makanan khas Jawa Tengah

9+ Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Lidah Goyang

Makanan khas Jawa Tengah – Setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya masing-masing. Dan itu menjadi suatu hal yang unggul bagi daerah tersebut. Ngomongin soal makanan khas, ketika kita berkunjung ke suatu daerah. Rasanya kurang afdol kalau nggak nyobain makanan khas yang ada di sana.  Apalagi tempat yang dikunjungi jauh, sangat disayangkan kalau nggak nyicipi makanan khasnya.

Nah, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai makanan khas Jawa Tengah. Simak baik-baik yuk, beberapa makanan khas yang ada di Jawa Tengah. Kalau udah tahu, kamu nggak akan bingung lagi mencari makanan khas Jawa Tengah ketika berkunjung ke sana.

Berikut rangkuman makanan khas Jawa Tengah dari berbagai cita rasa yang harus kamu coba.

1. Telur Asin.

telur asin, makanan khas Brebes.

catatanbelajarmasak.blogspot.com

Nama telur asin, terdengar sudah tidak asing lagi di telinga. Ya, pasti kita sering menemukannya ketika jalan-jalan ke pasar. Makanan ini juga selalu terhidang di beberapa rumah makan yang ada Di Indonesia khususnya Pulau Jawa.

Telur asin merupakan makanan khas Jawa tengah yang berasal dari Kota Brebes. Makanan ini terbuat dari telur bebek yang diproses dengan cara diasinkan menggunakan garam yang banyak untuk menonaktifkan enzim perombak. Makanya makanan ini bisa tahan hingga waktu satu bulan tanpa bahan pengawet.

Telur asin sering disajikan bersama makanan lainnya seperti nasi lengko, nasi jamblang, bahkan dapat pula disantap tanpa nasi. Telur asin hingga saat ini memiliki banyak variasi yang harus kamu coba diantaranya telur asin rebus, telur asin bakar dan telur asin panggang. Bahkan saat ini sudah ada telur asin beraneka rasa mulai dari rasa strawberry, coklat dan lain-lain.

Terbayang betapa nikmat dan lezatnya makanan khas Jawa Tengah ini.

2. Tempe Mendoan.

tempe mendoan, Makanan khas Jawa Tengah

Resephariini.com

Makanan khas yang kedua ini terkenal berasal dari Banyumas dan Purwokerto Jawa Tengah. Tempe mendoan sebenarnya sama seperti tempe pada umumnya, disajikan dengan cara dilumuri  tepung kemudian digoreng.

Namun yang menjadi beda dari yang lainnya, tempe mendoan menggunakan tempe yang diiris tebal kemudian dimasak menggunakan minyak panas yang banyak dan digoreng setengah matang. Itulah mengapa makanan ini disebut dengan mendoan. Kemudian tempe mendoan ini dihidangkan dengan semangkuk kecil sambal kecap pedas.

Sekarang tempe mendoan sudah sangat familiar, kamu bisa mendapatkannya bukan hanya di daerah Banyumas dan Purwokerto saja. Tapi bisa menemukannya di seluruh wilayah di Jawa Tengah. Malah tempe mendoan ini sudah banyak orang yang menjualnya di Ibukota Jakarta dan sekitarnya.

3. Lumpia Semarang.

Lumpia, makanan khas Semarang

craftlog.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan jajanan khas yang satu ini? tentu semuanya sudah tahu bahwa jajanan ini berasal dari Kota Semarang.

Lumpia Semarang merupakan jajanan khas Jawa Tengah, berbahan dasar tepung terigu yang dibuat menjadi sebuah adonan kemudian dibentuk menjadi tipis dan bagian dalamnya diisi dengan berbagai macam variasi mulai dari rebung, telur, daging ayam, udang dan lain-lain.

Sejarah adanya camilan ini pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan tinggal di Semarang Jawa Tengah. Kemudian diteruskan oleh keluarganya dengan menambah variasi rasa. Camilan ini mulai dikenal pada masa pemerintahan Presiden Soekarno ketika pesta olahraga GANEFO.

Bisa disimpulkan lumpia Semarang dibuat secara turun menurun untuk menjaga kelestariannya hingga saat ini. Dan kini banyak masyarakat yang membuat makanan ini baik untuk dijajakan ataupun dikonsumsi sendiri.

4. Tahu Petis.

tahu petis Makanan khas Jawa Tengah

wanitaindonesia.co.id

Masih seputar Kota Semarang nih, ternyata ada juga jajanan khas Jawa Tengah selain lumpia yang berasal Kota Semarang yaitu tahu petis.

Tahu petis sesuai dengan namanya merupakan makanan yang terbuat dari tahu yang digoreng kemudian dihidangkan dengan sambal yang disebut petis. Ada yang tahu petis itu apa? petis adalah sambal yang berwarna hitam kental terbuat dari udang yang diracik dengan bumbu yang lainnya.

Tahu yang digunakan untuk membuat camilan ini juga berbeda dari yang lainnya. Tahu yang dipakai adalah tahu pong yaitu berasal dari tahu putih yang digoreng hingga berwarna coklat dengan bumbu berupa campuran garam dan bawang putih saja.

Perpaduan tahu pong yang renyah dan sambal petis udang yang rasanya manis, menjadikan makanan ini bercita rasa lezat dan nikmat.

5. Nasi Gandul.

makanan khas Jawa Tengah

travelingyuk.com

Mengapa makanan khas Jawa Tengah yang satu ini disebut nasi gandul? mau tahu asal usulnya? simak baik-baik ya.

Nasi gandul merupakan kuliner khas Pati Jawa Tengah berupa nasi putih yang disajikan dengan kuah dan lauk pauk. Kuah yang digunakan terbuat dari rempah-rempah pilihan seperti  bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kayu manis, cabai merah dan memakai santan kelapa.

Adapun lauk yang disajikan berupa olahan sapi mulai dari dagingnya, jeroan sapi, babat dan lepon. Kuah dan olahan sapi inilah yang menjadi makanan khas ini memiliki cita rasa yang unik dan tentunya lezat. Ditambah dengan cara penyajiannya menggunakan daun pisang.

Nama gandul berasal dari bahasa jawa yang artinya bergantung. Sejarahnya dulu makanan ini dijajakan dengan cara dipikul keliling oleh para penjualnya, barang yang dibawanya bergondal-gandul. Maka dari itu makanan ini disebut nasi gandul.

Namun seiring berkembangnya jaman, sudah jarang ditemukan penjual yang memikulnya. Kini penjual umumnya penetap di sebuah warung.

6. Serabi Solo.

jajanan khas Solo

momyukan.blogspot.com

Ternyata makanan yang bernama serabi ini bukan hanya makanan khas Jawa Barat saja lho. Jawa Tengah juga mempunyai camilan yang satu ini dengan nama serabi Solo karena memang serabi ini berasal dari Solo Jawa Tengah.

Makanan khas Solo ini terbuat dari santan kelapa yang dicampur dengan tepung beras kemudian dimasak menggunakan wajan kecil diatas arang. Memang proses pembuatannya mirip sekali dengan serabi makanan khas Jawa Barat.

Bahan-bahan seperti santan kelapa dan tepung beras lah yang menjadikan jajanan ini bercita rasa gurih. Ditambah dengan diberi taburan berupa meses, potongan pisang, nangka atau bahkan keju bila suka. Menjadikan jajanan ini lebih nikmat. Serabi yang terkenal berasal dari daerah Notosuman.

7. Enting-Enting Gepuk.

jajanan khas jawa tengah

oknusantara.com

Enting-enting gepuk termasuk jajanan lawas (tradisional) khas Salatiga Kota Semarang yang pertama kali dibuat pada tahun 1920an oleh seorang Imigran asal Tiongkok, Bernama Khoe Tjong Khok.

Kacang tanah dan gula merah menjadi bahan utama jajanan khas yang satu ini. Perpaduan kedua bahan tersebut menjadikan jajanan ini berkombinasikan rasa manis dan gurih yang enak untuk dikonsumsi dan membuat kamu ketagihan bila mencobanya. Ditambah dengan teksturnya yang lembut dan kacang yang tidak berbau tengik menjadikan jajanan khas ini bertahan lebih lama.

