manfaat daun mint

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun mint – Daun paper mint atau dalam bahasa ilmiah lebih dikenal dengan mentha piperita L, merupakan sebuah tanaman herbal yang sangat terkenal di seluruh dunia, terlebih semenjak daun mint banyak digunakan untuk berbagai produk seperti pasta gigi, obat kumur penyegar napas, permen karet, dan minyak angin.

Meskipun digunakan dalam berbagai macam produk, kita juga tidak boleh meremehkan khasiat yang terdapat pada daun mint untuk kesehatan. Lebih lengkapnya mari kita simak beberapa manfaat daun mint:

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh

1. Meredakan Batuk Berdahak

Batuk berdahak merupakan salah satu penyakit yang menyerang hampir setiap manusia. Beberapa industry obat kimia pun berlomba-lomba menawarkan produknya dan mengklaim sebagai solusi untuk mengobati penyakit batuk berdahak.

Namun taukah anda bahwa daun mint dapat menjadi salah satu alternatif pengobatan herbal yang dapat menangani penyakit batuk berdahak?

Daun mint memiliki kandungan menthol yang dapat membantu memecah lendir dan dahak yang terdapat di dalam tenggorokan.

Selain itu, menthol juga dapat digunakan sebagai pereda untuk tenggorokan yang sakit.

Cara Mengobati Batuk Berdahak

Caranya yaitu anda dapat menambahkan daun mint dalam teh hangat yang biasa anda konsumsi. Bisa juga dengan meneteskan beberapa tetes minyak daun mint kedalam air panas, kemudian hiruplah uap yang muncul untuk melegakan tenggorokan yang sedang tersumbat.

2. Mengobati Hidung Tersumbat

Daun mint merupakan salah satu bahan yang umum digunakan oleh obat flu. Aroma mentol yang terdapat di dalamnya bisa membantu membuka saluran pernapasan yang tersumbat. Hal itu dikarenakan daun mint mengandung anti-inflamasi. Selain itu, sifat antibakteri dari daun daun mint juga dapat membantu mengobati infeksi akibat serangan bakteri.

Selain itu, manfaat lain dari daun mint dapat berguna bagi penderita asma karena melonggarkan jalannya udara.

Cara Mengobati Hidung Tersumbat

Cara penggunaannya yaitu bisa dengan mengkonsumsi daun mint secara topikal (obat luar) maupun diminum sebagai teh.

3. Menyegarkan Bau Mulut

Berbagai produk seperti permen karet, permen kunyah, obat kumur dan pasta gigi biasanya menggunakan rasa mint sebagai salah satu variannya. Hal tersebut dikarenakan daun mint memiliki rasa segar saat dikunyah.

Para ahli juga telah bersepakat bahwa sebagian produk yang menggunakan daun mint sebagai bahan dasarnya dapat mengatasi masalah bau mulut dan nafas selama beberapa jam.

Meski demikian, wangi yang timbul dari daun mint hanya bisa untuk menutupi aroma bau pada napas. Bukan untuk menghilangkan ataupun mengurangi senyawa dan bakteri yang terdapat pada yang menyebabkan bau pada mulut.

Cara Menyegarkan Bau Mulut

Jika anda menginginkan agar daun mint dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut, anda dapat mengkonsumsi teh hangat yang telah dicampur daun mint maupun mengunyah secara mentah-mentah beberapa lembar daun mint. Cukup dikunyah, jangan ditelan.

Kuman dan bakteri dapat mati karena daun mint memiliki kandungan dan efek antibakeri.

4. Membantu Meredakan Mual dan Sakit Kepala

Mual dan sakit kepala dapat diredakan dengan melakukan konsumsi daun mint. Hal tersebut dikarenakan daun mint memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dikenal sebagai salah satu obat anti inflamasi yang dapat meredakan rasa sakit.

Cara Meredakan Mual dan Sakit Kepala

Adapun untuk meredakan sakit kepala dan pusing, anda dapat membubuhkan ekstrak daun mint ke bagian tubuh yang sakit. Atau, bisa juga mengoleskan minyak daun mint ke kepala yang sakit dan pusing. Minyak daun mint sangat efektif untuk meredakan mual dan sakit kepala selama beberapa saat.

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Rambut

5. Menjaga Kesehatan Rambut

Jika anda adalah salah satu orang yang memiliki masalah ketombe yang ada pada rambut. Maka daun mint dapat menjadi salah satu solusinya. Selain dapat menyegarkan kulit kepala, daun mint juga memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah ketombe.

Dalam memilih shampoo, pilihlah shampoo yang mengandung daun mint sebagai bahan dasarnya. Selain shampoo, anda dapat menggunakan minyak daun mint untuk dioleskan ke kulit kepala. Minyak daun mint yang dioleskan pada kulit kepala dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Bahkan kandungan daun mint juga memiliki kandungan untuk menguatkan rambut yaitu dengan mengikat folikel rambut dengan protein, yang mana hal tersebut dapat membuat rambut lebih bercahaya dan sehat.

Manfaat Daun Mint untuk Kecerdasan Otak

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Sebuah penelitian mengklaim bahwa dengan menghirup aroma minyak esensial dari tanaman mint dapat memberikan manfaat kesehatan peningkatan fungsi otak

Penelitian yang berasal dari Inggris ini menguji 144 orang untuk mencium aroma minyak peppermint selama lima menit sebelum dilakukan pengujian.

Hasil yang didapat membuktikan bahwa ada peningkatan aktivitas memori dalam otak yang cukup signifikan.

Meski demikian, tidak semua penelitian sepakat bahwa kandungan pada minyak daun mint dapat bermanfaat bagi fungsi otak. Mereka mengatakan bahwa diperlukan lebih banyak uji penelitian untuk membantu memahami cara kerjanya dan menyelidiki apakah daun mint memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi otak atau tidak.

Manfaat Daun Mint untuk Ibu Menyusui

7. Mengobati Luka Bagi Ibu yang Sedang Menyusui

Bagi ibu yang sedang menyusui, puting lecet merupakan sebuah keluhan dari sekian banyak keluhan yang dialami oleh ibu menyusui. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengoles daun mint ke puting payudara dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan nyeri yang dialami ketika menyusui.

Dikutip dari Healthline, dalam sebuah penelitian, ibu menyusui dianjurkan untuk menggunakan minyak atau produk yang menggunakan bahan dasar daun mint untuk dioleskan ke sekitar putting susunya setelah menyusui. Hasilnya cairan atau minyak daun mint lebih efektif dalam mencegah putting retak dan lecet daripada mengoleskan ASI ataupun cairan lainnya ke area puting ibu menyusui.

Demikian beberapa manfaat daun mint yang dapat saya jelaskan, kurang dan lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply