manfaat daun salam

Manfaat Daun Salam

Manfaat daun salam – Di Indonesia tanaman salam merupakan salah satu tanaman yang cukup popular, hal tersebut dikarenakan daun salam biasa digunakan sebagai bumbu dapur yang sering digunakan dalam jenis masakan tumis, rebus, ungkep, sup hingga kukus.

Hal itu dilakukan karena daun salam dapat menjadi penyedap makanan, penambah aroma bahkan dapat menetralkan bau bahan makanan yang amis atau yang memiliki bau khas.

Namun ternyata, selain memiliki manfaat dalam kuliner, daun salam juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Mau tau? Berikut uraiannya:

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat daun salam
suratkabar

Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam daun salam terdapat banyak sekali kandungan flanoid. Kandungan flanoid memiliki barbagai senyawa, antara lain fitonutrien, salisilat dan asam caffeic.

Dengan adanya keberadaan zat-zat tersebut membuat daun salam memiliki manfaat yaitu dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah stroke.

Mengobati Kolestrol dan Darah Tinggi

Dikutip dari The Indonesian Journal of Health Science, pada tahun 2018 terdapat penelitian yang mengamati efektivitas daun salam dalam penurunan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi dan memberikan hasil positif.

Hal tersebut dikarenakan, kandungan nisain, saponin dan flavonoid dapat mengurangi dan menurunkan trigliserida serum. Adapun flavonoid berfungsi sebagai antioksidan mampu mencegah oksidasi sel tubuh.

Oksidasi yang semakin tinggi dapat menyebabkan semakin tingginya tingkat prevalensi pada penyakit degenerative.

Sehingga flavonoid dapat mencegah terjadinya hipertensi dan penurunan kadar kolesterol. Di sisi lain, saponin juga bekerja sama dengan asam empedu yang mana akan mengikat kolesterol untuk menurunkan persentase nilai kolesterol.

Membantu Menurunkan Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

Pada tahun 2009, terdapat sebuah studi yang dilakukan untuk membuktikan pengaruh daun salam terhadap penderita diabetes. Dari hasil studi penelitian tersebut ditemukan bahwa pasien diabetes yang mengkonsumsi obat dengan kandungan 1 sampai 3 gram ekstrak daun salam memiliki kadar gula darah yang terkontrol dengan baik.

Dan bukan hanya itu saja, ternyata pasien yang diteliti tersebut juga mempunyai kadar kolesterol yang lebih baik jika dibandingkan dengan pasien yang tidak mengkonsumsi ekstrak daun salam.

Di dalam daun salam terdapat kandungan zat polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Peneliti percaya bahwa zat tersebut dapat menurunkan jumlah gula darah pada penderita diabetes.

Adapun manfaat lainnya yang dapat dirasakan yaitu zat ini juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah sehingga mencegah penyakit jantung yang biasanya juga menyerang pasien diabetes.

Dapat Menjadi Anti Kanker

Sel kanker yang tumbuh secara abnormal dan massif di dalam tubuh ternyata dapat dimusnahkan salah satunya dengan bantuan senyawa flavonoid dari daun salam. Kandungan quercetin, catechin, caffeic dan eugonol pada daun salam secara ampuh dan efektif dapat melawan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh manusia.

Kandungan zat-zat tersebut juga dapat memproteksi tubuh dari keberadaan sel kanker. Selain itu, ternyata daun salam di dalamnya juga memiliki kandungan phytonutrient yang disebut sebagai parthenolide yang telah terbukti ampuh dalam menahan sel kanker serviks.

Menghilangkan Lemak Pada Tubuh

Daun salam memiliki sejumlah kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai pengganti makanan berkalori tinggi dan tentu saja pastinya sehat serta tidak membuat tubuh gemuk. Serat yang begitu banyak pada daun salam juga dapat membersihkan usus dari tumpukan lemak makanan.

Manfaat lainnya, yaitu daun salam diyakini dapat melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit karena kandungan senyawa tannin. Adapun Tanin berfungsi sebagai hipokolesterolemia serta antioksidan yang bekerja dengan cara bereaksi dengan sel epitel dan protein mukosa.

Mengobati Asam Urat

Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan, konsumsi hasil rebusan daun salam dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Zat kimia yang terkandung pada daun salam berupa polifenol, flavonoid, tritepen, tannin dan alkaloid bisa memperbanyak produksi urin sehingga kadar asam urat dalam darah bisa menurun.

Adapun flavonoid merupakan sebuah zat pada tumbuhan hijau dengan sifat deuretik, dengan rantai karbon sebanyak 15. Zat tersebut dapat menjadikan antioksidan yang bisa menghambat enzim xatin oksidase yang tidak lain adalah penyebab pembentukan dan terjadinya asam urat.

Untuk proses pembuatannya, anda dapat menyiapkan sekitar 25 lembar daun salam, kemudian rebus daun salam tersebut dengan setengah liter air (500 ml) hingga mendidih dan airnya menyusut hingga separuh.

Setelah itu pisahkan daun dengan air, kemudian minum air hasil rebusan tadi selagi hangat sebanyak dua kali dalam sehari untuk hasil yang maskimal.

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Rambut

manfaat daun salam
organic volunteer

Rambut merupakan bagian tubuh manusia yang sangat menunjang penampilan, sehingga rambut perlu mendapatkan perhatian yang cukup lebih dibandingkan bagian tubuh lainnya. Rambut pun memiliki berbagai macam masalah, mulai dari rambut yang tidak halus, jamur pada kulit kepala, rambut rontok, ketombe dan yang lain sebagainya.

Namun ternyata, daun salam memiliki manfaat untuk mengobati semua permasalahan tersebut. Adapun tata caranya adalah sebagai berikut:

Menghaluskan Rambut

Rambut yang halus adalah idaman bagi semua orang, baik itu laki-laki maupun perempuan. Untuk mendapatkan rambut halus dengan media daun salam anda dapat merebus daun salam secukupnya kedalam panci penuh air.

Kemudian, biarkan air mendidih dengan daun salam kurang lebih 20 menit. Setelah aromanya mulai tercium , anda dapat mematikan api pada kompor dan membiarkan air rebusan tersebut mendingin.

Setelah dingin, anda dapat menyimpan ramuan ini dalam wadah, kemudian gunakan pada rambut yang basah atau sebelum menggunakan shampoo setiap anda mandi.

Membunuh bakteri dan infeksi jamur di kulit kepala

Daun salam memiliki kandungan sifat anti jamur dan anti bakteri yang dapat membantu untuk membunuh infeksi pada kulit kepala. Adapun untuk penggunaannya, anda dapat membilas kulit kepala dengan air daun salam agar dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit kepala.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, lakukan cara tersebut setiap hari,

Mengobati Kulit Kepala Gatal dan Ketombe

Kulit kepala gatal maupun ketombe merupakan salah satu masalah yang cukup sering dirasakan oleh banyak orang, hal itu disebabkan rambut yang kotor maupun pemakaian shampoo yang tidak cocok. Daun salam ternyata dapat mengobati masalah tersebut.

Caranya yaitu dengan mengambil beberapa lembar daun salam, kemudian giling hingga menjadi bubuk. Setelah itu campur dengan minyak kelapa secukupnya lalu oleskan ke area kulit kepala yang gatal.

Campuran tersebut berfungsi untuk membantu memperkuat folikel rambut serta mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Pasta herbal ini juga dapat digunakan untuk mengobati kulit yang gatal.

Untuk hasil yang maksimal Bilas dengan air daun salam dapat membantu mengatasi ketombe pada rambut.

Air daun salam juga bertindak seperti tonik pada rambut yang membantu mengobati ketombe dan juga membasmi ketombe.

Menyingkirkan Kutu Pada Rambut

Manfaat lainnya dari daun salam yaitu dapat menyingkirkan kutu pada rambut. Caranya yaitu membilas rambut dengan air daun salam. Selain dapat dapat membantu mengobati kutu pada rambut dan juga membersihkan kulit kepala secara menyeluruh.

Hal ini disebabkan karena rasanya yang pahit dan kuat, hal ini menyebabkan kondisi yang buruk bagi kutu sehingga akan menyingkir ataupun mati.

Untuk mendapatkan daun salam sangat mudah dan tidak perlu repot-repot dalam mencarinya, daun salam sangat mudah di dapatkan di pasar, supermarket, tukang sayur, toko tanaman dan sebagainya. Hal ini dikarenakan daun salam sering digunakan untuk keperluan dapur.

Sekian artikel tentang daun salam yang dapat saya tulis, semoga bermanfaat.

Leave a Reply