Pada jaman dahulu pembungkusan camilan ini hanya menggunakan kelobot atau kulit daun saja, namun pada era sekarang sudah menggunakan kertas khusus untuk pembungkusan dengan brand yang masih sama seperti pertama kali dibuat yaitu cap klenteng dan holoo 2.

Kamu dapat menemukan enting-enting gepuk ini dengan mudah di setiap toko makanan yang ada di Salatiga.

8. Soto Kudus.

makanan khas Kudus

iklantravel.com

Dari namanya sudah jelas, soto ini berasal dari Kota Kudus Jawa Tengah. Soto Kudus hampir mirip dengan soto Lamongan. Namun yang membedakan dari soto pada umumnya, soto Kudus menggunakan bahan dasar berupa daging kerbau. Seiring berkembangnya jaman, soto ini juga ada yang menggunakan suwiran ayam.

Soto Kudus tidak ada yang menggunakan daging sapi karena sebagai penghormatan umat Muslim Kudus terhadap agama Hindu, yang mana sapi menjadi simbol kesucian umat Hindu. Namun hal ini hanya sebatas anjuran dari Sunan Kudus.

Soto Kudus disajikan dengan kuah yang bening dan perasan jeruk nipis serta sambal yang sangat pedas. Membuat makanan yang satu ini menjadi terasa lebih nikmat dan lezat.

Kamu sekarang bisa mendapatkan soto Kudus ini dengan mudah, tidak hanya di Kota Kudus saja. Karena sudah tersebar luas hampir keseluruh daerah di Indonesia.

9. Rondo Royal.

rondo royal, Makanan khas Jawa Tengah

resepkoki.id

Rondo royal, ada yang sudah tahu dengan camilan yang satu ini? pasti sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Ya, camilan khas ini berasal dari Kota Jepara.

Apakah rondo royal itu? rondo royal merupakan camilan tradisional, berbahan dasar tape yang digoreng dengan adonan tepung beras. Tape yang digunakan terbuat dari singkong, tape tersebut dihancurkan kemudian dibentuk menjadi bulat lalu dicelupkan ke adonan tepung sampai merata dan digoreng.

Perpaduan dari bahan-bahan tersebut menghasilkan berbagai macam rasa diantaranya rasa manis yang berasal dari gula, rasa asam yang berasal dari tape dan sedikit rasa asin dari tepung berasnya.

Oh iya ada yang tahu asal usul nama rondo royal? ada yang bilang kata rondo berasal dari bahasa Jawa yang artinya janda dan royal berarti mewah. Ada juga yang berpendapat kata rondo berasal dari mondo artinya sedikit, bila digabungkan memiliki arti sedikit mewah. Nama tersebut menjadi misteri hingga saat ini.

10. Wajik.

camilan khas Jawa Tengah

craftlog.com

Wajik merupakan salah satu ragam kuliner Indonesia. Setiap daerah memiliki nama tersendiri dari camilan yang satu ini. Kue wajik di Sumatera disebut dengan pulut manis dan di Bali dikenal dengan jaja wajik. Namun nama wajik lebih dikenal di daerah Jawa Tengah.

Wajik khas Jawa Tengah ini biasanya terbuat dari beras ketan yang dikukus hingga matang kemudian dimasak dengan campuran gula merah dan santan kelapa hingga terasa lembut, lalu diiriskan dan dicetak berbentuk belah ketupat atau sesuai selera konsumen.

Gula merah tersebutlah yang menjadikan wajik ini berwarna coklat. Namun kini wajik memiliki variasi warna seperti warna hijau, warna merah muda dan lain-lain. Warna hijau berasal dari sari daun suji atau daun pandan, sedangkan warna lainnya berasal dari pewarna makanan.

Begitulah rangkuman makanan khas Jawa Tengah yang dapat ditulis, Semoga bermanfaat untuk kamu semua.

Sekian dan terima kasih

Leave a Reply