harga kain katun

Mengenal Lebih Jauh Tentang Bahan Wolfis

Bagi anda yang suka di bidang fashion pasti mengerti tentang berbagai jenis kain yang ada. Ada banyak jenis kain yang menjadi favorit orang-orang seperti bahan wolfis, bahan babyterry, bahan polyester, bahan fleece dan bahan baloteli.

Jenis-jenis kain tersebut tidaklah asing dan banyak dipilih untuk berbagai item fashion. Lantas bagaimana karakteristik, kelemahan, kelebihan, dan cara perawatan kain wolfis sendiri? Anda akan menemukan jawabannya di artikel berikut ini.

Mengenal Bahan Wolfis

mengenal kain wolfis

Bahan wolfis adalah bahan yang terbuat dari percampuran antara sutera, katun, dan juga bahan sintetis. Nama wolfis sendiri berasal dari woolpeach, dan kemudian disebut sebagai wolfis karena menyesuaikan pengucapan lidah orang Indonesia.

Umumnya, bahan wolfis ini memiliki ketebalan yang rendah (tipis) satu tingkat dibawah kain jersey.

Meskipun bahan wolfis ini tipis, tetapi yang menarik adalah anda tidak perlu khawatir akan tembus pandang. Secara sederhana kain wolfis ini dapat disebut sebagai kain yang ringan, tipis, halus, serta tidak transparan. Kain ini dapat dikatakan sangat cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia ini.

Karakteristik dan Ciri-ciri Bahan Wolfis

karakteristik bahan wolfis
ahyanahijab

Bagaimana karakteristik serta ciri-ciri bahan wolfis ini? Yang pertama adalah, kain wolfis memiliki serat yang tipis dan rapat. Anda juga dapat merasakan bahwa serat yang dimilikinya bertekstur sangat halus.

Selain itu, untuk urusan ketebalan, ia cukup tebal tetapi meskipun begitu tetap ringan. Saat anda menggunakan jenis kain satu ini, anda tidak akan merasa kepanasan ataupun kegerahan.

Kain wolfis juga merupakan kain yang tidak transparan atau tembus pandang, sehingga sangat cocok digunakan untuk berbagai pakaian atau item muslimah.

Detail bahan wolfis yang licin ini juga menyebabkannya tidak mudah kusut sehingga anda dapat menggunakannya bahkan tanpa disetrika.

Keunggulan Bahan Wolfis yang Harus Anda Ketahui

keunggulan bahan wolfis
youtube

Setelah mengerti karakterstik dan juga ciri dari bahan wolfis, mungkin anda bertanya-tanya bahan wolfis seperti apa yang menjadi favorit orang-orang selama ini? Mengapa bahan tersebut banyak dipilih sebagai pembuatan gamis, jilbab, dan lain sebagainya?

Bahan wolfis premium menjadi favorit orang-orang karena kelebihan yang dimilikinya. Beberapa keunggulan dan kelebihan bahan wolfis sendiri antara lain adalah sebagai berikut:

1. Harganya Terjangkau

Harga kain wolfis sendiri terjangkau, sehingga banyak dipilih oleh para pembuat baju atau orang-orang yang ingin membeli pakaian berbahan wolfis. Harganya sangat jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sutera atau jenis kain lainnya.

2. Bahan Wolfis Sangat Halus dan Lentur di Kulit

Ketika menggunakan pakaian atau item fashion di tubuh anda, tentu faktor kenyamanan adalah faktor yang banyak dipertimbangkan. Untungngnya, bahan kain wolfis mampu memenuhi hal ini.

3. Tidak Mudah Kusut

Bagi anda pemilik jilbab bahan wolfis, anda tidak perlu khawatir akan mengalami hari yang buruk dengan jilbab anda. Hal ini dikarenakan bahan kain wolfis tidak mudah untuk kusut, sehingga anda pun dapat menggunakannya tanpa disetrika terlebih dahulu.

4. Tebal dan tidak transparan

Jika anda memiliki gamis bahan wolfis, anda juga tidak perlu khawatir bahwa baju yang anda kenakan transparan atau tembus pandang.

Kain wolfis tersebut selain tebal juga tidak tembus pandang, yang tentu adalah aspek yang sangat dihindari oleh muslimah yang memakai gamis untuk tujuan menutup aurat.

5. Sangat Ringan

Jika anda menggunakan pakaian berbahan wolfis, maka anda tidak perlu merasa tidak nyaman karena bahannya sangat ringan. Ringannya bahan pakaian juga akan menguntungkan anda saat mencuci pakaian dikarenakan anda tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra seperti ketika anda mencuci pakaian berbahan tebal.

6. Terdapat Berbagai Pilihan Warna

Anda dapat bermain dengan warna melalui bahan kain ini. Ada banyak sekali pilihan warna yang tersedia sehingga anda dapat menyesuaikan dengan selera, situasi, dan juga style anda. Mulai dari warna dasar hingga warna turunan atau kombinasi dapat anda temukan di jenis kain yang satu ini.

7. Bukan Bahan yang Langka

Aspek ini juga menjadi aspek yang penting ketika anda memilih sebuah kain untuk dijadikan pakaian. Percuma jika kain tersebut memiliki kualitas yang baik tetapi sulit ditemukan. Kabar baiknya, dengan bahan wolfis anda tidak perlu khawatir karena bahan ini mudah untuk ditemukan.

Kekurangan Kain Wolfis yang Harus Anda Ketahui

potongan bahan wolfis
shanehijab

Sudah sewajarnya bahwa suatu hal yang disertai kelebihan tentu juga memiliki kekurangan. Ada beberapa kekurangan dari bahan wolfis yang harus anda ketahui antara lain:

1. Tidak Tahan Panas

Bahan wolfis memang cenderung tidak kusut, hal tersebut disertai dengan kekurangan yakni bahan tersebut tidak tahan terhadap panas. Sehingga, jika anda ingin menyetrikanya, anda harus berhati-hati supaya kain tersebut tidak rusak.

2. Terlalu Banyak Varian Warna dan Ketebalan

Ada banyak sekali varian warna yang ada pada kain wolfis sehingga terkadang membingungkan para penggunanya. Hal ini akan menjadi kelemahan ketika anda membutuhkan warna yang serupa, tetapi karena banyaknya plilhan warna yang ada anda kesulitan menemukan warna yang sama.

Selain itu, pilihan ketebalan yang ada juga terlalu beragam dan banyak sehingga kadang membuat kebingungan.

Cara Merawat Kain Wolfis Agar Awet

Ketika memiliki pakaian berbahan wolfis, anda sebaiknya mengerti bagaimana merawatnya. Dengan mengerti bagaimana perlakuan kita terhadap kain tersebut, maka kain yang anda miliki akan awet dan mampu terlihat seperti baru meskipun anda telah memilikinya lama.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Tips Mengucek Kain Wolfis

bahan wolfis
jayaimperialpark

Tips pertama yang harus anda perhatikan adalah ketika anda mencuci pakaian berbahan wolfis tersebut. Anda sebaiknya tidak mengucek bahan tersebut terlalu keras, hal ini dikarenakan bahan ini sangat halus dan cenderung tipis.

2. Tips Merendam Kain Wolfis

bahan wolfis
my24hours

Selanjutnya anda perlu memisahkan pakaian yang anda cuci berdasarkan warnanya. Anda sebaiknya memisahkan pakaian yang memiliki warna gelap dan warna terang. Hal ini untuk menghindari warna yang ada di kain menjadi tercampur atau pudar.

3. Tips Menjemur Kain Wolfis

bahan wolfis
gatsuone.blogspot

Untuk menghindari warna pudar, anda sebaiknya hanya mengangin-anginkan pakaian berbahan wolfis anda. Tidak perlu menjemurnya secara langsung dibawah matahari karena berefek tidak baik pada warna pakaian anda.

4. Tips Menyetrika Kain Wolfis

bahan wolfis
harapanrakyat

Telah dibahas diawal bahwa kain wolfis tidak tahan terhadap panas. Maka dari itu, jika anda memang harus terpaksa menyeterikanya, anda harus berhati-hati. Usahakan panas setrika yang anda gunakan tidak over heat.

Jika memang tidak diperlukan, sebaiknya tidak perlu disetrika karena wolfis umumnya cenderung tidak kusut.

Jenis-Jenis Bahan Wolfis

jenis bahan wolfis
grosirkainkiloan

Sebelum memilih bahan wolfis, ada informasi penting yang harus anda ketahui terkait jenis bahan wolfis.

Bahan wolfis dibagi menjadi 2 jenis, yang pertama berdasarkan grade-nya, yang kedua berdasarkan kualitas bahannya.

Jenis Kain Wolfis Berdasarkan Grade

Biasanya, para penjual kain membedakan bahan wolfis berdasarkan tingkatannya. Ada 3 grade pada kain wolfis yang harus anda ketahui, sebagai berikut:

  1. Grade A
  2. Grade B
  3. Grade C.

Anda pasti sudah bisa membayangkan, grade mana yang paling bagus kualitasnya.

Tentu saja grade A, memiliki tekstur bahan yang sangat halus dengan karakter yang paling jatuh dibandingkan grade B dan C.

Pastinya grade A memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan grade lainnya.

Nah, sebelum anda membeli kain wolfis, sebaiknya ditanyakan dulu kepada penjual terkait grade– nya.

Jenis Kain Wolfis Berdasarkan Kualitas Bahannya

Berdasarkan kualitas bahan, ada 2 jenis kain wolfis:

  1. Kain Wolfis Premium
  2. Kain Wolfis Standar

Dari kedua macam kain tersebut, tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing yang bisa anda pertimbangkan berdasarkan tabel yang dirangkum dari mizutex sebagai berikut ini:

Jenis BahanWolfis PremiumWolfis Standar
TeksturSangat halus, tidak memiliki teksturTidak licin, sedikit kasar
KarakteristikTipis, menerawangTipis, tidak merawang
Daya Serap KainTidak menyerap keringatTidak menyerap keringat
HargaRp 27,000 – 30,000Rp 23,000 -27,000
Serat BahanRapih, kokoh, halus, rapatAgak longgar

Dari perbandingan berdasarkan tabel di atas, bahan premium lebih unggul dibanding bahan standar. Tetapi kalau anda mencari harga yang murah, bahan wolfis standar cocok untuk dipilih.

Anda juga dapat membandingkan kedua jenis bahan tersebut berdasarkan gambar berikut ini.

Kain Wolfis Premium

tekstur-kain-wolfis-premium
mizutex

Kain Wolfis Standar

tekstur-kain-wolfis-standar
mizutex

Olahan dari Kain Wolfis

Gamis wolfis polos
grosirhijabku

Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh bahan woflis, wajar saja bahwa jenis kain ini digunakan banyak oleh para desainer dan para penjahit untuk membuat item fashionnya

Berikut kegunaan kain wolfis yang sering ditemukan:

  • Gamis Muslimah Syar’i
  • Jilbab Muslimah Syar’i
  • Dress
  • Bawahan Dress

Demikianlah pembahasan terkait kain wolfis yang bisa sajikan untuk anda semua.

Leave a Reply