manfaat daun jarak

Manfaat Daun Jarak

Manfaat daun jarak – Daun jarak merupakan salah satu tanaman herbal yang dikenal memiliki sejuta manfaat. Tanaman ini dikenal dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang diderita oleh manusia.

Daun jarak dapat tumbuh dengan subur pada lahan yang kering. Tanaman ini juga bisa dibudidaya dengan metode stek.

Beberapa bagian dari tanaman daun jarak dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Contohnya seperti bagian biji yang dapat diekstrak menjadi minyak jarak. Daun dan akarnya pun juga memiliki banyak manfaat.

Lalu apa saja manfaat daun jarak bagi kesehatan? Berikut ulasannya:

Manfaat Daun Jarak Pagar Bagi Kesehatan

manfaat daun jarak
starberita
  • Mengobati Masuk Angin

Masuk angin merupakan salah satu penyakit ringan yang sering dialami oleh manusia. Penyakit ini bukan hanya dialami oleh orang dewasa saja, namun acapkali bayi pun juga mengalami masuk angina, sehingga istirahat bayi menjadi terganggu dan sering rewel.

Adapun untuk mengatasi penyakit masuk angin ini, anda dapat memanfaatkan daun jarak sebagai salah satu media penyembuhan. Caranya yaitu dengan mengoleskan sedikit minyak kayu putih pada daun jarak, kemudian tempelkan daun tersebut pada beberapa bagian tubuh seperti dada, perut dan juga punggung.

  • Menyembuhkan Luka Memar

Manfaat lain dari daun jarak yaitu dapat digunakan untuk menyembuhkan luka dan memar sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul akibat dari luka dan memar tersebut.

Adapun cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan menumbuk daun jarak sampai halus, kemudian tempelkan pada area kulit yang sakit dan diganti secara berkala sampai menunjukkan hasil atau kesembuhan pada luka.

  • Sebagai Anti Mikroba

Selain minyak jarak, daun jarak juga memiliki kandungan sumber anti oksiden dan anti mikroba yang sangat baik kegunaannya untuk mengatasi segala macam infeksi.

Baik itu infeksi yang disebabkan oleh jamur maupun untuk mempercepat proses penyembuhan luka ringan pada kulit. Sehingga, daun jarak dapat dimanfaatkan untuk mengurangu rasa gatal dan nyeri pada kulit.

  • Mengobati Sakit Rematik

Penyakit rematik merupakan salah satu penyakit yang seringkali menyerang pada manusia, khususnya bagi mereka yang sudah berusia lanjut, akan tetapi rematik juga dapat dialami oleh orang dewasa, muda, remaja bahkan anak-anak.

Perlu diketahui, wanita 2-3 kali lebih beresiko terkena rematik dibandingkan dengan pria. Penyakit ini muncul disebabkan oleh gangguan autoimun, Dan dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Daun jarak bisa menjadi salah satu solusi pengobatan alternative bagi anda yang sedang mengalami sakit rematik.

Cara Penggunaan Daun Jarak Untuk Sakit Rematik

Adapun untuk penggunaanya, siapkan daun jarak 5 sampai 8 lembar yang telah dicuci bersih. Kemudian tumbuklah daun tersebut hingga halus. Setelah itu tambahkan air hangat kedalamnya sedikit demi sedikit.

Terakhir, oleskan daun jarak yang telah ditumbuk sampai halus tersebut pada bagian tubuh yang mengalami rematik. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan cara ini secara rutin. Selain untuk mengobati rematik, ramuan ini juga dapat digunakan untuk pengobatan masalah kulit lainnya seperti eksim.

  • Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung ternyata dapat terjadi ketika seseorang mengalami masuk angin maupun kondisi lain yang membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Masalah perut kembung ternyata juga dapat diatasi dengan daun jarak, prosesnya pun cukup mudah.

Anda hanya perlu melayukan beberapa lembar daun jarak yang telah dicuci bersih dan dibersihkan dari getah. Jika berkenan, anda juga bisa mengoleskan daun tersebut dengan minyak zaitun atau minyak kayu putih.

Adapun untuk memanaskannya, anda dapat menggunakan media Teflon panas. Setelah daun layu dan cukup panas, tempelkan daun yang telah dilayukan tersebut diatas perut maupun punggung.

Anda akan merasakan hangat pada perut yang ditempelkan daun tersebut. Agar posisi daun tidak bergeser, anda dapat membalut daun dengan kain.

Lakukan cara tersebut secara rutin tiga kali sehari selama tiga hari. Insya allah perut anda akan merasa nyaman dan tidak kembung lagi.

Manfaat Daun Jarak Pagar Untuk Rambut

manfaat daun jarak
potongan rambut
  • Merawat dan Menyuburkan Rambut

Berbagai masalah rambut mulai dari rambut tipis, kerontokan, hingga kebotakan juga dapat diobati dengan daun jarak. Daun jarak dapat menyuburkan rambut karena di dalam daun ini memiliki kandungan asam lemak serta omega 6 yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Untuk mendapatkan hasil tersebut, anda dapat menghangatkan air perasan daun jarak. Kemudian setelah hangat, anda dapat mengoleskannya pada kulit kepala dan menstimulasi peredaran darah sekaligus mebuat pori-pori folikel rambut terbuka sehingga bisa menutrisi rambut dari mulai akar hingga ke ujung rambut.

Setelah itu, bungkus rambut anda dengan shower cap dan diamkan selama semalam, kemudian bilas hingga bersih pada keesokan harinya.

Manfaat Daun Jarak Bagi Pria

manfaat daun jarak
pixabay
  • Memperbesar Alat Vital Pria

Sudah sejak lama masyarakat Indonesia memanfaatkan daun jarak sebagai salah satu cara alami untuk membesarkan alat vital. Beberapa kandungan yang ada pada daun jarak dipercaya sangat ampuh untuk melancarkan aliran darah di sekitar alat kelamin laki-laki.

Sehingga kemudian ukuran dari alat vital tersebut juga bertambah dan juga akan terlihat semakin besar.

Adapun cara penggunaannya yaitu:

  1. Siapkan daun jarak pagar dan bagian akarnya, kemudian 10 lembar daun jeruk purut, 1 buah jeruk nipis, dan minyak zaitun secukupnya.
  2. cuci bersih daun jarak pagar beserta daun jeruk purut, lalu haluskan sembari dicampur dengan perasan air jeruk nipis kemudian aduk hingga rata
  3. Setelah rata, ramuan tersebut dapat di oleskan pada alat vital pria, namun disarankan sebelum dioles ada baiknya untuk memijat alat vital memakai minyak zaitun hingga terasa hangat dan mendapat hasil yang lebih maksimal
  4. lakukan cara tersebut dengan teratur agar hasil yang didapat juga maksimal.

Begitulah 7 manfaat dari daun jarak, kurang dan lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply