga, namun dari kalangan tua dan muda yang vokal mempertimbangkan variasi warnanya.

Kekurangan Kain Viscose

harga kain polyester
bukalapak

Bukan hanya kelebihan yang melekat pada bahan viscose, namun juga ada serangkaian kekurangan yang mesti diketahui. Berikut ini serangkaian kekurangan yang bisa dilihat dari bahan dasar kain viscose ini:

1. Mudah Kusut

Di balik segala kelebihan yang sudah disebutkan, sayangnya bahan satu ini merupakan salah satu bahan yang mudah kusut.

Sehingga untuk proses penyimpanannya sendiri amat tidak dianjurkan disimpan dengan cara dilipat atau bahkan dipaksakan masuk ke dalam lemari pakaian yang sudah penuh sesak.

Ketika digantung di lemari pun senantiasa pakaian dari bahan kain viscose harus diletakkan dengan baik. Jangan dipepetkan karena akan sama saja membuat kain viscose mudah kusut.

2. Mudah Robek

Bahan yang tipis membuat kain viscose mudah robek kalau tidak dipelihara dengan baik. Sebenarnya apa pun jenis kainnya akan awet kalau dirawat dengan baik, sebaliknya akan mudah sekali rusak kalau perawatannya asal-asalan. Daya susut tinggi menjadi salah satu sebab kenapa viscose mudah robek.

3. Tidak Tahan Suhu Tinggi

Bahan viscose merupakan kain yang tidak memerlukan energi panas matahari untuk proses pengeringan, ini kenapa lebih disarankan untuk menjemur viscose dengan cara diangin-anginkan saja di dalam ruangan. Memang ada kelebihan agar bahan cepat kering dengan sempurna, tapi ada kurangnya.

Kekurangan tersebut adalah ketika musim kemarau datang dan suhu sedang tinggi-tingginya ditambah Anda kelupaan mengangkat kain berbahan dasar viscose ini, senantiasa kain akan mudah sekali rusak.

4. Tidak Ramah Mesin Cuci

Kain viscose juga termasuk kain yang tidak simple karena tidak ramah terhadap cara kerja mesin cuci. Memang mencucinya dianjurkan menggunakan tangan, sehingga membutuhkan tenaga lagi untuk membersihkan noda yang menempel pada kain.

Bukan hanya viscose yang digunakan sebagai bahan dasar pakaian, lainnya Anda juga bisa menemukan berbagai bahan, seperti bahan jersey dan bahan taslan. Semua bahan yang disebutkan maupun yang tidak disebutkan memiliki kelebihan serta kekurangan sebagai elemen yang membentuk pakaian.

Leave a Reply