manfaat daun singkong

Manfaat Daun Singkong

Manfaat daun singkong – Bermacam-macam flora di Indonesia dapat tumbuh hanya dengan menancapkan  batang pohon yang menyerupai tongkat kedalam tanah.

Selain itu, berbagai tanaman juga dapat tumbuh “hanya” dengan melemparkan berbagai macam biji-bijian secara sembarang ke tanah, baik itu biji yang lunak hingga yang keras bak batu.

Singkong merupakan salah satu tanaman yang akan tumbuh hanya dengan menancapkan batang pohonnya kedalam tanah.

Sebuah tanaman singkong yang sudah tua biasanya dapat menjadi beberapa individu singkong yang baru dengan cara membelah batangnya menjadi beberapa bagian untuk ditancapkan kedalam tanah.

Selain mengambil manfaat dari akar singkong yang berjenis umbi-umbian, banyak pula masyarakat yang memanfaatkan daunnya untuk dimasak dengan berbagai menu olahan istimewa dan menggoda selera seperti pada video singkat di bawah ini:

Daun singkong juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, kecantikan serta ibu hamil. Simak ulasan berikut ini.

Contents

Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat daun singkong
pixabay.com

1. Sumber Energi

Selain mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, C, B17, protein, dan berbagai mineral seperti zat besi, kalsium dan fosfor, daun singkong juga mengandung serat, lemak, kalori dan karbohidrat.

Di dalam daun singkong juga terdapat zat asam amino esensial, zat tersebut berguna untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi dan tenaga yang akan digunakan tubuh manusia untuk beraktifitas.

Sehingga, dengan mengkonsumsi daun singkong energi kita tentunya akan bertambah sebagai penyuplai tenaga dalam beraktifitas.

2. Bermanfaaat Untuk Diet.

Di era modern ini, saat segala sesuatu telah dapat dilakukan secara instan. Jumlah penderita kelebihan berat badan (obesitas) kian hari kian bertambah. Sehingga banyak pula orang-orang yang mengikuti program diet agar mengembalikan berat badan dan tubuh ideal mereka.

Diantara banyaknya program diet yang ada, daun singkong dapat menjadi salah satu menu diet alami yang tidak membahayakan kesehatan.

Daun singkong menjadi salah satu menu diet dikarenakan kandungan Serat, Asam Amino dan Protein dalam daun singkong dapat menjadi energy bagi tubuh dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Sehingga anda menahan nafsu makan anda ketika ingin memakan camilan maupun makanan berat.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jika seseorang memiliki imunitas yang baik, tentunya akan selalu terlihat segar dan jarang sakit. Imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang baik dapat dijaga dengan berbagai macam hal, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengandung zat yang dapat meningkatkan imunitas pada tubuh manusia.

Pada daun singkong, terdapat kandungan vitamin C dan asam folat yang mampu melawan mikroba penyebab radang atau infeksi seperti virus dan bakteri. Antioksidan yang terdapat didalam daun singkong juga dapat mencegah radikal bebas yang seringkali menyebabkan tubuh jatuh sakit.

4. Meregenerasi Sel Yang Telah Rusak

Didalam tubuh manusia, terdapat 432 milyar sel-sel yang harus diregenerasi setiap harinya. Oleh sebab itu, regenerasi merupakan suatu hal yang cukup penting bagi manusia. Kandungan Asam Amino yang terdapat didalam daun singkong merupakan suatu zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan proses regenerasi sel.

Kandungan lisin, arginin, leusin, isoleusin, valin, dan lainnya  yang ada pada daun singkong juga bisa membantu pertumbuhan sel yang telah rusak. Asam Amino esensial juga dapat memperbaharui sel-sel agar tetap berfungsi dengan normal.

5. Agar Terlihat Awet Muda

Hampir seluruh manusia ingin terlihat nampak awet muda, terkhusus bagi kaum hawa yang dituntut untuk selalu berpenampilan menarik. Jika anda termasuk salah satu dari orang yang ingin terlihat lebih muda dari usia yang seharusnya, tidak ada salahnya untuk mencoba perawatan dengan mengkonsumsi daun singkong.

Kandungan antioksidan yang sangat melimpah pada daun singkong (bahkan disebut-sebut sebagai sumber antioksidan) dapat mencegah penuaan dini seperti bintik-bintik karena usia, keriput dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuat daun singkong memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dini.

6. Obat Cacingan

Jika anda memiliki masalah pencernaan, yaitu cacingan. Daun Singkong bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda yang ingin berobat dengan herbal. Daun singkong memiliki kandungan yang dapat menghancurkan cacing didalam tubuh yang dapat merugikan kesehatan terutama terkait dengan pencernaan.

Cara Mengolah Daun Singkong Menjadi Obat Cacing

manfaat daun singkong
matadornetwork.com

Adapun tata cara pengolahannya yaitu dengan merebus 100 gram daun singkong bersama 15 gram jahe dan satu batang sereh didalam 1000 cc air, kemudian biarkan air tersebut menguap hingga tersisa 400 cc saja.

Setelah itu, saring air dari daun singkong dan bahan lainnya kemudian minum air hasil saringan tadi sebanyak 200 cc  untuk dikonsumsi pada pagi dan sore setiap harinya

7. Meredakan Sakit Rematik

Rematik  merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya jika dibiarkan dan tidak ditangani dalam jangka panjang. Rematik sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh bagian otot atau persendian yang mengalami pembengkakan dan peradangan.

Penyakit rematik terdiri dari berbagai jenis dan dapat terjadi pada persendian manapun dalam tubuh. Biasanya, penderita rematik akan mengalami rasa sakit dan nyeri yang luar biasa pada persendiannya.

Salah satu pengobatan alami yang dapat meredakan sakit rematik yaitu dengan mengkonsumsi daun singkong. Kandungan kimiawi seperti tannin, enzim, glikosida, kalsium oksalat dan perosidase serta asam amino didalamnya, ternyata dapat meningkatkan kesehatan tulang, meredakan demam tinggi dan penyakit lainnya.

Cara Mengolah Daun Singkong Untuk Sakit Rematik

manfaat daun singkong
marketeers.com

Adapun untuk cara pengolahannya, anda dapat menghaluskan 5 lembar daun singkong dan menambahkan 15 gram jahe merah serta kapur sirih agar khasiatnya lebih tinggi. Setelah semua selesai ditumbuk, anda dapat menempelkan hasil tumbukan daun singkong tadi ke bagian sendi atau otot yang terkena sakit rematik.

Demikian artikel terkait manfaat daun singkong yang bisa saya sampaikan

Leave a Reply