manfaat cacing tanah

Manfaat Cacing Tanah Bagi Kehidupan

Manfaat cacing tanah – Cacing tanah merupakan hewan jenis hermaprodit yaitu dapat berganti jenis kelamin seiring berjalannya waktu. Namun dengan begitu, cacing tanah tetap tidak bisa berkembangbiak tanpa proses perkawinan yang nantinya dilanjutkan dengan proses bertelur.

Jika dilihat dari bentuk dan warna serta habibatnya yang cenderung di tempat yang penuh dengan bahan-bahan organik seperti kotoran hewan. Penjelasan lebih lengkapnya , anda bisa lihat pada artikel ini.

Mungkin ada sebagian orang diantara kita yang melihatnya saja menjijikkan, apalagi kalau sampai memegangnya.

Di balik itu semua, hewan yang menjijikkan ini menurut sebagian orang. Ternyata tidak disangka-sangka memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan manusia.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membagikan beberapa manfaat cacing tanah bagi kehidupan kita yang tak terduga. Untuk lebih lanjutnya, langsung saja disimak dengan baik beberapa ulasan yang tercantum di bawah ini.

Manfaat Cacing Tanah Bagi Tanaman

hijau,manfaat cacing tanah

pixabay.com

Apakah anda sudah tahu? menurut survey yang dilakukan, beberapa orang yang memiliki hobi atau bakat di bidang bisnis dan pertanian. Sudah memulai budidaya cacing tanah. Baik untuk dijual maupun digunakan sebagai kebutuhan sendiri guna menyuburkan tanaman.

Mengapa mereka menernak cacing tanah? memang apa saja sih keuntungan yang bisa didapatkan?

Selain cacingnya yang bermanfaat dapat menyuburkan tanaman dan tanah serta meningkat unsur hara seperti yang kita ketahui. Ternyata ada satu manfaat lagi yang mungkin hanya sebagian orang saja yang sudah mengetahuinya.

Apakah itu?

Dalam ilmu budidaya cacing tanah seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Setelah 3 bulan dari masa penanaman cacing tanah. Maka dilakukan penggantian media tanah cacing guna meningkatkan perkembangbiakan cacing tanah.

Tanah yang sudah dipakai untuk media perkembangbiakan cacing biasa disebut dengan kascing. Ternyata tanah kascing berperan sebagai pupuk organik tambahan yang sangat bermanfaat bagi tanaman dalam proses penyuburan. Karena tanah kascing memiliki nutrisi dan unsur hara yang sangat tinggi.

Itulah mengapa sebagian petani menggunakan tanah ini baik dalam proses pembibitan maupun penanaman. Terlebih pada tanaman buah dan sayuran yang biasa ditanam di dalam pot ataupun polybag.

Nah, mulai saat ini bagi anda yang memiliki hobi menanam. Sangat cocok jika mencoba tanah kascing, dapat digunakan tanpa bahan campuran lainnya.

Manfaat Cacing Tanah Untuk Peternakan

 ayam, manfaat cacing tanah

pixabay.com

Manfaat cacing tanah yang kedua yaitu dijadikan sebagai bahan pakan ternak karena dipercaya memiliki beberapa keunggulan yang dapat mempercepat proses perkembangbiakan hewan ternak terutama unggas.

Adapun keunggulan cacing tanah bagi hewan ternak diantaranya sebagai berikut:

  • Memiliki kandungan protein dan asam amino yang tinggi sehingga dapat menggemukkan hewan ternak dan dapat melancarkan produksi telur bagi unggas.
  • Sebagai antibiotik alami bagi hewan ternak sehingga dapat mengantisipasi terjangkitnya penyakit pada hewan. Karena cacing tanah mengandung senyawa lumbricin.
  • Cacing tanah juga dapat mengantisipasi terjadinya kestresan pada hewan unggas.
  • Dapat membantu proses pembuahan bagi unggas betina.
  • Meningkatkan birahi pada unggas jantan
  • Meningkatkan proses pertumbuhan dengan cepat.
  • Dapat menambahkan bobot pada hewan unggas.

Selain itu penggunaan cacing tanah bagi hewan ternak dapat menghemat biaya pakan karena cacing tanah memiliki berbagai macam jenis yang mudah untuk dibudidayakan.

Cacing Tanah Sebagai Umpan

memancing ikan, manfaat cacing tanah

pixabay.com

Manfaat cacing tanah selain untuk pertanian dan peternakan juga banyak digunakan sebagai umpan pancing ikan bagi orang-orang yang memiliki hobi memancing.

Alasan mereka memilih cacing tanah sebagai umpan diantaranya:

  • Dapat menghemat biaya karena tidak perlu membelinya.
  • Dapat dicari dan ditemukan dengan mudah karena tersedia di alam.
  • Ikan yang dipancing akan lebih mudah untuk didapatkan jika menggunakan umpan cacing tanah.
  • Dapat gunakan dengan hemat dan efisien.

Cacing Tanah Sebagai Obat

manfaat cacing tanah

pixabay.com

Dalam dunia farmasi dan kesehatan ternyata cacing tanah juga sangat berperan penting karena bisa diolah menjadi sebuah obat yang memiliki banyak khasiat bagi manusia.

Para peracik obat biasanya meracik obat yang mengandung cacing tanah menjadi sebuah kapsul. Yang di dalamnya bisa berisi tepung cacing atau cacing tanah yang dihaluskan.

Perlu anda ketahui, cacing tanah memiliki beberapa manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh kita yang mungkin belum diketahui sebelumnya. Berikut beberapa manfaat untuk kesehatan:

  • Melancarkan sirkulasi darah pada tubuh kita karena memiliki enzim yang dapat menghancurkan lemak jahat yang menghambat sistem sirkulasi darah.
  • Dapat melancarkan pencernaan karena mengandung protein, seluosa dan katalisator.
  • Menyembuhkan penyakit tifus, penyakit ini disebabkan oleh bakteri jahat dan dapat diatasi oleh kandungan yang terdapat pada cacing tanah.
  • Sebagai obat tradisional, pada jaman dahulu masyarakat Indonesia sering menggunakan cacing tanah untuk mengobati diare dan hal tersebut masih berlaku hingga saat ini. Karena cacing tanah dapat menjadi antibakteri bagi bakteri E. Coli yang menyebabkan diare.
  • Memulihkan dan meningkatkan energi pada tubuh kita.
  • Meningkatkan nafsu makan.
  • Dapat menyembuhkan luka.

Cacing Tanah Sebagai Pengurai

manfaat cacing tanah, pengurai

pixabay.com

Kembali lagi ke dunia pertanian. Cacing tanah juga dapat difungsikan sebagai pengurai tanah atau pengurai kompos pada saat masa pembuatannya.

Pada proses pembuatan pupuk organik padat dilakukan fermentasi selama 30 hari dengan tujuan mengundang cacing tanah. Karena cacing tanah dapat berperan sebagai pengurai yang menjadikan pupuk organik itu berguna dan dapat meningkatkan pertumbuhan pada suatu tanaman.

Walau memang pengurai tanah atau pupuk organik bukan hanya bisa dilakukan oleh cacing tanah saja. Namun dapat dilakukan juga oleh jamur atau bakteri baik yang berasal dari EM4. Tetapi cacing tanah bisa digunakan sebagai pengurai alternatif dan alami yang mudah untuk didapatkan dan tentunya lebih menghemat biaya.

Hanya ini yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat untuk para pembaca semua.

Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply