cara menanam tomat di rumah

Cara Menanam Tomat di Pot yang Menghasilkan

Cara menanam tomat – Menanam tomat dalam pot meratakan lapangan bermain di kebun rumah, membawa panenan hasil panen rumahan dalam jangkauan hampir semua orang, terlepas dari real estat.

Itu karena Anda mendapatkan cara menanam tomat dengan mudah di dalam pot . Cukup ikuti tips dibawah ini:

  1. Pilih tempat yang bagus. Tempatkan pot di mana mereka akan menerima setidaknya enam jam sinar matahari.
  2. Jika pot tidak berada di dekat sumber air, pastikan Anda bisa mendapatkan selang taman untuk mereka atau tidak keberatan menyeret kaleng penyiraman, karena tomat membutuhkan pasokan kelembaban yang stabil.
  3. Kelompokkan pot bersama-sama, tetapi tidak terlalu dekat sehingga daun saling bergesekan yang dapat membantu menyebarkan penyakit.
  4. Pengelompokan pot membantu menaungi zona akar tanaman di pot bagian dalam, yang dapat membantu ketika tanaman duduk di atas beton atau jalan aspal, yang keduanya menyerap dan memantulkan panas.
  5. Pilih bibit tomat yang berkualitas. Pemilih tomat kami tidak perlu lagi mencari tahu tomat mana yang paling cocok untuk kebun Anda. Pastikan ketika Anda berada di tengah taman dengan begitu Anda akan tahu bahwa Anda akan mendapatkan tanaman pemula yang kuat. Secara umum, tomat yang kuat cenderung lebih baik dalam pot. Jadi cari itu. Dimungkinkan juga untuk menanam tomat yang tidak tentu dalam wadah, tentu saja, selama Anda memberikan dukungan yang cukup dan volume tanah.
  6. Gunakan pot yang tepat. Bibit tersebut mungkin terlihat kecil sekarang, tetapi tanaman tomat yang sudah matang membutuhkan banyak ruang untuk sistem akar yang kuat. Untuk produksi maksimum, ukuran pot yang ideal adalah diameter 18 inci untuk tomat penentu dan diameter 24 inci untuk tomat tak tentu.

Contents

Bagaimana Cara Menanam Tomat di Pot yang Menghasilkan?

cara menanam tomat, tomat di pot
dekoruma

Saat menggunakan pot kain atau jenis lain yang dijual berdasarkan volume, usahakan 20 galon. Tidak apa-apa menggunakan wadah yang lebih kecil, seperti ember 5 galon atau wadah 10 galon, tetapi untuk hasil terbaik, tetap gunakan tomat jenis teras atau semak yang lebih kecil.

Ketahuilah juga bahwa tomat dalam pot yang lebih kecil membutuhkan lebih banyak air dan makanan. Semua wadah (kecuali yang kain) membutuhkan lubang drainase, jadi pastikan untuk melubanginya.

Jika Anda tinggal di daerah yang hangat, Anda mungkin ingin menghindari wadah plastik hitam. Mereka cenderung menahan banyak panas, yang menghangatkan tanah dan dapat mengurangi pertumbuhan tanaman. Silakan baca di cara menanam kangkung.

  • Gunakan tanah yang berkualitas. Tanah kebun dari tanam cenderung terlalu berat untuk wadah, akan terlalu padat dan mungkin mengandung organisme penyakit. Tomat rentan terhadap penyakit (seperti busuk daun) dan hama (seperti nematoda) yang dapat nongkrong di tanah, dan salah satu keuntungan menanam dalam pot adalah dengan melakukan hal itu dapat mengurangi wabah.
  • Isi wadah dengan campuran pot berkualitas premium, untuk hasil terbaik. Ringan dan halus, itu akan memberikan banyak ruang untuk udara dan kelembaban bergerak melalui tanah. Untuk mendapatkan informasi lainnya bisa baca di cara menanam sawi.
  • Tanam tomat dengan benar.
  • Pastikan untuk menggali lubang yang cukup dalam untuk menutupi dua pertiga batang tomat untuk mendorong lebih banyak pertumbuhan akar. Sebagai aturan praktis, tunggu untuk menanam sampai musim dingin terakhir di daerah Anda. Jika malam yang dingin mengancam, tutupi pot dengan sedotan, atau goni untuk perlindungan ekstra.
  • Saat menanam tomat dalam pot, jaga agar tanah setidaknya satu inci di bawah tepi pot, sehingga Anda bisa menambahkan lapisan mulsa untuk membantu menjaga kelembapan tanah. Anda dapat menggunakan bahan mulsa tradisional, seperti jerami, kulit parut, daun cincang, atau koran. Kertas terurai dengan cepat, terutama di daerah terpanas, jadi rencanakan untuk menyegarkan lapisan sesuai kebutuhan selama musim tanam.
  • Penyiraman yang tepat adalah kunci besar kesuksesan cara menanam tomat dalam pot. Jaga agar tanah tetap lembab secara konsisten, tetapi tidak jenuh. Kelembaban yang tidak konsisten dapat membuka jalan untuk berkembang menjadi busuk ujung.
  • Gunakan tes jari untuk melihat apakah tanaman membutuhkan air. Jika inci atas tanah kering ketika Anda mendorong jari Anda ke dalamnya, inilah saatnya untuk menyiramnya.
  • Tanaman yang lebih besar dari setinggi lutut dapat membutuhkan penyiraman hampir setiap hari begitu musim panas tiba. Buka di cara membuat pupuk.
  • Tempatkan piring di bawah setiap pot untuk menangkap air yang mengalir melalui tanah, sehingga tanaman dapat menyerap kelembaban ekstra selama hari yang panas. Ini juga akan melindungi becek di teras.
  • Sistem irigasi tetes dapat membantu mengurangi waktu yang Anda habiskan untuk memegang selang, dan akan membayar sendiri dengan cepat jika Anda memelihara tanaman tomat pot dalam jumlah besar.
  • Jika Anda hanya merawat beberapa pot, waktu yang dihabiskan untuk menyiram memberikan kesempatan untuk memeriksa tanaman dan mengawasi masalah. Saat liburan musim panas mengisyaratkan, berbaris seseorang untuk melakukan penyiraman jika Anda berharap masih memiliki tomat.
  • Buang tanaman tomat bekas dari pot di akhir musim tanam. Jika Anda berencana untuk menggunakan pot yang sama untuk menanam tomat selama musim berikutnya, Anda harus memulai dengan tanah segar. Buang semua tanah yang tersisa, cuci dan gosok tanah dari pot, lalu sterilkan dengan menyeka atau semprotkan dengan larutan satu bagian pemutih ke 10 bagian air.

Ikuti 8 tips sederhana cara menanam tomat di atas dan tidak lama Anda akan menuai hasilnya dalam bentuk tomat yang gemuk dan berair.

Leave a Reply