7+ Jenis Ikan Air Tawar yang Dapat Dikonsumsi

Jenis ikan air tawar – Salah satu sumber protein dan gizi terdapat pada ikan, bukan hanya ikan air laut saja. ternyata ikan air tawar juga memiliki kandungan gizi yang baik, selain itu juga ikan air tawar harganya lebih ekonomis dari ikan air laut.

Nah, pada pembahasan kali ini akan menjelaskan beberapa jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi. Agar kalian tahu lebih dalam dari ikan tersebut, maka mari disimak dengan baik

Macam-Macam Ikan Air Tawar

1. Ikan Mujair

jenis ikan mujair

adearisandi.wordpress.com

Pembahasan mengenai jenis ikan air tawar diawali dengan ikan mujair, mungkin kalian sudah tidak asing lagi mendengar nama ikan ini. Ya, ikan mujair merupakan ikan yang habitatnya di air tawar yang di dalamnya terdapat tanaman eceng gondok maupun tanaman bunga teratai seperti sungai, muara, danau dan lain-lain. Ikan ini sering dijadikan sebagai menu utama masyarakat Indonesia karena kaya akan kandungan gizi dan duri yang dimilikinya tidak terlalu banyak, jadi mudah untuk dikonsumsi.

Oh iya, apakah kamu sudah tahu asal mulanya ikan mujair? ternyata ikan mujair berasal dari perairan Afrika dengan nama ilmiah yaitu Oreochromis mossambicus yang menyebar secara alami ke perairan Indonesia.

Pertama kali ikan ini ditemukan oleh seorang bapak yang bernama Pak Mujair di muara Sungai Serang Blitar Jawa Timur pada tahun 1939. Jadilah ikan tersebut diberi nama mujair agar mengenang sang penemu.

Ikan Mujair memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki ukuran sedang.
  • Bentuknya pipih.
  • Warnanya hitam, keabu-abuan, kecoklatan atau kuning.
  • Memiliki sirip punggung dorsal dengan 15-17 duri tajam dan 10-13 jari-jari lunak.
  • Memiliki sirip dubur dengan 9-12 jari-jari dan 3 duri.

2. Ikan Gurame

gurame jenis ikan air tawar

wikipedia.org

Jenis ikan kedua adalah gurame, gurame merupakan ikan yang hidup di air tawar yang sangat populer dikonsumsi oleh masyarakat di Asia Tenggara khususnya di Indonesia dan di Asia Selatan. Di samping itu, negara-negara lain juga ada yang menjadikan ikan ini sebagai ikan hias di akuarium.

Awal mulanya ikan ini menyebar di perairan Jawa, Sumatera dan Kalimantan kemudian dibudidayakan oleh sebagian orang di Asia tenggara, Asia Selatan dan Australia. Ikan gurame paling menyukai hidup di sungai-sungai dan rawa dengan banyak tumbuhan. Karena makanan utama ikan ini adalah tumbuhan namun juga terkadang memakan serangga, ikan yang lebih kecil, udang kecil dan plankton.

Ikan yang berbentuk pipih dan juga lebar ini, banyak orang yang menyukainya sebagai menu hidangan karena rasanya yang gurih dan enak serta kandungan gizi dan proteinnya sangat banyak.

3. Ikan Lele

ikan lele, jenis ikan air tawar

banten.co

Jika tadi tentang ikan gurame, sekarang beralih ke ikan lele. Mungkin nama ikan ini sudah sangat populer sekali di kalangan masyarakat karena memang ikan lele sering kita jumpai di setiap warung makan kaki lima hingga restoran sebagai menu hidangan utama.

Ikan lele memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali yaitu tubuhnya licin agak pipih memanjang dan memiliki kumis panjang dari bagian mulutnya.

Pada setiap daerah di Indonesia memiliki nama masing-masing dari ikan lele ini, apa sajakah itu? mari simak.

Di Kalimantan disebut ikan pintet, di Makasar diberi nama ikan keling, di Aceh bernama ikan seungkoh, di Sumatera Barat disebut ikan kalang, di Sulawesi disebut ikan cepi, di Jawa Tengah diberi nama ikan lindi serta nama ikan lele di berbagai daerah lainnya.

Selain dikonsumsi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan ternyata ikan lele juga memiliki kandungan vitamin D dan asam omega 6 yang tinggi sehingga sangat menyehatkan tubuh.

4. Ikan Mas

mas, jenis ikan air tawar

kata.co.id

Jenis ikan air tawar selanjutnya yaitu ikan mas, terkenal sebagai ikan yang bernilai ekonomis dan sudah menyebar keseluruh daerah di Indonesia.

Ikan mas sendiri dibagi menjadi dua yaitu ikan mas konsumsi dan ikan mas hias, namun yang akan dibahas mengenai ikan mas konsumsi.

Di Indonesia pada saat ini terdapat 7 jenis ikan mas konsumsi yang sudah dibudidayakan yang awal mulanya hanya beberapa saja. Ikan mas mulai dibudidayakan di Indonesia pada tahun 1920-an yang bibitnya dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang.

Sejarah pembudidayaannya berawal di daerah Galuh Ciamis Jawa Barat pada abad ke 19. Kemudian menyebar luas ke daerah Jawa lainnya pada abad ke 20 setelah dibentuknya Jawatan Perikanan Darat oleh Kementrian Pertanian. Lalu ikan ini dikembangkan di daerah Bukittinggi Sumatera Barat pada tahun 1892 dan menyebar luas keseluruh nusantara.

Setiap daerah memiliki nama ikan mas masing-masing seperti kancra, tikeu, tombro, raja, rayo, ameh dan lain-lain.

5. Ikan Bawal

bawal jenis ikan air tawar

langgengpancing.com

Ikan bawal merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari sungai Amazon Brazil. Bentuknya hampir mirip dengan ikan piranha. Ikan bawal memiliki bentuk badan yang pipih dan agak bulat serta memiliki warna kulit yang menarik seperti warna perak.

Ikan bawal termasuk jenis ikan carnivora (pemakan daging) namun ketika kecilnya bersifat omnivora. Ikan ini biasa hidup dengan cara bergerombolan dalam jumlah kecil. Selain itu juga ikan bawal cukup populer di pasar sebagai ikan konsumsi karena harganya yang relatif murah dan tentunya bergizi.

Adapun ciri-ciri ikan bawal lainnya yaitu:

  • Memiliki lubang hidung yang besar.
  • Matanya kecil berbentuk lingkaran seperti cincin.
  • Memiliki gigi seri yang tajam.
  • Rahangnya pendek dan kuat.
  • Kepalanya kecil.
  • Letak mulutnya di ujung kepala agak sedikit ke atas.
  • Memiliki sirip ekor berwarna merah, bagian atas berwarna abu-abu, bagian bawah berwarna putih.

6. Ikan Patin

patin jenis ikan air tawar

bibitkan.net

Setelah membahas mengenai ikan bawal, selanjutnya yang akan dibahas adalah ikan patin. Ikan patin merupakan jenis ikan air tawar yang masih satu keluarga dengan ikan lele, hidup dialam yang sama dan memiliki ciri-ciri berupa kumis sebagai patilnya sama seperti ikan lele.

Banyak masyarakat yang menjadikan ikan ini berbagai macam olahan makanan seperti sayur sup ikan patin, gulai ikan patin, hingga abon ikan patin.

Ternyata dibalik lezatnya olahan ikan ini, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan asupan gizi tubuh, berikut beberapa manfaatnya:

  • Mencegah jantung koroner.
  • Mempercepat pertumbuhan bayi.
  • Mengurai kolesterol.
  • Membantu pembentukan otot.
  • Menjaga kesehatan tulang.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu juga ikan patin sangat cocok untuk lahan bisnis dengan cara membudidayakannya. Karena permintaan pasar pada ikan ini cukup besar dan nilai komersialnya cukup tinggi, serta banyak masyarakat yang menyukai ikan ini.

7. Ikan Nila

nila jenis ikan air tawar

mangmolto.blogspot.com

Ikan nila merupakan sejenis ikan air tawar yang berasal dari belahan Afrika Timur dan kini banyak yang memelihara atau membudidayakannya di Indonesia dari sejak tahun 1969. Ikan ini juga memiliki nama ilmiah yaitu Oreochromis niloticus.

Ikan nila mempunyai ciri-ciri diantaranya panjang tubuhnya mencapai 30 cm, berwarna hitam, memilki sirip punggung dengan 17 duri tajam dan 15 jari-jari lunak serta memiliki sirip dubur dengan 3 duri dan 8-11 jari-jari.

Ikan ini juga dikenal sebagai ikan jenis omnivora (pemakan tumbuhan dan daging) makanannya adalah plankton, ikan kecil dan gulma di air. Ikan nila sangat mudah untuk dibudidayakan dan ternyata masih satu keluarga dengan ikan mujair yang memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi pula.

8. Ikan Gabus

gabus jenis ikan air tawar

edubio.info

Jenis ikan air tawar selanjutnya adalah ikan gabus, terkenal sebagai jenis ikan predator air tawar yang memiliki banyak nama dari setiap dari yaitu aruan, bocek, kocolan, bayong bogo, licingan, kutuk, kabos dan lain-lain. Namun nama ilmiahnya adalah channa striata.

Ikan gabus ternyata berasal dari Pakistan bagian barat menyebar luas ke Nepal, India, Bangladesh, Sri Langka, Tiongkok bagian selatan dan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Nilai komersial dari ikan ini juga cukup tinggi, di sebagian wilayah ikan gabus kerap kali diasinkan terlebih dahulu sebelum dijual dan diperdagangkan dengan harga tinggi. Karena proses pengasinannya yang mengeluarkan banyak biaya dan tenaga. Ikan gabus segar dijual dalam keadaan hidup.

Ikan gabus juga sangat membantu para petani dalam memusnahkan hama seperti, kodok, keong dan lain-lain. Itulah mengapa ikan bagus juga dikenal sebagai ikan predator.

Demikianlah beberapa jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi dan ternyata setelah kita ketahui, banyak kandungan gizi yang terdapat pada jenis ikan tersebut serta kita juga sudah mengetahui habibat dan ciri-ciri dari bebagai jenis ikan air tawar yang ada.

Semoga bermanfaat.

Sekian dan Terima kasih.

 

Leave a Reply