manfaat daun sirsak

Manfaat Daun Sirsak

Manfaat daun sirsak – Tanaman sirsak merupakan salah satu tanaman yang cukup popular di Indonesia, hal tersebut dikarenakan daging buah sirsak memiliki cita rasa manis asam yang amat menyegarkan serta disukai oleh masyarakat Indonesia.

Buah sirsak sendiri sangat kaya dengan berbagai kandungan gizi, diantaranya yaitu vitamin C, vitamin B1, vitamin B2 dan karbohidrat terutama fruktosa. Setiap 100 gram daging sirsak di dalamnya mengandung 3,3 gram serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat per hari.

Selain daging buah sirsak, bagian lain yang dapat dikonsumsi dari tanaman sirsak yaitu daun sirsak. Ya, daun sirsak dikenal memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh manusia dan yang paling dikenal adalah sebagai obat anti kanker dan anti tumor yang sangat kuat.

Berikut adalah beberapa manfaat dari daun sirsak:

Manfaat Daun Sirsak untuk Mengobati Kanker

manfaat daun sirsak
mefahlan.com

Kandungan pada daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih efektif dan cepat dibandingkan dengan kemoterapi. Hal tersebut dikarenakan kandungan acetogenin mampu menyembuhkan dan mengobati pasien yang mengidap kanker. Acetogenin pada daun sirsak sangat kuat dengan kekuatan untuk melawan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari adriamycin.

Fungsi acetogenin sendiri yaitu untuk menghambat tumbuh kembang sel kanker sekaligus untuk menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin. Jika anda ingin merasakan manfaat daun sirsak untuk kanker, anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak.

Cara Membuat Ramuan untuk Mengobati Kanker

Adapun untuk caranya atau proses pembuatannya yaitu:

  • Pertama rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air mineral.
  • Biarkan hingga mendidih dan tunggu hingga airnya tersisa hanya 1/2 nya saja.
  • Setelah itu tiriskan air dari daun, ramuan ini dapat diminum dalam keadaan hangat maupun dingin.
  • Minumlah setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

Manfaat Daun Sirsak, Mengobati Asam Urat

manfaat daun sirsak
hellosehat.com

Selain dapat digunakan sebagai media pengobatan kanker, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit asam urat. Adapun cara kerja yang dilakukan daun sirsak mirip dengan cara kerja dalam mengobati kanker.

Kandungan yang terdapat pada daun sirsak yaitu annomuricin, caclourin, asam linoleat, acetogenin, annocatalin, dan asam gentisic juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati asam urat.

Sama seperti untuk penyakit kanker, anda juga perlu meminum air rebusan daun sirsak untuk merasakan manfaat daun sirsak terhadap penyakit asam urat.

Cara Merebus Daun Sirsak untuk Asam Urat
Caranya yaitu dengan merebus 10 lembar daun sirsak yang agak tua bersamaan dengan 3 gelas air mineral, kemudian rebus hingga menyusut dan tersisa ½ nya saja. Ramuan ini dapat diminum dalam kondisi dingin maupun hangat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minumlah ramuan ini setiap hari pada pagi dan sore hari.

Manfaat Daun Sirsak untuk Menghilangkan Kutu

manfaat daun sirsak
cahpeni.com

Meski daun serangga memiliki banyak manfaat bagi manusia, namun ternyata daun sirsak amat beracun bagi parasit maupun serangga. Hal itulah yang membuat daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan memnsmi ketombe dan kutu.

Cara Merebus Daun Sirsak untuk Menghilangkan Kutu
Caranya yaitu dengan merebus daun sirsak secukupnya, kemudian gunakan air rebusan daun sirsak tersebut untuk memcuci rambut. Agar mendapat hasil yang maksimal, gunakan ramuan ini setiap mandi pagi dan sore setiap hari.

Manfaat Daun Sirsak, Mengobati Bisul

manfaat daun sirsak
mefahlan.com

Penyakit ulkus atau bisul merupakan kelainan kulit yang ditandai dengan benjolan pada kulit disertai rasa sakit di area benjolan tersebut. Penyakit bisul juga memiliki resiko terkena infeksi.

Bisul dapat terjadi dibagian tubuh manapun, termasuk wajah. Sehingga hal ini dapat mengganggu kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Daun sirsak dapat menjadi salah satu media pengobatan alami untuk menyembuhkan penyakit bisul.

Cara Merebus Daun Sirsak untuk Mengobati Bisul
Caranya yaitu dengan memetik beberapa lembar daun sirsak muda, kemudian tumbuk dan hancurkan daun tersebut hingga halus. Setelah halus, tempelkan pada bagian tubuh yang terkena bisul.

Daun Sirsak Dapat Mengobati Kolesterol

manfaat daun sirsak
smartdetox.net

Jika anda memiliki permasalahan kolesterol yang tinggi, anda dapat mengatasi maupun mengobatinya dengan daun sirsak. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda hanya perlu mengkonsumsi air rebusan daun sirsak.

Cara Membuat Jamu Daun Sirsak untuk Mengobati Kolesterol

  • Rebus 10 lembar daun sirsak yang agak tua.
  • Kemudian tambahkan 3 gelas air putih.
  • Biarkan hingga mendidih dan airnya menyusut hingga tersisa 1/2nya saja. Setelah itu minum ramuan tersebut dalam kondisi panas maupun dingin.
  • Agar mendapat hasil yang maksimal, minumlah ramuan tersebut setiap hari di pagi hari.

Cara Kerja Daun Sirsak Dalam Mengobati Diabetes

manfaat daun sirsak
dlife.com

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ternyata daun sirsak memiliki senyawa dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal.

Hal tersebut dikarenakan daun sirsak memiliki banyak kandungan antioksidan yang didalamnya terdapat sejumlah senyawa seperti saponin, polifenol, dan bioflavonoid.

Adapun manfaat dari antioksidan yaitu untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas serta bahaya penyakit yang mengintai tubuh setiap saat.

Manfaat Daun Sirsak, Mengobati Sakit Punggung

manfaat daun sirsak
hellosehat.com

Jika anda menggunakan obat kimia dalam mengobati penyakit sakit punggung, maka tentunya pasti akan memiliki efek samping dari obat kimia tersebut.

Alternatifnya, anda dapat melakukan pengobatan herbal untuk menghindari efek samping. Salah satu obat herbal yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit punggung tanpa efek yaitu dengan melalui media daun sirsak.

Adapun untuk proses pembuatannya, anda perlu menyiapkan 20 lembar daun sirsak, kemudian rebus dengan lima gelas air hingga mendidih dan tersisa tiga gelas. Setelah itu minum ¾ air ramuan tersebut satu kali dalam sehari. Untuk hasul yang lebih maksimal, minum ramuan tersebut setiap harinya.

Sekian 7 manfaat daun sirsak yang dapat dijabarkan, terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply