manfaat daun sirih

Manfaat Daun Sirih

Manfaat daun sirih – Bagi orang zaman dahulu melalui tradisi turun temurun, daun sirih sering sekali digunakan untuk menyirih dan menginang. Yaitu mengunyah daun sirih dengan beberapa bahan lain seperti cengkih, kapur, tembakau, pinang, gambir, maupun pinang.

Kebiasaan tersebut telah dilakukan kurang lebih 3.000 tahun yang lalu atau pada zaman Neolitik. Sumber lain juga menyebutkan bahwa daun sirih telah digunakan sejak dua abad sebelum masehi. Mereka percaya, dengan menginang gigi akan mejadi lebih kuat.

Akan tetapi, taukah kamu bahwa selain untuk menginang, daun sirih juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa rangkuman manfaat daun sirih bagi kesehatan:

7 Manfaat Daun Sirih Beserta Cara Penggunaannya

Sebagai Obat Antiseptik dan Gatal

manfaat daun sirih
ellynurul

Sejak lama, masyarakat telah menggunakan daun sirih sebagai salah satu media antiseptik bagi tubuh. Hal itu dapat dibuktikan melalui berbagai produk antiseptic yang menggunakan daun sirih sebagai salah satu komposisi didalamnya.

Jika anda memiliki keluhan gatal-gatal atau alergi pada kulit, daun sirih bisa menjadi salah satu solusi pengobatan. Caranya yaitu dengan merendam daun sirih hijau kedalam seember air panas.

Kemudian tunggu beberapa saat sampai airnya menghangat. Setelah tidak terlalu panas atau cukup hangat, anda dapat menggunakan air tersebut untuk mandi.

Membantu Proses Penyembuhan Luka

manfaat daun sirih
plimbi

Daun sirih dapat digunakan sebagai obat penyembuhan luka maupun luka bakar.

Hal itu dikarenakan daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang amat tinggi, hal itu membuat daun sirih menjadi mampu untuk mengatasi stress oksodatif, sehingga dapat membantu proses penyembuhan luka lebih cepat.

Adapun untuk cara pengolahannya, anda cukup mengoleskan daun sirih pada luka yang ada, kemudian luka yang telah dioleskan daun sirih tersebut dapat dibungkus dengan perban. Dalam 1-2 hari, luka tersebut akan dapat sembuh dengan sendirinya.

Cara lainnya yaitu, remas daun sirih yang telah dicuci, kemudian tambahkan sedikit madu organik secukupnya dan tempelkan pada kulit yang terluka maupun terkena luka bakar.

Pencegah Kanker

manfaat daun sirih
hellosehat

Masih banyak yang belum mengetahui jika daun sirih dikonsumsi dapat menjadi pencegah kanker, hal tersebut dikarenakan daun sirih mengandung antioksidan eugenol yang dapat membantu memerangi radikal bebas yang dapat menjadi pemicu kanker pada penderita diabetes tipe dua.

Untuk mendapatkan manfaat itu, siapkan 10 hingga 12 lembar daun sirih. Kemudian rebus bersama air selama 10-15. Setelah itu, ambil daun sirh dan pisahkan daun dari air, tunggu hingga hangat/dingin. Kemudian minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali sehari secara teratur.

Menghilangkan Bau Badan

manfaat daun sirih
bangkitmimpi

[su_quote]Bau tidak sedap pada badan merupakan salah satu permasalahan yang cukup membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.[/su_quote]

Penyakit ini diderita oleh sebagian besar orang, namun tingkat aromanya berbeda-beda. Ada yang biasa, cukup menyengat, bahkan sampai sangat menyengat.

Namun, anda tidak perlu khawatir, daun sirih dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat menghilangkan permasalahan bau badan anda.

Caranya adalah dengan menyiapkan lima lembar daun sirih merah. Kemudian rebus semua sirih merah tersebut kedalam dua gelas air hingga mendidih.

Setelah mendidih, tunggu air rebusan tersebut menyusut hingga menjadi satu gelas. Setelah itu, saring air rebusan daun sirih merah dan kemudian minum dalam keadaan dingin.

Manfaat Daun Sirih Untuk Mengobati Batuk

manfaat daun sirih
doktersehat

Penyakit batuk merupakan penyakit menular dan semua orang beresiko terkena penyakit ini.

Jika seseorang mengabaikan penyakit batuk, tidak menutup kemungkinan batuk yang dideritanya menjadi batuk rejan, yaitu penyakit batuk yang menyerang pada seseorang selama berbulan-bulan.

Banyak sekali obat baik itu kimia maupun herbal yang dapat mengobati penyakit batuk, adapun salah satu pengobatan herbal yang dapat dilakukan yaitu dengan melalui media daun sirih.

Caranya adalah dengan merebus tiga gelas air dengan lima lembar daun sirih dicampur dengan dua lembar daun bidara secara bersamaan.

Setelah dingin, saring rebusan air tersebut kedalam gelas, kemudian campurkan dengan madu secukupnya. Jika diminum secara teratur dua kali sehari, air rebusan ini dapat membantu mengatasi penyakit batuk.

Manfaat Daun Sirih Sebagai Penghilang Jerawat

manfaat daun sirih
aceh bisnis

Jerawat merupakan suatu gejala yang timbul akibat kondisi kulit yang menghasilkan kelenjar minyak berlebih yang kemudian bercampur dengan polutan yang menyebabkan terjadinya jerawat.

Selain menggunakan sabun muka khusus maupun obat resep, daun sirih juga dapat menjadi salah satu opsi dalam mengobati jerawat.

Adapun ramuan yang diperlukan untuk mengobati jerawat yaitu dengan menyiapkan sepuluh lembar daun sirih merah kemudian digiling namun tidak sampai halus, setelah itu seduh dengan air panas dan tunggu hingga air tersebut dingin.

Setelah dingin, oleskan ramuan tersebut pada wajah yang berjerawat. Lakukan pengobatan ini secara teratur minimal sekali dalam dua hari.

Melancarkan Buang Air Kecil

manfaat daun sirih
ensiklonesia

Semakin bertambahnya usia, beberapa orang terkadang mengalami kesulitan saat buang air kecil. Jika anda termasuk salah satu orang yang mengalami kesulitan saat buang air kecil, salah satu pengobatan alami yang dapat anda lakukan yaitu dengan mengkonsumsi jus daun sirih merah.

Anda tentu penasaran, bagaimana rasanya daun sirih merah bukan?!

Ya, hal itu dikarenakan biasanya daun sirih digunakan untuk pengobatan dalam bentuk air rebusan, pengobatan permukaan kulit, ataupun untuk menyirih.

Adapun untuk proses pembuatan jus daun sirih merah yaitu dengan menyiapkan lima lembar daun sirih merah, madu dan susu.

Setelah itu, blender daun sirih merah dengan ditambahkan madu dan susu secukupnya. Jus daun sirih dapat dikonsumsi seinggu sekali untuk dapat merasakan khasiatnya.

Begitulah kira-kira beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan, tidak ada salahnya anda mencoba beberapa ramuan yang telah saya jabarkan diatas.

Daun sirih juga sangat mudah ditemukan di pasar maupun di gerai penjual tanaman. Cukup sekian, semoga artikel diatas bermanfaat.

Leave a Reply